Minggu, 08 Mei 2016

Teknik Bibit Durian Secara Vegetatif Menggunakan Paranet



hingga sekarang ini Indonesia masihlah mengimport buah durian dari luar negeri untuk penuhi keperluan dalam negeri. berarti kita belum dapat menghasilkan durian untuk keperluan kita sendiri. hal semacam ini berlangsung lantaran terkecuali Indonesia kurang menanam bibit durian yang baru namun banyak pohon durian yang ditebang untuk jadikan papan dengan argumen batangnya telah sangat tinggi hingga buah yg jatuh tak dapat disimpan lama yang menyebabkan berkurangnya harga jual.

Kurangnya pengetahuan mengenai peremajaan durian bikin beberapa masyarakat yang mewarisi pohon durian dari kakeknya, lebih pilih menebang pohon besar serta menanam bibit baru yang datang dari biji yang pasti bentuk serta rasa duriannya telah menyimpang dari karakter induknya. Berikut yg bikin durian unggul lokal di beberapa daerah di indonesia jadi punah serta tak lestari. Celakanya lagi untuk penuhi keperluan bibit durian terakhir ini yang digalakkan oleh pemerintah malah menghadirkan bibit dari luar negeri hingga hal semacam ini bikin pelestarian durian unggul lokal makin tak tergapai.

Walau sebenarnya tehnik produksi bibit durian dengan cara vegetatif dapat menjawab serta menangani kepunahan plasma nutfah yang kaya di negeri kita. tekniknya praktis serta bukanlah satu pengetahuan yang susah, tinggal lagi pemerintah kita apakah sadar serta ingin mencurahkan sedikit tenaga serta dana untuk menyelamatkan durian unggul lokal yang begitu kaya serta tak kalah dengan durian luar negeri.

oleh karenanya untuk siapapun yang menginginkan tergugah untuk pelajari TEKNIK PRODUKSI BIBIT DURIAN SECARA VEGETATIF baik untuk pribadi serta untuk umum dipersilahkan coba satu diantara tehnik perbanyakan yang telah kerap kami kerjakan dengan tingkat kesuksesan yg begitu memuaskan.
Terdapat banyak tehnik perbanyakan yang kerap dipraktikkan untuk step ini saya bakal menerangkan tehnik tersebut :

1. Tehnik Pengambilan Entris/Batang Atas

Entris yaitu arti untuk bahan tanaman yang di ambil dari tanaman unggul untuk diperbanyak. dimaksud sebagai batang atas untuk disambungkan dengan batang bawah atau rootstok dengan beragam langkah.
kerjakanlah pencarian durian unggul di daerah anda di saat musim durian supaya anda benar benar mencicipi sendiri rasa serta lihat sendiri memiliki bentuk.
bila anda telah meyakini anda memperoleh pohon induk yang menurut anda unggul jadi kerjakan pengambilan entres lewat cara seperti ini




baiknya semua daun di pucuk yang akan di ambil dirempel dengan kata lain dipotong semuanya lalu ditunggu sepanjang 4 hari baru di ambil supaya entres terangsang untuk keluarkan akan tunas. umumnya penyambungan memakai entres yg diperlakukan seperti ini tingkat kesuksesannya lebih tinggi.

bila jarak tempuh pada pohon induk dengan tempat pembibitan jauh jadi baiknya entres diisolasi seperti gambar berikut ini untuk menghindar penguapan yang mengakibatkan entres layu serta kering.
.
2. Tehnik Sambung Pucuk Dini (Mini grafting)

Buat bedengan tempat pembibitan biji durian. semai biji durian asal biji sembarang atau biji sapuan dengan jarak 20 cm x 20 cm untuk mempermudah penyambungan atau dapat pula lebih rapat lagi. pastikan biji yang gemuk serta besar. tutup dengan sungkup plastik serta paranet, tunggulah hingga tumbuh 4 lembar daun atau batang telah agak keras untuk mempermudah penyambungan.

Sesudah cukup saat untuk penyambungan jadi buka sungkup palstik serta paranet serta kerjakan sanitasi atau penyiangan, buang semuanya gulma yang turut tumbuh berbarengan bibit serta silakan lakukan penyambungan

Potonglah batang durian batang bawah 1 cm di atas sisi batang yang jadi membesar

iris batang bawah cocok ditengahnya atau disesuailan dengan batang atas (entris) pucuk dari induk unggul  pucuk (entris) di sayat kiri serta kanan membuat mata kapak




masukan entres batang atas ke batang bawah lewat cara buka celah batang bawah yang sudah dibelah dua tadi dengan kuku dengan cara hati hati jangan pernah jari menyentuh sisi kambium. upayakan terpasang pas kulit sisi luarnya rata apabila entres/batang atas lebih kecil ukurannya jadi ratakan satu segi saja apabila entres/batang atasnya semakin besar jadi ratakan satu segi saja serta segi yg yang lain disayat supaya rata dengan batang bawah. baiknya pakai entris yang ukurannya sama pada batang atas serta batang bawah.


lalu ikatlah dengan tali plastik PE/plastik es lilin yang sudah iris kecil serta panjang atau dapat pula dipakai benang plastik ayaman karung beras. di ikat dari bawah ke atas supaya air tak masuk dalam sambungan yang dapat menyebabkan munculnya jamur yang bikin sambungan membusuk serta mati. bila anda susah mengikat dari bawah keatas jadi dari atas ke bawah juga tidak jadi masalah namun sesampai di bawah jadi diteruskan lagi ikatan sekali lagi ke atas serta disimpul yang rapi tidaklah terlalu longgar serta tidaklah terlalu ketat.


bila anda lakukan sambungan seseorang diri pada banyak tanaman jadi janganlah lupa tanaman yang sudah tersambung serta belum anda sungkup di beri peneduh dengan paranet yang tidak tipis supaya entres tak kering atau gunakan sungkup plastik sesaat serta sesudah tersambung semuanya lalu disungkup dengan plastik bening seperti ini
Tutup semua ujung plastik bening dengan ditimbun tanah agar uap air tidak keluar melalui celah sehingga iklim mikro didalam sungkup menjadi panas dan membakar entres yang belum berhasil tersambung.
sungkup lagi dengan paranet dua lapis agar suasana bibit didalam sungkup lebih gelap

biarkan selama 3 minggu kemudian dibuka sungkup plasiknya dan pertahankan sungkup paranet dan siram pagi dan sore selama 2 minggu kemudian sapih ke dalam polibag dan letakkan ditempat yang teduh dan ulangi melakukan sambungan pada bibit yang gagal dengan perlakuan seperi diatas.




sesudah 2 minggu sungkup plastik es telah dapat di buka tetaplah disiram teratur sore hari bila tak hujan, memelihara bibit sepanjang 6 bln. lalu bibit telah dapat di pasarkan atau ditanam di tempat


tehnik sambung pucuk pada tanaman yang telah ada di polibag dapat dikerjakan dengan memakai sungkup perorangan, umumnya langkah tersebut diaplikasikan bila penyambungan dikerjakan pada sebagian batang saja.

Info Tentang Update Harga Paranet Cek Disini


Kami Juga Menyediakan paranet/shading net untuk atap peneduh tanaman, harga lebih MURAH,kwalitas awet. Paranet biasa digunakan untuk atap pada green house, misalnya pada budidaya tanaman sayur, tanaman hias, dan bunga. Bisa juga dipakai untuk peneduh kolam ikan, dll. Ready stock paranet daya serap 65% dan 75% ukuran 3x100 meter bahan plastik. Untuk info harga paranet silahkan sms/call  0812.3258.4950 - 0852.3392.5564. Info selengkapnya silahkan klik www.paranet99.com.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar