Cara Ampuh Budidaya Bambu Kuning


Pagar rumah tidak selamanya seharusnya menggunakan semen atau bangunan permanen. Salah satu kreasi yang bisa dikerjakan untuk membangun pagar rumah yakni dengan menanam Bambu Kuning sebagai pagar hidup untuk rumah Anda. Karena estetika dari tanaman bambu kuning ini banyak dipakai dalam rumah minimalis modern. Tidak hanya itu, rupanya tanaman bambu kuning mudah hidup di tempat tropis, sehingga Anda tidak perlu repot kalau menggunakan bambu kuning sebagai pagar rumah.

Tanaman Bambu kuning yang kerap dipakai sebagai tanaman pagar yakni Bambu Kuning Cina atau tanaman Bambu Telisik Kuning. Tidak terang kenapa Bambu Kuning ini disebut Bambu Kuning Cina, meski tanaman bambu kuning ini banyak hidup di kawasan Asia Tenggara. Di habitat aslinya, Tanaman Bambu Kuning yakni jenis bambu yang banyak dijumpai di desa-desa, di pinggir-pinggir sungai, dan sebagai tanaman ornamental di perkotaan.

Disebut tanaman Bambu Kuning Cina mungkin sebab tanaman ini menjadi komponen dari ilmu fengsui. Ada yang meyakini bahwa tanaman ini memiliki khasiat menurut ilmu fengsui untuk pembenahan tata ruang rumah, sebagaimana kita tahu bahwa fengsui yakni teori yang barasal dari negeri Cina. Kecuali dimanfaatkan menjadi pagar rumah, Tanaman Bambu Kuning juga berkhasiat untuk pengobatan. Pada pengobatan Cina, bambu kuning kerap dipakai untuk mengobati dan menyembuhkan infeksi. Bambu mengandung sumber potassium yang rendah kalori serta memiliki rasa manis yang familiar sebagai sumber protein dan gizi yang baik bagi tubuh.

Menanam Bambu Kuning Sebagai Pagar

Sebagai pagar rumah, tanaman bambu kuning ini bisa ditanam pada media dan zona yang diinginkan. Ada berjenis-jenis metode menanam bambu kuning, melainkan metode termudah dan kerap dikerjakan yakni stek rumpun atau cabang. Kebanyakan, rumpun yang ingin distek yakni rumpun yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua juga. Penanaman sebaiknya dikerjakan pada akhir periode musim hujan, dengan jarak penanaman 6-12 m x 6-12 m.


Langkah Pertama dalam menanam bambu kuning yakni menyiapkan benih, benih bambu kuning bisa didapat dengan metode stek batang, rhizome, atau cabang. Beda jenis bambu bisa jadi beda metode mempersiapkan bibitnya. Seumpama bambu petung, pembibitan bisa dikerjakan dengan ketiga jenis stek. Untuk bambu apus, stek cabang dan rhizoma saja yang disarankan, meski bambu kuning bisa menggunakan teknik pembibitan stek rhizome.

Media tanam guna tanaman bambu kuning diisi dengan pupuk dan ditambah dedaunan serta tanah hasil galian, kemudian dikomposkan sekitar 2 bulan. Sesudah yang paling disarankan untuk menanam bambu kuning yakni ketika musim hujan, sekitar bulan Desember-Januari atau paling lambat Februari, benih bambu telah seharusnya ditanam di lubang yang telah dikomposkan.

Info ditanam, tanaman bambu kuning memerlukan perawatan yang pas agar tumbuh dengan baik. Perawatan tanaman bambu kuning mencakup penyiangan dan pembersihan tanaman dan lingkungan sekitar zona tanam, penyemprotan herbisida atau pestisida untuk menyelesaikan gulma dan hama, pemupukan, pemangkasan untuk merapikan rumpun yang telah mulai tumbuh tinggi, dan penjarangan.

Nah, setelah tanaman bambu kuning tumbuh dengan baik dan subur, kecuali menawan, tanaman bambu kuning juga berkhasiat sebagai pagar rumah Anda. Rumah Anda nampak asri dengan pagar hidup yang menawan dan segar.

Demikian artikel tentang bambu kuning ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua :D Nantikan artikel kami selanjutnya disini :D 



Paranet merupakan jala plastik yang biasa digunakan untuk memberi naungan bagi tanaman. Paranet dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima tanaman dan juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Lim Corporation menyediakan paranet dengan daya serap sinar matahari sebanyak 60%, 65%, 75% dan 85%. Segera Pesan Sekarang Sebelum Kehabisan!!!
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya tentang prodak bisa anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat langsung dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#ShadingNet #PeneduhTanaman #PeneduhKolam #ProdusenParanet

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama