Selasa, 11 Juli 2017

Cara Tepat Memasang Paranet


Paranet merupakan jala plastik yang biasa digunakan untuk memberi naungan bagi tanaman. Paranet dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima tanaman dan juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Tanaman yang di tempatkan di bawah paranet biasanya merupakan tanaman yang baru mengalami stres atau memang secara budi daya membutuhkan intensitas cahaya yang rendah.

*Baca Juga : Jual Paranet atau Shading net Untuk Pertanian

Membuat rumah teduh untuk tanaman dari paranet
Bahan untuk membuat:
  • Paranet dengan kerapatan sesuai dengan kebutuhan Anda. Kerapatan yang bisa dipilih biasanya paranet dengan kerapatan 65%-85%.
  • Batang besi, kayu serta bambu sebagai kerangka maupun sebagai tiang penyangga.
  • Kawat atau bahan lainnya untuk mengikat paranet pada kerangka.
Cara memasang:

♦  Dirikan 4 tiang penyangga sebagai rangka penahan lalu hubungkan satu dengan lainnya sehingga membentuk bentuk kubus atau segiempat jika dilihat dari atas. Tinggi serta panjang kerangka dapat juga disesuaikan dengan kebutuhan serta area yang akan dipakai. Model rangka dapat dibuat sesuai seperti apa yang anda hendak buat. Namun, usahakan se bisa mungkin pada setiap sisi (tepi pinggir) bagian atas area yang hendak dinaungi terpasang rangka besi.

♦  Setiap ujung tiang di bagian atas harus terhubung dengan batang besi yang melintang secara horizontal/mendatar. Ini dilakukan karena jika tanpa adanya batang besi yang menyambung kan empat titik bagian atas setiap tiang tersebut, konstruksi ke-empat tiang penyangga akan menjadi rapuh saat menahan tekanan yang dihasilkan dari paranet. Jika tidak adanya batang besi yang menyambung, kemungkinan berisiko salah satu atau keempat tiang menjadi bengkok / patah saat paranet dihempas angin kencang.

♦  Standar luas bidang segi empat untuk rangka bagian atas ialah (idealnya)  9 m² (3 x 3) serta / atau maksimal 16 m² (4 x 4). Jika ukuran panjang serta / atau lebar lebih dari 3 – 4 meter, usahakan untuk membaginya. Contohnya, jika bidang segiempat yang hendak ditutup berukuran 3 x 6, maka di bagian tengah dari panjang 6 meter tadi dipasangi satu tambahan batang besi sebagai penyangga. Sehingga bidang segiempat terbagi menjadi 3 x 3 + 3 x 3.

♦  Disarankan supaya tidak membuat rangka segiempat dengan panjang lebih dari 3 meter tanpa membaginya. Karena cukup berbahaya dari model rangka seperti itu tanpa membaginya dalam menghadapi hempasan angin. Bukan berarti tidak bisa dibuat, Ini ditujukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

*Baca Juga : Mengenal Berbagai Macam Jenis Paranet/Shading Net

♦  Setelah rangka penahan terpasang, pasang paranet lalu buat pengait berbahan kawat ikat ukuran 14 yang diletakkan pada keempat sudut rangka bagian atas. Kaitkan setiap sudut paranet pada masing-masing kawat pengait yang sudah dipasang di setiap sudut kerangka. Jika bagian tengah paranet agak kendur, cukup kencang kan bagian sisinya saja (bukan sudut) dengan mengikatnya pada kerangka besi bidang segiempat bagian atas hingga posisi paranet terlihat lumayan rata.

♦  Apabila hamparan paranet terlihat kendur (terasa kendur saat ditarik), Anda dapat mengencangkan nya. Teknik mengencangkan paranet lebih baik dilakukan agak kendur, jangan menarik keempat sisinya terlalu kuat. Ini berfungsi mengurangi kemungkinan jika paranet sobek saat ada terpaan angin yang kencang. Upayakan untuk selalu mengaitkan tambang plastik maupun paranet pada pengait yang terbuat dari kawat ikat.

♦  Jauhi cara mengikat langsung pada besi siku berlubang, karena bisa membuat ikatan lebih gampang putus karena gesekan antara tambang plastik dengan besi siku yang terjadi setiap kali paranet tertiup terpaan angin serta hujan.

Kami CV. Lim Corporation menyediakan paranet berkualitas. Untuk info harga Paranet ter update kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya hubungi : 085233925564 – 081232584950 087702821277 (SMS/CALL/WA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar