Senin, 12 Juni 2017

Cara Tepat Budidaya Tanaman Pangan Unggul

     Halo sobat tani, Salam sejahtera. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara tepat budidaya tanaman pangan unggul. Pangan pasti yang terlintas di pikiran sebuah makanan, tentu makanan tidak akan pernah luput dari manusia karena makanan termasuk kebutuhan primer. Hmm jika semua makanan di bumi ini terus saja dimakan nanti habis lalu bagaimana jadinya nasib manusia? Tentu harus ada yang membudidayakannya. Nah sebelum kita ke tahap budidaya ada beberapa pangan unggul yang menjadi kebutuhan pokok manusia seperti padi, jangung, singkong, dll. sekarang kita langsung saja menuju cara budidayanya.

Pengolahan Lahan

    Lahan petani harus bebas dari pencemaran limbah beracun
    Lakukan pembajakan agar tanah menjadi gembur
    Saat proses persiapan lahan, lakukan pengapuran, penambahan bahan organik, pembenahan tanah (soil amelioration), atau teknik perbaikan kesuburan tanah
    Pengolahan lahan dapat dilakukan dengan cara manual maupun dengan alat mesin pertanian.

Persiapan Benih & Penanaman

Benih tanaman pangan pada umumnya ditanam langsung tanpa proses penyemaian, kecuali pada budidaya padi. Pilihlah benih dengan kualitas baik dan unggul agar menghasilkan tanaman dan hasil panen yang melimpah. Benih ditanam dengan cara ditugal (pelubangan pada tanah) sesuai jarak tanam.

Pemupukan

Pemupukan bertujuan memberikan nutrisi yang cukup bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Kegiatan pemupukan dilakukan setelah benih ditanam. Pupuk dapat diberikan sekaligus pada saat tanam atau sebagian diberikan saat penanaman sebagian lagi pada beberapa minggu setelah tanam. Maka dari itu, pemupukan harus dilakukan dengan tepat cara, tepat jenis, tepat dosis dan tepat waktu aplikasi.

*Jangan Lupa Baca Juga :  Cara Tepat Budidaya Mentimun

Pemeliharaan

Pemeliharaan tanaman meliputi penyulaman, penyiraman, dan pembumbunan. Penyiraman dilakukan secara rutin untuk menjaga agar tanah tetap lembab. Penyulaman yaitu kegiatan menanam kembali untuk mengganti benih yang tumbuh tidak normal atau mati. Pembumbunan yaitu kegiatan yang dilakukan untuk menutup pangkal batang dengan tanah.

Pengendalian OPT (Organisme pengganggu tanaman)

Pengendalian OPT harus disesuaikan dengan tingkat serangan. Kegiatan pengendalian OPT dapat dilakukan secara manual maupun dengan pestisida. Jika menggunakan pestisida sebaiknya dilakukan secara tepat jenis, tepat mutu, tepat dosis, tepat konsentrasi/dosis, tepat waktu, tepat sasaran (OPT target dan komoditi), serta tepat cara dan alat aplikasi.
Usahakan untuk mengutamakan penggunaan pestisida hayati yang merupakan pestisida mudah terurai dan tidak meninggalkan residu pada hasil panen, tidak berbahaya bagi manusia dan ramah lingkungan.

Panen & Pasca Panen

Panen dilakukan pada waktu yang tepat sehingga mutu hasil produk tanaman pangan dapat optimal saat dikonsumsi. Cara panen harus sesuai dengan tekniknya sehingga diperoleh mutu hasil panen yang tinggi, tidak rusak dan tetap segar dalam waktu lama
Panen bisa dilakukan secara manual maupun dengan alat mesin pertanian

*Baca Juga :  Cara Budidaya Tanaman Pare Dengan Baik & Benar

Standar pasca panen

    Hasil panen disimpan di suatu tempat yang tidak lembab.
    Hasil panen yang memerlukan perontokan dan penggilingan dapat dilakukan secara manual maupun dengan alat

Standar alat

    Meliputi alat prapanen (budidaya) dan alat pascapanen (pengelolaan hasil).
    Penggunaan alsintan prapanen dan pascapanen harus dilakukan secara tepat
    Peralatan dan mesin pertanian perlu dijaga dan dirawat dengan baik.


Demikian bahasan tentan cara tepat budidaya tanaman pangan unggul. Senoga bermanfaat serta menambah wawasan kita. Selamat mencoba, Semoga berhasil. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi website kami karena akan selalu ada artikel menarik lainnya.


LIM CORPORATION PABRIK PARANET/SHADINGNET
Paranet biasanya digunakan untuk atap pada green house, misalnya pada budidaya tanaman sayur, tanaman hias, dan bunga. Bisa juga dipakai untuk peneduh kolam ikan, dll. 
Ready stock paranet daya serap 50% dan 65% ukuran 3x100 meter bahan plastik.
Hub. 08123.258.4950 - 0877.0282.1277 - 0852.3392.5564.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar