Minggu, 30 Desember 2018

Cara Pembibitan Tanaman Kayu Jabon Dengan Mamakai Naungan Paranet

 Jual Paranet Lokal, Import  dan Jenis Nylon - Lim Coporation

Jabon merupakan tanaman kayu keras yang cepat akan masa tumbuhnya, Tanaman Jabon masih dalam keluarga Rubiaceae, tanaman ini tumbuh dengan baik pada ketinggian kurang lebih sekitar 0 – 1000 meter dari permukaan laut. Ciri fisik tanaman Jabon, daun memiliki bentuk agak oval dan elip dengan arah daun saling berhadapan, memilki bunga yang bulat dan gemuk serta ukuran yang berdiameter 3,5-6 cm. Jabon adalah salah satu jenis pohon gugur daun (deciduos). Tinggi pohon jabon bisa mencapai 40 – 45 meter kurang lebih dengan tinggi bebas cabang (TBS) 30 meter dan diameter batang setinggi dada (DBH) 100 – 160 cm. Secara fisik, batang dari pohon jabon relative lebih ramping serta lurus, terkadang berbanir kecil dengan tinggi 50 – 150 cm yang menyebar Exit sekitar 60 cm dari pangkal batang.

Tanaman jabon muda, memiliki kulit batang yang berwarna kuning kecoklat-coklat sampai cokelat dan bertekstur lembut(halus). Semakin tua usia tanaman jabon, tekstur kulit dari batang tanaman jabon akan menjadi pecah-pecah serta mengelupas. Cabang dan rantingnya menyebar secara horizontal. Tajuk pohon berbentuk paying dan relative kecil.

BACA JUGA:
Berikut merupakan beberapa cara sukses pembenihan tanaman Jabon

Proses yang pertama adalah pengecambahan benih, langkah-langkahnya ialah:
1. Sediakan wadah pengecambahan atau juga bisa bak plastik 
2. Untuk media pengecambahannya sendiri adalah:
a. Campuran pasir halus dan tanah halus dengan perbandingan 1:1, lalau sterilkan dengan cara digoreng selama 2 jam. Untuk mendapatkan media pasir halus, pasir harus di ayak dengan ayakan berukuran mikro.
b. Campuran sabut kelapa yang telah dicacah dan arang sekaram dengan perbandingan 2:1. Kedua bahan bisa dibeli atau didapat di toko-toko pertanian.
3. Sebaiknya media disiram dahulu sampai jenuh sebelum benih ditabur. Jika perlu bak tabur ditutup dengan plastik sungkup.
4. Proses penaburan benih bisa dicampur dengan pasir halus supaya penyebaran dalam bak kecambah bisa merata. Perbandingan benih dengan pasir yaitu 2:1.
5. Umumnya benih mulai berkecambah sesudah 7-15 hari dan akan mulai merata sekitar 30 hari sesudah penaburan.
6. Dalam 1 bak kecambah ukuran 25cm x 20cm banyak biji yang ditabur cukup 1 sendok teh saja.

Tahap pemeliharaan ketika periode perkecambahan:
1. Untuk penanganannya dilaksanakan dengan penyiraman. Sesudah penyiraman pertama, penyiraman berikutnya dilaksanakan setiap harinya pada pagi hari dan sore hari sampai dengan minggu ke-10 atau siap sapih ke polybag dengan ukuran bibit 5cm-10cm dengan sprayer yang halus.
2. Penyiraman memakai air biasa untuk setiap harinya dan memakai air biasa dicampur dengan fungisida DITHANE M-45 untuk setiap minggunya yaitu 1 kali dalam 1 mingggu. Untuk 1 liter air dicampur fungisida seperempat sendok Dithane M-45.
3.  Syarat yang paling penting yaitu media kecambah harus terkena sinar matahari tetapi tak secara langsung harus diberi naungan dari plastik/sungkup. Keadaan media tanam kecambah harus cukup lembab serta basah jangan sampai kekeringan pastinya.
4. Sesudah itu bibit dipindahkan ke polybag di persemaian.
5. Jumlah waktu perkecambahan kurang lebih sekitar 1 bulan, total pemeliharaan sesudah muncul kecambah 1,5 bulan sampai siap sapih. Jadi jumlah waktu yang diperlukan untuk perkecambahan kurang lebih sekitar 2-3 bulan.
6. Pada bibit yang sudah dipindahkan ke dalam media polybag sangat cepat pertumbuhannya. Untuk 1 bulannya bisa mencapai ukuran tinggi sekitar 20cm-40cm.


Penyapihan di persemaian
Pengertian penyapihan yaitu pemindahan tanaman dari bak kecambah ke polybag. Setelah itu polybag di tempatkan pada bedengan berukuran 5m x 1m yang ternaungi supaya terlindung dari sinar matahari secara langsung dan hujan.
1. Prosesi penyapihan dikerjakan ketika kecambah sudah mempunyai 2-3 pasang daun atau sudah mencapai tinggi 2cm-3cm dengan usia sekitar 1,5-2 bulan.
2. Media sapih yang dipakai harus mengandung banyak nutrisi untuk pertumbuhan tanaman yang kemudian ditempatkan dalam polybag.
3. Media semai yang dipakai yaitu ukuran polybag 10cm × 15cm.
4. Untuk media tanam bibit yaitu terdiri dari:
a. Media campuran pasir, tanah, arang sekam dengan perbandingan 1:3:1 atau tanah dan kompos dengan perbandingan 3:1.
b. Kemudian media campuran tanah topsoil/permukaan, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 7:2:1
c. Dan media campuran tanah, cocopeat, dan pasir 3:1:1, atau memakai campuran tanah dan arang sekam 1:1.

JUAL PARANET LOKAL&IMPORT
Proses pemeliharaan pada bedeng sapih:
1. Yang pertama yaitu penyiraman secara rutin setiap hari memakai air biasa dan setiap minggu memakai air biasa dicampur dengan fungisida DITHANE M-45
2. Tak hanya penyiraman bisa juga diberikan pemupukan yang dikerjakan sesudah bibit berumur 2 minggu dengan pupuk NPK cair 2gr-4gr per 1 liter air, atau dengan pupuk NPK padat 0,5gr/bibit dengan jarak dari batang tanaman sekitar 3cm-5cm.
3. Bukan hanya itu, bisa juga melaksanakan proses pemupukan dengan pupuk daun gandasil-D dengan dosis 1-2gr untuk 1 liter air jika bibit berumur 3 bulan sesudah penyapihan.
5. Pemberian naungan tanaman dengan paranet dikerjakan sampai bibit berumur sekitar 4-5 bulan sesudah penyapihan dengan tinggi sekitar 30cm. Ukuran kerapatan paranet bisa 30%, 40% ,50% ataupun yang 65%.

Langkah Selanjutnya yaitu proses penanaman di lapangan:
Untuk bibit yang sudah siap tanam ketika batangnya cukup berkayu dengan tinggi sekitar 25cm-30cm. Waktu penanaman dikerjakan pada musim hujan dengan jarak tanam 3m x 3m. Pemeliharaan di lapangan berupa pendangiran, penyulaman, penyiangan gulma dan juga pemupukan.

Pemberian Naungan Jaring Paranet
Untuk mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke lahan umumnya petani memakai atap jaring paranet/shading net. Kami menyediakan paranet 65% ukuran 3m x 100m, paranet 75% bahan nylon/senar ukuran 1,8m x 50m. Tersedia juga jaring paranet import 50% warna hitam dengan ukuran 3m x 100m.

Pabrik Paranet Lokal&Import
* Info selengkapnya mengenai harga Paranet lokal & Import klik DISINI

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Paranet untuk peneduh tanaman, peneduh lapangan outdoor, peneduh kolam ikan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah  serta memiliki bahan yang berkualitas dan bahan lebih awet Anda dapat menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar kami tutup)

Customer Service : 
Telp: 031 - 8830487 (Jam Kerja 08.16 - 16.00 WIB)
Mobile: 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email: limcoporation2009@gmail.com
Atau juga bisa chat langsung dengan Admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan:
- Minimal order 5 roll
- Harga netto ( tidak termasuk PPN )
- Harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos Kirim ke kota tujuan
- Harga tidak mengikat, bisa berubah sewaktu –waktu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar