Teknik Budidaya Sawo Dalam Pot, Tak Perlu Lahan Luas


Mempunyai tanaman buah sendiri akan menjadi kesenangan tersendiri. Pasalnya, Anda bisa makan buah tanpa harus membelinya dahulu. Sawo merupakan jenis tanaman buah yang umum ditanam di pekarangan rumah. Tetapi, jika tidak ada lahan yang cukup, Anda bisa menanam sawo dengan pot.

Tanaman sawo, selain mempunyai ciri unik serta menawan, jika ditanam dalam pot juga mempunyai daya tarik tersendiri bagi siapa pun yang memandangnya. Selain tergolong tanaman unik, batang getah sawo juga bisa dibuat bahan baku industri, contohnya permen karet.

Tanaman buah sawo bisa diperbanyak dengan menggunakan bijinya. Tetapi, jika Anda ingin menanam sawo dalam sebuah pot, disarankan pakailah bibit yang berasal dari cangkokan atau stek. Selain cepat dalam menghasilkan buah, bibit sawo hasil cangkok juga perawatannya lebih gampang.

Tahap awal yang perlu dimengerti sebelum menanam sawo dalam pot merupakan media tanamnya. Buah sawo sangat cocok jika ditanam di tanah liat yang mempunyai sedikit pasir, mempunyai unsur hara cukup, serta mempunyai pembuangan air yang memadai. Anda bisa menggunakan tanah kompos sebagai media tanam tambahan. Perbandingannya, yaitu 1:1, kemudian yang kedua bahan tersebut dicampur dan dimasukkan ke pot.

Selain itu, cara menanam bibit sawo ke dalam pot juga harus diperhatikan. Sebaiknya, bagian bawah pot dialasi arang atau bisa juga dengan ijuk sekitar 7cm. Hal ini untuk menjaga unsur hara dan tanah tak hilang saat Anda melaksanakan penyiraman.

Sesudah media tanam telah siap, masukkan bibit sawo ke pot, Jika masih menggunakan polybag, buang plastik pembungkusnya, kemudian pindahkan ke dalam pot yang telah diisi dengan media tanam. Sesudah bibit sawo ditanam, lakukan penyiraman secara rutin pagi hari dan sore hari dengan air secukupnya.

Baca Juga :

Letakkan tanaman di daerah yang teduh serta mempunyai sirkulasi udara yang segar serta lancar. Biasanya, dalam 2 bulan saja bibit sawo telah mengeluarkan tunas atau daun baru. Nah, jika tahap ini sudah terjadi, bibit tersebut bisa Anda letakkan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Kunci utama keberhasilan menanam sawo dalam pot merupakan pemupukan. Pupuk yang cocok untuk buah sawo merupakan jenis pupuk urea karena mampu merangsang pertumbuhan batang dan daun tanaman tersebut.

Jika Anda menginginkan tanaman tersebut berbuah lebih cepat, Anda bisa melaksanakan cara stres air atau melaksanakan pemupukan dengan memakai pupuk NPK dengan dosis tinggi.

Kemudian sesudah 3 bulan, tanaman sawo tersebut disiram seperti biasa pada pagi hari dan sore hari secara rutin. Maka, tak perlu menunggu lama sawo tersebut akan mengeluarkan bunga dan berbuah. Perlu diingat bahwa cara ini hanya bisa dilaksanakan jika bibit tanaman sawo dihasilkan dari cangkokan atau dari stek bukan dari biji.

Jika Anda membutuhkan Paranet untuk peneduh tanaman sawo atau untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minimal order 5 roll
– harga netto (non PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama