Sabtu, 22 Oktober 2016

Cara Budidaya Bunga Melati

  • Syarat Pertumbuhan
  1. Memiliiki curah hujan normal
  2. Suhu lingkungan 28-36 derajat
  3. Kelembaban hingga 50 – 80 %
  4. Cahaya matahari cukup.
  5. Mempunyai kandungan tanah organik (subur, dan gembur)
  6. Ketinggian dataran tinggi 10-1. 600 m dpl dan rendah 600 m dpl.
  7. Dan memililiki pH keasaman 5-7
  • Pembibitan Bunga Melati
Pembibitan ini bisa di kerjakan dengan cara antara lainnya seperti berikut :
  1. Menancapkan setiap stek medium persemaian 10-15 cmm dari panjang stek, selanjutnya tutup dengan wadah persemain dengan beberapa lembar plastik transparan.
  2. Pemeliharaan semai ini bisa di lakukan dengan menempatkan anakan stek itu kedalam wadah atau polibag kedalamnnya. Lalu siram dengan air hingga basah.
  3. Pemeliharaan bibit stek ini di lakukan dengan penyiraman 2 kali sehari, menempatkan bibit agar terkena matahari cukup dan bisa pindahkan bibit pada usia 3 bln. kedalam polibag yang sudah di campur dengan bahan organik dan anorganik.
  4. Sebelum pemindahan sebaiknya, memperhatikan kondisi bibit bunga melati dengan sebaik-baiknya sebelum masa penanaman.
  • Pengelolahan Media Tanam
Pengelolahan media sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman bunga melati. Oleh karena itu, harus di kerjakan dengan sebaik-baiknya. Pengelolahan media tanam ini di lakukan dengan cara :
  1. Membuka lahan atau kebun dengan membersihkannya dari tanaman liar atau gulma di sekitar kebun atau lahan.
  2. Kemudian melakukan pencangkulan, pemerataan dan pembajakan hingga gembur dan subur. Dan diamkan selama 15 hari.
  3. Kemudian, lakukan pembuatan bedengan dengan lebar 100-120 cm, tinggi 30-40 cm dan jarak antara bedengan 40-60 cm.
  4. Lalu sebelum pembuatan bedengan sebaiknya mencampurkan media tanah terlebih dahulu dengan pupuk organik dan juga melakukan pengapuran terlebih dulu. Dan diamkan 3-4 hari sebelum tanam.
www.waring99.com

  • Penamanan Bunga Melati
Penanaman pada bunga melati ini termasuk gampang dan sederhana yaitu melakukan pemberian pupuk kembali dibagian permukaan tanah atau lubang tanam, dan membuat jarak tanam sekitaran 2-3 cm. Kemudian, lakukan pembuatan lubang tanam sekitar 20-25 cm bahkan lebih tergantung perakaran pada tanaman bunga melati.

Info Update Harga Paranet Bisa Dicek Disini
  • Pemeliharaan Bunga Melati
Pemeliharaan bunga melati bisa di lakukan dengan cara penyulam, penyiangan, pemupukan, penyiraman dan penyemprotan pestisida. Penyulaman ini di lakukan dengan mengantikan tanaman yang layu dan mati dengan tanaman yang baru. Penyiangan ini di lakukan dengan taeratur dengan cara membersihkan tanaman liar atau gulma yang ada di sekitar tanaman bunga melati.

Pemupukan ini di lakukan dengan berskala yaitu memakai pupuk urea, tsp, dan kcl sesuai dengan dosis yang di tentukan. Penyiraman pada tanaman bunga melati dapat di lakukan 2 kali dalam sehari. Sedangkan penyemrotan pestida bisa di lakukan dengan bertaraf untuk menghindari serangan hama dan penyakit pada tanaman bunga melati.
  • Pemanenan Bunga melati
Pemanenan ini bisa di lakukan saat tanaman bunga melati telah berbunga pada usia 7-12 bln. setelah masa tanam. Pemanenan ini bisa di lakukan dengan cara menggunting atau memotong tangkai bunga pada tanaman melati.

Baca Juga: Budidaya Kayu Jati Putih

Untuk pemesanan paranet silahkan hubungi kami pada hari dan jam kerja :
0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564
Info Selengkapnya: http://paranet123.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar