Tips Cara Mengatasi Penyakit Bercak Pada Kacang Hijau!!

Jual Paranet Murah Best Quality - Lim Corporation

 Bercak daun merupakan penyakit utama pada kacang hijau. Kehilangan hasil akibat penyakit bercak daun pada kacang hijau bisa mencapai 60 persen. Penyebaran penyakit ini melalui angin, percikan air, alat-alat pertanian, ternak, dan pakaian.

Perkembangan penyakit didukung oleh kelembapan tinggi (banyak terjadi pada musim hujan), suhu sejuk (20—24°C), dan keadaan tanaman yang kurang subur. Intensitas bercak daun meningkat pada saat polong mulai berisi. Inang lain dari penyakit bercak daun adalah kacang panjang (Vigna unguiculata), kacang bogor (Vigna subterranea), kacang koro (Canavalia ensiformis), dan koro pedang (Canavalia gladiata).

BACA JUGA:
Penyakit bercak daun disebabkan oleh cendawan Cercospora canescens dan Cercospora cruenta, tetapi C. canescens lebih banyak ditemukan di lapangan. Gejala penyakit bercak daun antara lain daun terdapat bercak berwarna cokelat atau cokelat kemerahan, serta berbentuk bulat atau tidak teratur yang pusatnya kelabu atau putih.

Cendawan Cercospora canescens mempunyai konidium hialin, berbentuk jarum, atau gada dengan ujung runcing, serta mempunyai banyak sekat. Tangkai konidium (konidiofor) membentuk berkas, dengan warna agak cokelat.

  • Pemanfaatan pestisida nabati lengkuas (LECER)
Salah satu cara pengendalian penyakit bercak daun adalah dengan penyemprotan pestisida nabati lengkuas atau disebut LECER (Lengkuas untuk Cercospora). Lengkuas (Alpinia galanga L.) merupakan anggota familia Zingiberaceae.

Rimpang lengkuas memiliki berbagai khasiat di antaranya sebagai antijamur dan antibakteri. Lengkuas mengandung bahan aktif Sineol, Pipena, Kamfor, dan Metil Cinamat yang berperan sebagai antibiotik. 


  • Kelebihan pestisida nabati LECER

Pestisida LECER memiliki beberapa kelebihan antara lain bahan baku lengkuas mudah diperoleh, mudah dan sederhana pembuatannya, tidak mencemari lingkungan, tidak meninggalkan residu di dalam tanaman, serta tidak menimbulkan resistensi terhadap cendawan penyebab bercak daun.
Cara pembuatan pestisida nabati LECER

Rimpang lengkuas dibersihkan dan dikupas, 400 gram (4 ons) lengkuas diiris-iris dan diblender, kemudian disaring. Ditambahkan air hingga mencapai 4 liter ke dalam filtrat larutan, volume tersebut ditambah hingga mencapai satu tangki alat semprot 12 liter.

  • Aplikasi dan efektivitas pestisida nabati LECER

Penyemprotan ekstrak lengkuas pada umur 4, 5, 6, dan 7 minggu setelah tanam. Aplikasi pestisida nabati ini dapat menekan intensitas penyakit bercak daun pada kacang hijau sebesar 60 persen.

Jual Paranet Murah Bermerk
* Ingin info lengkap mengenai harga Paranet silakan klik tautan berikut ini http://bit.ly/hargaparanet

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Paranet untuk peneduh tanaman atau untuk pelindung tanaman dari hama atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service :
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Minimal order 5 roll
– harga netto (non PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama