Sabtu, 17 September 2016

Cara Budidaya Jamur Tiram Untuk Pemula


Budidaya jamur tiram begitu pas untuk daerah yang mempunyai iklim tropis seperti Indonesia. Bila anda menginginkan usaha budidaya jamur tiram investasi yang di keluarkan cukup murah dan dapat anda kerjakan dengan cara bertahap. Sisi tersulitnya yaitu bikin baglog, media tanam yang perlu diinokulaikan dengan bibit jamur.

Ada dua aktivitas paling utama yang perlu dikerjakan dalam membudidayakan jamur tiram ini. Step pertama yaitu bikin media tanam dan menginokulasikan bibit jamur kedalam media tanam itu. Step ke-2 yaitu menumbuhkan miselium itu jadi tubuh buah.


  • Mempersiapkan kumbung 


Kumbung atau tempat tinggal jamur yaitu tempat untuk menjaga baglog dan menumbuhkan jamur. Kumbung umumnya satu bangunan yang diisi beberapa rak untuk menempatkan baglog. Lumbung mesti mempunyai kekuatan untuk melindungi suhu dan kelembapan.

Kumbung terbuat dari bambu atau kayu, dinding kumbung umumnya terbuat dari gedek atau papan dan atapnya terbuat dari genteng atau sirap. Janganlah memakai atap asbes atau seng, lantaran atap itu bisa bikin suhu hawa jadi panas. Sedang lantainya biarlah dari tanah saja, lantaran menolong penyerapan air ketika menyiram jamurnya.

Didalam kumbung mesti ada rak berbentuk kisi-kisi yang di buat dengan cara bertingkat. Rak itu berperan sebagai penyusun baglog. Ukuran ketinggian ruangan antar rak baiknya tak kurang dari 40 cm, rak dapat juga kamu bikin 2-3 tingkat.

  • Mempersiapkan Baglog 

Baglog yaitu media tanam tempat menempatkan bibit jarum tiram. Bahan paling utama dari pembuatan baglog ini yaitu serbeuk gergaji, lantaran jamur tiram termasuk juga jamur kayu.

Ketika anda lakukan budidaya jarum tiram dalam taraf yang besar, beberapa petani umumnya bikin baglog sendiri. Tetapi, untuk anda yang pemula, atai petani dengan modal terbatas baiknya baglog dibeli dari orang lain dan anda juga dapat konsentrasi menjalanakan usaha budidaya.

  • Langkah Merawat Baglog 


Ada dua langkah membuat baglog dalam rak, yaitu anda bisa menempatkan dengan cara vertikal di mana lubang baglog menghadap ke atas. Dan dengan cara horizontal, lubang baglog menghadap ke samping.

  • Langkah Merawat Jamur Tiram 


Sebelumnya baglognya disusun, buka terlebih dulu cincin dan kertas penutup baglog. Lalu diamkan sepanjang lebih kurang lima hari.
Kemudian, potong ujung baglog supaya mempunyai ruangan perkembangan lebih lebar. Diamkan sepanjang 3 hari janganlah dahulu disiram. Penyiraman cukup pada lantai saja.

  • Pengendalian Hama 


Terkecuali pemeliharaan pada baglog, anda juga butuh lakukan perawatan untuk menghindar atau mengatur hama dari penyakit yang dapat menyerang jamur tiram setiap saat. Hama dan penyakit yang menyerang pasti di pengaruhi oleh kondisi lingkukan ataupun jamur tersebut. Hingga tempat budidaya mesti dibersihkan dengan penyemprotan formalin pada ruang sekitaran kumbung, dengan cara berkala.



Untuk Info Update Harga Paranet Klick Disini
  • Panen Jamur Tiram
Bila baglog yang dipakai permukaannya sudah tertutup prima dengan miselium, umumnya dalam 2 minggu mulai sejak pembukaan baglog, jamur telah mulau tumbuhh dan telah bisa dipanen.

Baca Juga: Langkah Budidaya Anggur Merah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar