Kamis, 23 Juni 2016

Cara Beternak Ayam Kalkun



Budidaya ayam kalkun yang baik dan benar dengan ayam kalkun yang berkualitas dan hasil produksi ayam kalkun yang melimpah, ayam kalkun pertamakali di temukan di Amerika yang tadinya hidup liar dengan seiringnya jaman lama kelamaan ayam kalkun di budidayakan mulai dari yang tadinya liar kemudian di karangtina, kita akan mencobanya dengan melihat habitat aslinya sehingga cara ini akan memiliki kemungkinan ayam kalkun dapat tumbuh.

Saya memiliki ayam kalkun di rumah 1 jodo dan alhamdulilah sekarang berkembang pesat, kalau anda tertarik dengan peluang usaha ini mari kita bahas.

Alasan kenapa berbudidaya ayam kalkun karena ayam kalkun  sangat enak dagingnya dan dagingnya ini sangat mahal mungkin itu alasan kenapa seluruh dunia membudidayakan ayam kalkun ini. Di luar negeri, kalkun menjadi makanan favorit jika sedang ada acara seperti pesta tapi mungkin untuk di Indonesia masih belum begitu populer jadi ada kemungkinan anda saat ini membudidayakan nya dan tahun yang akan datang anda menjadi pengusaha sukses dari ayam ini karna di perkirakan peluang bisnis ayam kalkun di indonesia akan heboh karena ada pasaran internasional dan pasar asean yang nantinya kalkun dijadikan sebagai bahan makanan. Kalkun merupakan sejenis ayam yang berukuran cukup besar dan juga memiliki bentuk tubuh unik karena ayam kalkun indah corak bulunya.



Cara Beternak Kalkun
1. Pemilihan bibit
Ayam kalkun di pilih dengan sebaik mungkin agar perkembangannya baik, kita pilih ayamkalkun yang bertekstur tubuh tegap dan tidak ada cacat, tujuanya agar anakan dan si kalkun itu bagus, di sarankan ayam kalkun membeli bibitan yang tadinya sudah di budidayakan tujuanya agar tidak lama menesuaikan habitat yang baru jadi gampang untuk di sesuaikan oleh ayam kalkun.

2. Pemilihan Lokasi Ternak
Lokasi peternakan yang strategis akan menjamin keberhasilan dalam usaha ternak kalkun. usahakan tempat ternak kalkun jauh dari keramaian untuk menjaga kenyamanan kalkun dan ayam kalkun tidak setres. Dan menjaga dari hama tangan atau orang - orang pencuri karena ayam kalkun sangat mahal harganya maka hati - hatilah takutnya ada mencuri ayam ini karena saya sudah mengalaminya.

3. Kandang Ayam Kalkun
Sebenarnya ayam kalkun tidak jauh berbeda dengan ayam lainya kalkun juga memerlukan kandang yang bisa ia gunakan sebagai tempat untuk tinggal dan melindungi. Kandang kalkun tidaklah memerlukan kandang yang rumit, cukup dengan adanya pembatas seperti pagar dan juga atap untuk berteduh serta tempat untuk kalkun berkeliaran, hal ini di lihat dari habitat aslinya yang di alam liar mereka suka gaya hidup yang memrlukan lahan yang luas untuk mereka berkeliaran.

Selain itu kandang harus benar benar di pastikan terkena cahaya matahari langsung. Selain itu kebersihan kandang juga perlu di jaga untuk menghindarkan kalkun dari berbagai macam penyakit dan hama.setelah itu kita tinggal buat tempat makan dan tempat minum kalkun yang adil ya buatnya, tujuanya agar ayam kalkun rukun tidak berkelahi ketika makan dan minum.

4. Pemberian Pakan
Pakan ayam kalkunpun tidak jauh berbeda dengan ayam lain cuman bedanya munkin dari forsi makan.

Kita harus cermat dalam memberikan pakan biasanya pemberian pakan yang baik di berikan pada pagi hari, siang dan sore hari. Dari pada kita beli mahal - mahal pakan di toko ternak mending kita buat pakan sendiri, bahanya adalah dari sisa - sisa makanan yang di rumah, kan sayang kalau misalkan di buang percuma mendi di kasih kalkun kita, trus untuk makanan tambahanya kita cari keong, tutut danlainya trus kita tumbuh sampe ancur, setelah di tumbuk kita campurkan dengan dedak dan nasi sisa , siram dengan air panas lalu kasihkan deh ke kalkun.

Kalau anda gak mau ribet itu ini tenang ada kok solusinya kita bisa beli suplemen dari toko ternak terdekat yang berbentuk kemasan yang siap saji, kalau untuk koposisinya tenang jangan kawatir di dalam nutrisi tambahan ini sama lengkapnya kok. Tips nya kita harus  jeli dengan memberikan pakan terkadang forsi makan anak kalkun banyak  orang memberikan banyak mungkin tujuanya agar ayam kalkunya cepat besar tapi bukanya habis tuh pakan malah nyisa, akhirnya sisa makanan kalkun busuk dan jadi sarang bakteri jahat yang menerang kalkun kita. Kebanyakan dari tubuh kalkun berisi air seperti kita hampir kurang lebih 70% air jadi jangan telat juga kasih air minumnya usahakan letak antara makanan dan minuman kalkun saling berjauhan hal ini untuk menjaga kebersihan minuman agar tidak tercampur dengan makanan kalkun.


5. Pemberian vaksin
Untuk menjaga kesehatan kalkun, kita harus memebri ayam kalkun suplemen atau vitamin dan juga vaksin agar ayam kalkun tidak mudah terkena penyakit. pemberian vitamain dan vaksin dapat dilakukan setiap satu atau dua bulan sekali. Semakin kita sering memvaksin maka semakin bagus juga namun jangan berlebihan juga yah.

6. Senitasi kandang
Setelah pemeliharaan berjalan dengan lancar tinggal kita senitasi kandang tujuanya agar kebersihan kandang tetap terjaga kebersihanya, tujuanya adalah ayam kalkun terhindar dari hama dan penyakit akibat kandang tidak bersih. Pada tahun 2003 - 2010 unggas sangat heboh dengan adanya flu burung karena senitasi kandang di lakukan dengan tidak benar. Kita ketahui bahwa ayamkalkun termasuk jenis unggas, maka harus teliti dan telaten membudidayakanya.

Info Update Harga Paranet Cek Disini

Kesimpulanya sebenarnya ayam kalkun dengan kualitas yang baik sangat mudah apabila kita terampil membudidayakannya selain mahal harganya kita melihat peluang usaha didalamnya yang mungkin di tahun depan ayam kalkun meledak pemasaranya. Terimakasih ats kunjungan anda  selamat mencoba di rumah semoga ayam kalkun anda sehat dan berhasil.

Baca Juga :
Langkah Pembenian Bibit Jabon Dengan Mudah
~Pentingnya Naungan Untuk Tanaman

Menyediakan paranet/shading net untuk atap peneduh tanaman, harga lebih MURAH,kwalitas awet. Paranet biasa digunakan untuk atap pada green house, misalnya pada budidaya tanaman sayur, tanaman hias, dan bunga. Bisa juga dipakai untuk peneduh kolam ikan, dll. Ready stock paranet daya serap 60%,65% dan 75% ukuran 3x100 meter bahan plastik. Untuk info pemesanan paranet silahkan sms/call  0812.3258.4950 - 0852.3392.5564. Info selengkapnya silahkan klik www.paranet99.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar