Raja di Antara Pisang: Menyingkap Fakta Unik Pisang Raja

 

Pisang Raja

Pisang, buah yang mudah didapat, serba guna, dan kaya nutrisi ini sudah lama menjadi favorit di seluruh dunia. Namun, tahukah Anda di antara ratusan varietas pisang, ada yang dinobatkan sebagai "raja"? Dialah Pisang Raja, primadona asal Asia Tenggara yang memiliki segudang fakta unik. Mari kita kupas lebih dalam tentang buah yang istimewa ini.

Baca Juga:

Si Raja yang Gagah dan Berbuah Melimpah

Pisang Raja dikenal dengan sosoknya yang gagah. Batangnya bisa mencapai ketinggian 4-5 meter dengan daun yang lebar dan besar. Kegagahan ini diimbangi dengan produktivitasnya yang tinggi. Tandan buah Pisang Raja bisa mencapai panjang 1 meter dan berisi 10-20 buah pisang. Masing-masing buah berukuran besar, bisa mencapai panjang 30 cm dan berat 200-250 gram. Ini menjadikan Pisang Raja sebagai salah satu varietas pisang terbesar yang dibudidayakan.

Beragam Wajah sang Raja: Pisang Raja Bulu dan Raja Nangka

Meskipun sama-sama bergelar "Raja", Pisang Raja memiliki beberapa varietas dengan ciri khas tersendiri. Yang paling populer adalah Pisang Raja Bulu. Sesuai namanya, kulit buah Pisang Raja Bulu berwarna hijau dengan bintik-bintik hitam atau bulu halus. Daging buahnya berwarna kuning keemasan, bertekstur lembut, dan memiliki rasa yang manis legit

Varietas lain yang tak kalah menarik adalah Pisang Raja Nangka. Dinamakan demikian karena aroma dan tekstur daging buahnya yang sedikit mirip dengan nangka. Kulit Pisang Raja Nangka berwarna hijau kekuningan dan daging buahnya berwarna kuning pucat.

Dari Hijau Muda ke Kuning Cerah: Perjalanan Pisang Raja Menuju Kematangan

Pisang Raja dipanen saat buahnya masih berwarna hijau muda dengan sedikit semburat kuning. Hal ini karena pisang termasuk buah klimakterik, yaitu buah yang terus matang setelah dipanen. Selama proses pematangan, kulit Pisang Raja akan berubah warna menjadi kuning cerah dengan bintik-bintik coklat. Semakin matang, tekstur daging buahnya akan semakin lembut dan rasanya pun semakin manis.

Lebih dari Sekedar Manis: Kandungan Nutrisi yang Melimpah

Pisang Raja tak hanya memanjakan lidah dengan rasanya yang manis. Buah ini juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Dalam 100 gram Pisang Raja, terkandung:

Kalori: 120 kalori (sumber energi yang baik)

Karbohidrat: 31,8 gram (sumber energi utama tubuh)

Serat: 5,3 gram (menjaga kesehatan pencernaan)

Kalium: 422 mg (menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah)

Vitamin B6: 0,34 mg (penting untuk metabolisme dan fungsi syaraf)

Vitamin C: 8,7 mg (menjaga daya tahan tubuh)

Bukan Hanya Dimakan Mentah: Ragam Kuliner Pisang Raja

Pisang Raja serba guna dan dapat dinikmati dalam berbagai olahan. Cara paling sederhana tentu saja dimakan langsung saat sudah matang. Namun, ada banyak kreasi kuliner lezat yang bisa dibuat dari Pisang Raja, di antaranya:

Goreng Pisang: Pisang Raja yang dibalur tepung terigu kemudian digoreng hingga garing. Camilan ini sangat populer di Indonesia.

Pisang Bakar: Pisang Raja dibakar dengan kulitnya hingga matang. Tekstur daging buah menjadi lebih lembut dengan aroma khas yang menggoda.

Kolak Pisang: Pisang Raja dimasak dengan santan, gula merah, dan daun pandan. Hidangan manis yang nikmat disajikan hangat atau dingin.

Keripik Pisang: Pisang Raja diiris tipis kemudian digoreng hingga kering dan renyah. Camilan praktis yang tahan lama.

Selai Pisang: Daging Pisang Raja yang sudah matang dihaluskan menjadi selai yang nikmat untuk roti atau isian kue.

Dari Kebun ke Meja Makan: Perjalanan Pisang Raja

Pisang Raja umumnya ditanam di daerah tropis dan subtropis dengan iklim hangat dan lembab. Setelah ditanam, pohon Pisang Raja membutuhkan waktu sekitar 10-14 bulan untuk berbuah. Tandan pisang kemudian dipanen dan diangkut ke tempat pengemasan.

Paranet Murah
Gunakan Sekarang Juga! Klik disini untuk Info Lebih Lanjut

Untuk memperpanjang masa simpan, Pisang Raja biasanya dipanen saat masih muda. Pisang selanjutnya akan dimatangkan secara buatan menggunakan gas etilen. Setelah matang dan melalui proses sortir, Pisang Raja siap didistribusikan ke pasar dan supermarket.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama