Cara Budidaya Bonsai Yang Baik & Benar

  Bonsai adalah salah satu jenis tanaman hias yang memiliki batang yang kecil, imut, serta memiliki bentuk yang sangat cantik sehingga bernilai seni tinggi dan membuat harga jual tanaman hias bonsai ini menjadi sangat mahal. Untuk memperoleh tanaman hias bonsai yang indah dibutuhkan keterampilan tertentu dalam proses budidayanya. Nah, jika anda berminat untuk budidaya tanaman hias bonsai, anda bisa menyimak pembahasan mengenai cara budidaya tanaman hias bonsai.

Cara Budidaya Tanaman Hias Bonsai

    1.Pemilihan Bibit Tanaman Bonsai

Hal yang paling utama sebelum memulai budidaya tanaman hias adalah proses pemilihan bibit. Bibit yang dipilih untuk kemudian ditanam, haruslah bibit berkualitas yang mempunyai daun berwarna hijau, sehat dan kebal terhadap serangan hama penyakit.

Jangan Lupa Baca Juga : Cara Tepat & Jitu Budidaya Gandum

Akan lebih baik lagi jika bibit tersebut berasal dari cangkokan & stek. Tanaman yang bisa anda bonsai antara lain: beringin, asam jawa, sawo, kamboja, crème, dll. Pilihlah tanaman yang mempunyai percabangan yang indah sehingga akan memikat perhatian & bernilai tinggi ketika dibentuk. Selain itu tumbuhan tersebut mempunyai diameter yang berukuran besar sehingga begitu mirip dengan tanaman besar yang dikecilkan.

    2.Pemilihan Pot Tanaman

Tanaman hias bonsai menggunakan pot sebagai media penanamannya, untuk itu pot yang digunakan harus diperhatikan. Pada pot sebaiknya anda memberikan lapisan berupa kerikil kecil pada dasar pot yang kemudian diberikan tanah diatasnya. Kurangi akar bakalan bonsai sebelum ditanam dalam tanah supaya sesuai dengan ukuran pot baru bonsai bisa dipindah menuju pot yang telah anda siapkan.

Tata cara penanaman bonsai yang tepat ialah dengan melakukan pemindahan media tanam terlebih dahulu baru kemudian bonsai dengan posisi yang benar. Sesudah itu baru masukkan media tanam yang tersisa. Lalu anda dengan telapak tangan & ujung jari anda bisa memadatkan media tanam.
  
 3.Pembentukan & Pemangkasan Bonsai

Dalam budidaya tanaman bonsai ada hal yang wajib anda lakukan untuk medapatkan bentuk bonsai sesuai dengan yang anda harapkan yakni dengan pembentukan dan pemangkasan tanaman bonsai.

*Baca Juga : Cara Budidaya Cabai Merah Dengan Baik & Benar

Sebaiknya anda melakukan pemangkasan pada pangkal percabangan agar pengeringan tidak terjadi dan mengontrol pertumbuhan cabang supaya tidak terlampau cepat.

Lakukan pemangkasan akar bonsai dengan arah menyamping supaya pertumbuhan dapat diperbayak baru bisa mengaplikasikan teknik pengawatan yang dilakukan dengan hati-hati untuk membentuk ranting, batang da cabang. Anda juga bisa memilih bentuk bonsai sesuai keinginan apakah tegak berliku, miring maupun tegak lurus.

    4.Proses Merawat Tanaman Bonsai

Tanaman hias bonsai adalah salah satu jenis tumbuhan yang membutuhkan perawatan yang baik dan tepat agar tetap dapat tumbuh dengan baik. Jika bonsai yang anda tanam sudah tumbuh dengan baik, maka tugas selanjutnya adalah mengamati pertumbuhannya mulai dari ranting, batang, cabang dan dahannya.

Jika tanaman hias bonsai yang anda tanam, cabang dan dahannya tumbuh dengan lebat dan berlebih ada baiknya jika sesegera mungkin anda melakukan proses pemangkasan secara teratur agar tidak mengurangi keindahan & supaya bonsai tidak menyimpang.

Dahan yang terlalu rimbun dan ranting yang tumpang tindih harus dihilangkan. Anda juga harus rutin memberikannya pupuk baik pupuk kimia, pupuk kompos, pupuk kandang, dll dalam setahun sebanyak 3 kali untuk pupuk kimia. serta senantiasa disirami setiap hari.

Dengan beberapa cara diatas mudah-mudahan tanaman hias bonsai yang anda budidayakan dapat tumbuh dengan baik, dan memiliki bentuk yang indah sesuai dengan apa yang anda inginkan.

LIM CORPORATION
PABRIK PARANET/SHADINGNET
Paranet biasanya digunakan untuk atap pada green house, misalnya pada budidaya tanaman sayur, tanaman hias, dan bunga. Bisa juga dipakai untuk peneduh kolam ikan, dll. 
Ready stock paranet daya serap 50% dan 65% ukuran 3x100 meter bahan plastik.
Hub. 08123.258.4950 - 0877.0282.1277 - 0852.3392.5564.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama