Jumat, 05 Agustus 2016

Membuat Alernatif Kakaban Ikan dari Bahan Paranet

Tertarik dengan alternatif kakaban untuk pemijahan ikan lele yang terbuat mempunyai bahan paranet, kesempatan ini berusaha buat untuk serta mempraktekkannya.
  • Langkah Pembuatan 
Untuk membuat kakaban paranet ini dibutuhkan bambu atau kayu lebih banyak dibanding kakaban ijuk. Kakaban dari ijuk cukup dua bilah bambu saja untuk mengapit ijuk dengan posisi didalam. Kakaban dari paranet di buat dengan lebih dulu sediakan kerangka kayu/bambu berupa persegi panjang.


Panjang kakaban bisa disesuai kan lebar kolam 70-80 cm atau lebih. Untuk lebarnya di buat dengan ukuran 30-40 cm. Lembaran paranet lalu dipotong serta dipasang pada kerangka. Untuk jauhi luka pada ikan akibat sisa paku yang tajam, pemasangan paranet bisa diakukan dengan tali plastik atau rafia saja. Terkecuali tak mengakibatkan luka gesek pada tubuh ikan, tali plastik tidak mengakibatkan karat dan memudahkan pelepasan paranet saat pembersihan setelah kakaban digunakan.
  • Kemampuan Kakaban Paranet 
Untuk tempat meletakkan telur ikan lele sesudah sistem perkawinan, kakaban sebagian 3 - 4 buah bisa ditempatkan didalam kolam pemijahan.

Kerangka yang terbuat dari kayu atau bambu bakal buat kakaban terapung di air kolam hingga perlu pemberat waktu dipakai, Kakaban dapat ditindih dengan batu atau bata waktu dipakai.

Memiliki bentuk yang persegipanjang dan cukup luas harusnya membuat telur ikan bisa tertampung dengan baik. Telur yang dihasilkan ikan dapat menempel dengan cukup baik pada media paranet.
  • Bisa digunakan Lagi 
Bahan paranet yang cukup kuat dan tidak membusuk membuatnya dapat dipakai berulang-kali. Sesudah dipakai, tali plastik bisa dipotong serta paranet dilepaskan dari kerangkanya untuk memudahkan pembersihan. Paranet lantas direndam dan dicuci dengan sabun, bersihkan bersih-bersih dengan air lantas dijemur hingga di cahaya matahari sampai kering.

Saat pemasangan jaring paranet untuk kakaban, dianjurkan buat untuk ruangan jarak pada kakaban dengan lantai kolam. Jarak dapat diperoleh dengan menempatkan batu bata sebagai dudukan kakaban. Jaring paranet dengan posisi melekat ketat dengan lantai kolam, bisa menjebak dibawah larva ikan yang baru menetas hingga tidak bisa bergerak serta mengakibatkan kematian benih ikan.

  • Evaluasi Pemakaian 
Dalam praktek yang pernah diakukan, pemasangan kakaban paranet ini hingga 75%-80% dari luas ruangan kolam terlihat masih tetap kurang penuhi. Tidak semua induk bisa menempatkan telurnya di kakaban yang telah ada.

Baca Juga: Cara Merawat Anggrek Supaya Rajin Berbunga

Cek Update Harga Paranet Terbaru Cek Disini

Untuk pemesanan paranet silahkan hubungi kami pada hari dan jam kerja :
HP    : 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564

Phone : 031-8830487
e-mail: limcorporation2009@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar