Budidaya Kayu Jati Putih


Di kenal sebagai kayu kelas atas “mewah” yang awet, kuat dan keras sehingga begitu cocok sebagai material bangunan dan furnitur. Sebab itulah kayu jati menjadi favorite sebagai bahan bangunan dan bahan mebel lantaran selain kuat, untuk tekstur serat yang halus dan susunan kayunya juga lurus alias sedikit cabangnya.
  • Cara Budidaya Dan Step Pemeliharaan Jati Putih
Menanam dan memelihara pohon jati sejak pembibitan jelas membutuhkan modal kesabaran tingkat tinggi, berbeda dari usaha makanan misalnya yang bila laris jadi modal akan balik bisa di dapat hanya dalam hitungan bln. dengan masa panen yang paling cepat sekitar 7 th., hingga 15 th. dengan diameter 50 cm dan tinggi pohonya 30 mtr., seperti jati putih.

Untuk memanen jati putih cuma dalam waktu 15 th. itu sendiri juga merupakan inovasi karena di masa dahulu, jati butuh waktu 40-50 th. sebelum ia dapat menjadi tanaman industri “perkayuan”. Akan tetapi jati yang kuat pastinya sudah teruji dari lama usianya jadi makin tua semakin ia lebih menonjol kualitasnya. Diluar semua itu, yang jelas cara menanam jati putih tidak membutuhkan teknik yang rumit untuk mempraktikkannya.
  • Proses Persiapan Lahan
Untuk langkah awal dalam cara budidaya sebelum membuka memulai penanaman siapkanlah lahan untuk pohon jati putih di dataran rendah dengan curah hujan 1. 000-1. 200 mm per th., tekstur tanah lempung, lempung berpasir ataupun liat berpasir dengan anjuran prioritas di tanah berkapur, selain itu hindari tekstur tanah yang becek atau gampang tergenang air karena jati tidak cocok dengan keadaan terlalu banyak air.

www.uvplastik99.com
  • Sistem Drainase Dan Tahap Mencegah Hama
Sistem drainase yang baik sangatlah penting, setelah pemilihan lahan, perhatikan cara tanam, jarak tanam jati putih yang idealnya adalah 3 x 3 m hingga 8 x 8 mtr.. Untuk itu buatlah lubang untuk bibit dengan jarak setiap lubang sepanjang 3 x 3 m hingga 8 x 8 m. Untuk perawatan pada jati putih ini terbilang tidak begitu sulit. Dan dalam menghindar hama dan penyakit semprotkan insektisida secara teratur dan jangan berlebihan selain itu cabuti atau siangi rumput dan tanaman liar “parasit” di sekitar pohon jati itu.

Info Update Harga Paranet Bisa Dicek Disini
  • Tahap Pemberian Pupuk
Untuk pemupukan juga merupakan salah satu hal yang penting dari semua tahap dalam budidaya jati putih. Berilah pupuk urea atau NPK secara berkala setiap dua bln. sekali selama dua th.. Taburlah pupuk sebagaimana dosis yang tepat dalam panduan, dan sesuaikan juga dengan kondisi tanah.

Baca Juga: Membuat Green House Yang Sederhana 

Untuk pemesanan paranet silahkan hubungi kami pada hari dan jam kerja :
0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564
Info Selengkapnya: http://paranet123.blogspot.co.id/

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama