Senin, 23 Oktober 2017

Inilah 6 Tahapan Penting Dalam Budidaya Tanaman Lemon


Jeruk lemon merupakan salah satu tanaman buah yang banyak dibudidayakan. Karna selain memiliki manfaat dan biasa digunakan sebagai penyedap makanan, Terutama manfaat untuk kesehatan. Jeruk lemon dikenal sebagai buah yang kaya mengandung vitamin C sehingga sangat tepat apabila dijadikan sebagai buah untuk menjaga daya tahan tubuh. Tidak hanya vitamin C yang dikandung jeruk lemon. Namun juga ada beberapa kandungan lain dari jeruk lemon seperti : Kalori, Protein, Vitamin A, Kalsium, Zat Besi, Vitamin D, Vitamin B6, Vitamin B12, dan Magnesium. Banyak orang sudah membudidaya pohon jeruk lemon dikarenakan cara menanam lemon termasuk mudah. Berikut langkah langkah budidaya lemon yang baik dan benar.

1. Syarat Tumbuh

• Pastikan lahan tanam yang akan digunakan untuk menanam atau budidaya daun memiliki kandungan unsur organik dan unsur tanah yang gembur agar tanaman lemon dapat tercukupi nutrisinya.
• Lahan tanam mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup
• Lahan tanam terbebas dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya
• Lahan tanam memiliki tanah dengan tingkat garam rendah

2. Persiapan Lahan Tanam

Seperti halnya menanam tanaman jeruk yang lain, perlu menyiapkan lahan tanam yang cukup luas untuk menanam jeruk lemon. Lalu buatlah bedengan tanah yang nantinya akan ditanami bibit, beri jarak antar tanaman yang satu dengan yang lain.
Cara penanaman tanaman lemon yang tepat ialah dengan memperhatikan arah mata angin agar sinar matahari dapat langsung menyinari tanaman lemon secara langsung. Pastikan agar air tidak menggenangi tanaman dengan cara membuat parit-parit kecil diantara baris tanaman jeruk lemon sebagai tempat mengalirnya air sewaktu hujan karena jika air menggenang akan menurunkan kualitas lemon yang dihasilkan. Dan jangan lupa pula perhatikan kedalaman lubang tanam dengan menyesuaikannya akar bibit.

3. Persiapan Bibit Jeruk Lemon

Jeruk lemon dapat diperbanyak dengan cara generatif menggunakan biji ataupun dengan cara vegetatif (cangkok dan sambung). Namun disarankan menggunakan cara vegetatif karena bibit akan mewarisi sifat unggul tanaman induknya dan waktu panennya lebih singkat.

4. Penanaman Tanaman Jeruk Lemon

Jeruk lemon dapat ditanam kapan saja karena pada dasarnya tanaman jeruk lemon dapat hidup di segala musim, asal syarat tumbuh terpenuhi dan juga penanamannya dilakukan dengan cara yang tepat. Setelah semua siap dan bibit telah berumur sekitar 4-5 bulan, lakukan penanaman. Penanaman dilakukan dengan cara menancapkan bibit pada bedengan yang telah dibuat, pastikan tanaman jeruk lemon yang telah ditanam mendapatkan sinar matahari serta air yang cukup.

Baca Juga :
5 Langkah Jitu Dalam Proses Budidaya Tanaman Buah Markisa 
Langkah Jitu Budidaya Daun Mint!
Inilah 8 Tahapan Yang Wajib Diketahui Dalam Budidaya Lidah Buaya
Inilah Cara Tepat Budidaya Tanaman Bunga Melati

5. Perawatan Tanaman Lemon Dalam Pot

• Penyiraman
Lakukan penyiraman sebanyak 2 kali sehari secara rutin hingga tanaman berumur 1-2 bulan karena itu merupakan fase kritis pertumbuhan.

• Penyiangan Dan Pembubunan

Lakukan penyiangan apabila gulma penggangu tanaman telah tumbuh disekitar tanama lemon, dengan cara mencabut gulma tersebut meggunakan tangan. Selain itu lakukan juga pembubunan untuk mengemburkan tanah dan menaikan tanah ke arah batang tanaman jeruk.

• Pemupukan Tanaman Jeruk Lemon

Lakukan pemupukan sebanyak 3 kali yaitu pada saat tanaman berumur sekitar 1 bulan, 6 bulan dan 1 tahun dengan menggunakan pupuk NPK. Dosis yang diberikan yaitu sekitar 5-10 gram/tanaman untuk tanaman yang berumur 1 bulan dan 15-20 gram/tanaman untuk tanaman yang berumur 6-12 bulan.

• Pengendalian Hama
Pohon jeruk lemon memiliki cukup banyak hama pengganggu. Jadi, jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, pengendalian hama adalah salah satu hal yang harus diutamakan. Terlebih pada saat pohon jeruk lemon memasuki masa berbunga. Hama yang biasa menggagu ialah Lalat buah, Kutu Loncat atau Diaphorina Citri, Tungau atau Eriophyes Sheldoni Tetranychus sp, Kutu Daun atau Toxoptera Citridus Auranti, Ulat Peliat Daun atau Phyllocbistis Citrella, dan Penggerek Buah atau Citripestis Sagittiferella. Cara untuk mengatasi masalah ini ialah dengan membuat jebakan buah dan juga menyemprotnya dengan menggunakan insektisida.

• Pemangkasan

Hal lain yang harus dilakukan agar pohon jeruk lemon tumbuh dengan maksimal adalah melakukan pemangkasan yaitu memotong cabang atau batang yang tidak produktif. Selain pada batang, pemangkasan juga bisa dilakukan pada daun untuk mengurangi penguapan. Fungsi dari pemangkasan ini adalah untuk mengarahkan pohon agar tetap fokus pada pertumbuhan cabang atau batang yang produktif hingga akhirnya berbuah.



6. Pemanenan Jeruk Lemon

Jeruk lemon yang berasal dari bibit vegetatif dapat dipanen setelah berumur sekitar 2-3 tahun dan yang berasal dari bibit generatif dapat dipanen setelah berumur sekitar 5-6 tahun. Jeruk lemon yang siap untuk panen memiliki ciri yaitu buah lemon sudah berubah menjadi warna kuning cerah, proses pemanenan buah jeruk lemon dapat dilakukan dengan cara memetik langsung menggunakan tangan ataupun menggunakan gunting.

Demikian pembahasan tentang "6 Tahapan Penting Dalam Budidaya Tanaman Lemon". Terima kasih telah berkunjung.. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar