Rabu, 05 Juli 2017

Cara Tepat Budidaya Rosella

Syarat Tumbuh
  • Rosella dapat tumbuh subur pada lahan dengan ketinggian 25 hingga 600 meter dari permukaan laut dengan curah hujan per tahun berkisar 1700-3000 mm.
  • Suhu optimal untuk pertumbuhan sekitar 20 sampai 34 derajat Celsius.
  • Tumbuhan Rosella dapat tumbuh optimal di tanah yang subur, tidak berlempung, gembur, serta struktur baik dengan Ph tanah sebaiknya berkisar antara 4,4-6,5.
Persiapan lahan
Sebelum digunakan, tanah dibajak serta di garu supaya rata serta gembur. Kemudian tanah dibagi dalam petak-petak yang dipisahkan selokan untuk pengairan. Lalu buat bedengan dengan panjang disesuaikan lahan serta buat parit dengan panjang sama dengan bedengan.

*Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Mentimun

Kedalaman parit berkisar 25 cm serta 30 cm. Parit akan bertemu dengan selokan pengairan. Parit serta selokan tidak perlu digali dalam-dalam. Untuk area yang lebih luas maka ukuran got serta parit dapat diperkecil. Jarak tanam dapat berukuran 12x12 cm, 15x15 cm, 12,5x15 cm, 12,5x20 cm, atau 20x20 cm tergantung varietas.

Pemilihan Benih
Pilih benih rosella yang berasal dari tanaman yang unggul. Benih yang digunakan sebaiknya berasal dari pemungutan pertama sebab pertumbuhan biji telah mencapai pertumbuhan yang lengkap. Biji dipilih yang besar agar bibit dapat tumbuh dengan kecambah yang lebih kuat serta segar. Pastikan benih yang dipakai bebas dari penyakit.

Penanaman
Bedengan diairi dahulu dengan air agar tidak kering serta dijaga agar keadaan tanah tidak terlalu basah, lalu ditugal (dilubangi menggunakan tongkat) sedalam 1-3 cm. Lalu benih dimasukkan ke dalam lubang yang telah ditugal tadi lalu tutup dengan tanah. Untuk mendapatkan pertumbuhan yang merata maka bibit dapat direndam dengan air sebelum ditanam di lahan. Perendaman dilakukan selama 12 – 24 jam.

Pemeliharaan
Pemeliharaan tanaman Rosella meliputi:

Penyiangan
Penyiangan dilakukan dengan mencabut atau membersihkan tanaman gulma atau tanaman penggangu yang ada di sekitar bedengan serta di sekitar tanaman. Penyiangan dapat dilakukan secara rutin untuk mencegah kembalinya gulma

Penyiraman
Tumbuhan rosella membutuhkan air banyak untuk pertumbuhannya sehingga dibutuhkan pengairan jika tidak ada hujan. Air dialirkan melalui selokan serta parit dengan debit rendah serta pinggiran bedengan tidak ditanami. Selokan dan parit baiknya selalu dibersihkan agar aliran air dapat dengan mudah mengalir ke saluran pembuangan saat terjadinya hujan deras.



Pemupukan
Pemberian pupuk dapat dilakukan pagi-pagi saat keadaan tanah masih basah. Pemberian pupuk dilakukan agar pertumbuhan tanaman rosella dapat lebih optimal agar panen nanti tidak mengecewakan. Pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk kimia maupun organik.

Pengendalian Hama serta Penyakit
Hama yang sering menyerang tanaman rosella biasanya yaitu hama ulat tanah serta kutu. Hama tersebut dapat mengganggu pertumbuhan tanaman rosella karena memakan daun, bunga serta mengambil nutrisi tanaman. pengendalian nya dapat dengan menyemprot pestisida kimia dengan dosis yang telah ditetapkan.

Penyakit yang sering menyerang bagian tanaman rosella, diantaranya ialah penyakit rebah serta penyakit busuk pada daun, akar serta batang. Pengendalian penyakit ini dapat dengan menggunakan fungisida dengan dosis yang telah ditetapkan.

Pemanenan
Pemanenan dapat dilakukan 4 - 5 bulan setelah tanam. Pemanenan dapat terus dilakukan hingga tanaman tidak menghasilkan bunga, yakni sekitar 4—8 bulan berikutnya. Pemanenan rata-rata dilakukan setiap 10 hari sekali.

*Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Tanaman Pangan Unggul

Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan
Bunga rosella memiliki banyak sekali manfaat, khususnya untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut merupakan beberapa manfaat bunga rosella untuk kesehatan:
  • Sumber antioksidan
  • Pencegahan kanker
  • Menjaga metabolisme tubuh
  • Untuk obat asam urat
  • Sebagai obat diabetes 
  • Meringankan gejala batuk
  • Menjaga stamina 
  • Mengobati seriawan dan bibir pecah-pecah
  • Mengobati luka dalam mulut dan juga mulut kering
  • Menghentikan gusi berdarah
  • Sebagai obat anemia
Kami CV. Lim Corporation menyediakan paranet berkualitas. Untuk info harga Paranet ter update kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya hubungi : 085233925564 – 081232584950 – 087702821277 (SMS/CALL/WA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar