Cara Tepat Budidaya Tanaman Sirsak


Sirsak ialah tanaman buah yang mempunyai ciri kulit yang sedikit berduri di sebagian Negara ada juga yang menyebutkan buah sirsak sebagai durian belanda karena kulinya hampir sama dengan kulit durian mungkin itu yang membuat sirsak di namankan durian belanda.

Syarat Tumbuhan
Tanaman sirsak dapat tumbuh dengan ketinggian antara 300-1000 di atas permukaan laut.Tanaman tumbuh dengan baik pada tanah subur,gembur dan banyak mengandung bahan organik.mempunyai curah hujan yang baik dan juga terkena matahari yang sangat cukup.Dapat di budidayakan di lahan luas dan sempit,tergantung dengan pemeliharaan.

Pembibitan Tanaman
memilih bakal sirsak sebaiknya di perbanyak dengan okulasi,agar menghasilkan buah yang sangat berkualitas.Bibit yang di gunakan berupa bibit yang sehat,kuat dan kokoh,tidak di serang hama dan penyakit,serta tidak cacat.

Pengelolahan Media Tanam
Pengelolahan media tanam sangat penting bagi pertumbuhan tanaman sirsak,lahan yang di gunakan harus bersih dari tanaman lain,tidak ada tunggul yang menggangu dan juga bebas dari tanaman liar yang ada di sekitar.Dalam pengelolahan tanah yang baik harus memperhatikan langkah-langka berikut ini:

Area yang di gunakan harus bersih,dan juga lakukan pengemburan dengan cara membajak atau mencangkul terlebih dahulu.lau berikan pemupukan dasar berupa pupuk kandang atau kompos,hingga merata Setelah itu buatlah lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm dan berikan pupuk kandang yang telah matang.Diamkan juga 1-2 minggu.

*Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Jeruk Agar Hasil Melimpah

Penanaman Tanaman
Siapkan benih yang sudah di okulasi sekitar 2-3 bulan lalu lakukan penanaman dengan membuka polybag atau pembungkusnya dengan pisau dan jangan sampai menyentuh akar lalu tanam dengan jarak 4x4 cm atau lebih.Lalu benamkan tanah yang telah di campurkan oleh pupuk kandang di dalam lubang yang sudah di tanam sirsak,lalu siram hingga basah.

saat penanaman ini sebaiknya di lakukan pada awal musim hujan yaitu pada saat pagi dan sore hari.

Perawatan pohon
Pada saat merawat pohon sirsak hendaknya di lakukan dengan cara penyulaman,pengairan,pemupukan,pemangkasan,sanitasi dan pengendalian hama dan penyakit.

Penyulaman
Penyulaman ini di lakukan dengan cara mengantikan tanaman yang tidak tumbuh atau mati di lahan dengan mengantikan yang baru.Di lakukan enam minggu setalah masa tanam.

Pengairan atau penyiraman
Tanaman sirsak memerlukan penyiraman secukupnya,ialah di lakukan dengan 2 kali dalam 1 hari.bila musim hujan lakukan pengurangan penyiraman.

*Baca Juga Cara Jitu Budidaya Tanaman Mangga

Pemupukan
Tanaman sirsak membutuhkan pemupukan yang rutin bertujuan untuk menyuburkan tanah, menormalkan pH tanah dan mempercepat pembuahan.Pupuk yang di gunakan yaitu pupuk kompos,Urea,TSP,Zat Kapur dan juga lainnya tergantung dengan kondisi tanah yang di gunakan.

Pemangkasan
Pemangkasan pada tanaman sirsak ternyata sangat penting untuk menghambat pertumbuhan hama penyakit serta dapat mempercepat dalam pembuahan.

Sanitasi Lahan
Sanitasi sangat penting bagi setiap tanaman yang dapat di lakukan dengan menjaga, mengawasi dan juga mengontrol lahan agar terhindar dari tanaman liar,gulma dan juga hama dan penyakit yang akan menyerang.

Pengendalian Hama dan Penayakit
Biasanya hama yang sering menyerang tanaman sirsak berupa kutu sisik yaitu menyerang pada bunga,daun dan batang yang membuat tanaman ini tidak tumbuh dan berbuah dengan baik. Pengendalian hama ini dapat di lakukan dengan dua cara yaitu secara alami dengan memanfaatkan musuh alami berupa cendawan parasit Cephalosporium lecanii. Sedangkan secara kimia melakukan penyemprotan insektisida sesuai dengan dosis yang di tentukan.namun,penyakit yang sering menyerang tanaman sirsak berupa antraknosa yang sering menyerang pada buah dan membuat buah akan jatuh dan busuk. Pengendalian hama ini di lakukan dengan cara sanitasi dan penyemprotan fungisida dengan tepat.


Panen dan Pasca Panen
Pemanenan sirsak sangat cepat jika pemeliharan,perawatan dan juga pertumbuhannya sangat cepat.Buah sirsak dapat di panen 6-8 bulan jika melakukan perbanyakan dengan okulasi atau percangkokan.memanen ini di lakukan dengan cara memetik langsung di tangkai atau buah,dengan tanda buah berwarna hijau tua,kekuningan dan juga tangkainya sudah mengering.

Kami CV. Lim Corporation menyediakan paranet berkualitas. Untuk info harga Paranet ter update kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya hubungi : 085233925564 – 081232584950 – 087702821277 (SMS/CALL/WA).

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama