Minggu, 01 April 2018

Tips & Trik Mengusir Burung Pada Tanaman Padi Dengan Mudah



Padi merupakan komoditas pertanian terbesar di Indonesia dikarenakan padi nantinya akan menjadi beras yang merupakan bahan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebenarnya budidaya padi di Indonesia terus mengalami perkembangan dalam hal bibit, peralatan, teknik dan perawatan tanaman serta pengendalian hama. Perkembangan ilmu dan teknologi yang didukung serta oleh perhatian pemerintah menjadikan budidaya padi memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Apalagi harga padi cenderung stabil tentu akan meminimalisir kerugian petani pada saat menjual padi hasil panen mereka.

Sayangnya faktor yang kadang merugikan petani adalah adanya ancaman serangan hama pengganggu yang dapat mempengaruhi produktifitas tanaman padi. Salah satu hama yang mengganggu tanaman padi adalah hama burung. Sebagian dari anda mungkin pernah melihat orang-orangan sawah yang dipasang pada area sawah yang ditanami padi. Anda pasti tahu tujuan dipasangnya orang-orangan sawah tersebut, yakni untuk mengusir burung pemakan padi.

Cara ini sudah lama dipraktekkan para petani padi untuk mengusir hama burung yang memakan padi mereka. Namun tahukah anda bahwa ternyata masih banyak lagi metode yang bisa dilakukan guna mengusir hama burung tersebut.

Sebenarnya hanya beberapa jenis burung saja di Indonsia yang menyerang tanaman padi yakni jenis pemakan biji. Yang paling sering menyerang tanaman padi dalam jumlah banyak ialah burung pipit yang biasanya terbang dalam kawanan. Nama lain dari burung pipit ialah burung gelatik, burung emprit, burung peking dan burung gereja. Sedang jenis burung lain yang juga menyerang tanaman padi namun dalam jumlah kecil ialah burung manyar.

Pada artikel ini kami akan mengulas mengenai cara mengusir hama burung pada tanaman padi yang semoga bisa bermanfaat bagi para petani padi yang sedang resah akibat serangan hama burung diatas ambang wajar.

1). Mengusir Hama Burung dengan Orang-Orangan Sawah

Cara mengusir hama burung pada tanaman padi dengan menggunakan orang-orangan sawah sebenarnya sudah sangat lama dipraktekkan oleh para petani guna menakut-nakuti burung pipit yang hendak masuk ke areal persawahan. Burung yang melihat orang-orangan sawah itu akan mengira bahwa itu adalah manusia. Namun seiring waktu para burung sepertinya belajar untuk mengetahui bahwa orang-orangan sawah itu tidak bergerak yang mana berarti itu bukan manusia. Akhirnya burung pipit sudah tak takut lagi dengan orang-orangan sawah tersebut, bahkan ada burung yang hinggap padanya.

Hal ini tentu membuat petani berpikir ulang, sebagian petani kini menginovasi orang-orangan sawah mereka dengan kincir angin, tali penggerak dan kaleng agar saat angin berhembus sebagian tubuh orang-orangan sawah terlihat bergerak sambil mengeluarkan bunyi dari kaleng ayang akan lebih menakuti burung.

2). Mengusir Hama Burung Menggunakan Kincir Angin

Ini adalah cara lain yang tepat dipakai saat angin sedang berhembus. Kincir angin ini akan dipasang ditengah lahan padi lalu dikombinasikan dengan kaleng sehingga akan muncul bunyi yang akan menakuti burung. Cara ini cukup efisien untuk digunakan ketika siang hari saat angin sudah berhembus. Namun sayangnya cara ini kurang efektif pada pagi hari karena masih belum ada angin yang cukup kuat.

Baca Juga :
Tips Dan Trik Dalam Budidaya Buah Nangka
Cara Menanam Bunga Melati Dengan Mudah
Tips Menanam Kacang Hijau Dengan Benar
Inilah Cara Mudah Budidaya Tanaman Oregano Greek
Tips Budidaya Labu Siam Sederhana Untuk Pemula

3). Mengatasi Hama Burung dengan Menggunakan Perangkap Jaring


Menggunakan jaring untuk melindungi tanaman padi adalah cara yang sangat efisien karena bukan hanya akan menakuti burung namun juga bisa menangkap burung tersebut. Caranya adalah membentangkan beberapa baris jaring memanjang diatas tanaman padi. Burung biasanya akan waspada saat hendak memasuki areal tersebut. Saat disiang hari anda bisa mencoba untuk mengejutkan burung-burung yang bersembunyi disela-sela tanaman padi menggunakan suara kaleng yang keras maka para burung akan terbang kelabakan dan sebagian akan ada yang terperangkap oleh jaring yang anda pasang.

4). Mengusir Hama Burung Menggunakan Plastik Mengkilap

Salah satu cara yang juga efektif untuk mengusir hama burung pada tanaman padi di siang hari adalah dengan cara membentangkan plastik mengkilap memanjang diatas tanaman padi sehingga burung akan silau dan takut untuk mendekati area sawah anda. Sayangnya sepertinya cara ini kurang efektif pada pagi dan sore hari dimana cahaya matahari belum begitu kuat.

5). Mengusir Hama Burung Menggunakan Kepingan CD

Cara mengusir hama burung dengan menggunakan kepingan CD ini sudah banyak dipraktekkan oleh para petani di China dan hasilnya terbukti efektif untuk menakuti burung. Bagian CD yang mengkilat akan memantulkan cahaya matahari sehingga menyilaukan mata kawanan burung. Sayangnya seperti dengan menggunakan plastik mengkilap, cara ini juga tidak efektif di pagi dan sore hari.

6). Mengusir Hama Burung Menggunakan Layang-Layang Burung

Ternyata selain untuk hiburan, layang-layang juga bisa digunakan untuk menakuti hama burung dengan catatan layang-layang tersebut berbentuk seperti burung besar atau burung elang.

Terbangkan  layang-layang tersebut dan patok pada ketinggian rendah. Tambahkan alat-alat yang menghasilkan suara pada layang-layang sehingga akan semakin menakuti burung-burung kecil.

7). Mengusir Hama Burung Menggunakan Alat Recorder Suara

Cara ini memang lebih mahal namun bisa diandalkan sepanjang hari terlebih ketika dikombinasikan dengan orang-orangan sawah atau benda yang menyilaukan dan layang-layang. Suara yang direkam untuk diputar berulang-ulang bisa berupa suara teriakan mengusir burung, suara elang maupun suara burung kesakitan.

Demikianlah beberapa cara mengusir hama burung pada tanaman padi yang bisa anda pakai untuk menghindarkan tanaman padi anda dari serangan hama burung secara besar-besaran. Sebenarnya kalau kita tarik kesimpulan maka cara yang paling efektif untuk mengusir hama burung adalah dengan mengkombinasikan beberapa cara sekaligus sehingga akan bekerja optimal menakuti burung sepanjang hari.


Kami menyediakan Mulsa Plastik Hitam Perak (MPHP) cap KUDA bahan full Ori bisa 2x pemakaian.  Manfaat Mulsa Plastik ini yaitu melindungi struktur tanah supaya tak cepat kering, menghindar tumbuhnya tanaman liar (gulma) yang bisa mengganggu tanaman induk. Selain Cap kuda LIM Corporation menyediakan Plastik Mulsa Cap Montana dan Tembakau. Harga dijamin murah, langsung dari pabrik. Tunggu Apalagi Segera Pesan!!
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya tentang prodak bisa anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat langsung dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#MulsaPertanian #MulsaPlastik #HargaMulsa #MphpMurah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar