Senin, 18 September 2017

Manfaat & Syarat Tumbuh Budidaya Jambu Mete


Jambu monyet atau jambu mede (Anacardium occidentale) merupakan jenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dari Brasil dan memiliki "buah" yang dapat dimakan. Yang lebih terkenal dari jambu mede adalah kacang mede, kacang mete atau kacang mente; bijinya yang biasa dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan berbagai macam penganan. Menurut botani, tumbuhan ini sama sekali bukan anggota jambu-jambuan (Myrtaceae) maupun kacang-kacangan (Fabaceae). Jambu mete mempunyai puluhan varietas, di antaranya ada yg berkulit putih, merah, merah muda, kuning, hijau kekuningan & hijau.
  • Kandungan Kimia Jambu Mete
Kemampuan jambu mete sebagai obat tidak lepas dari kandungan kimia yang ada di dalamnya. Setiap bagian tanaman tentunya memiliki khasiat dan kandungan yang berbeda.
    - Kulit Kayu. Mengandung tannin, zat samak, asam galat dan gingkol katekin.
    - Daun. Mengandung tannin-galat, flavonol, asam anakardiol, asam elegat, senyawa fenol, kardol, dan metal kardol.
    - Buah. Mengandung protein, lemak, vitamin (A,B dan C), kalsium, fosfor, besi, dan belerang.
    - Pericarp. Mengandung zat samak, asam anakardat, dan asam elegat.
    - Biji. Mengandung 40-45 % minyak dan 21% protein.
    - Minyaknya. Mengandung asam oleat, asam linoleat, dan vitamin E.
    - Getah. Mengandung furfural.

Baca Juga :
Cara Mudah Budidaya Tanaman Buah Kiwi
Tips Cara Budidaya Kopi Robusta Supaya Berbuah Lebat
Inilah Syarat Tumbuh Untuk Menanam Pohon Buah Manggis Dengan Tepat
Cara Budidaya Ikan Hias Dengan Benar
  •  Beberapa manfaat dari jambu mete, antara lain untuk :
1. Mencegah penyakit anemia
Anemia yang menyerang tubuh Anda akan membuat badan Anda mudah lelah karena kekurangan sel darah merah sebagai penguat tubuh. Jambu monyet punya kandungan zat besi yang cukup untuk menambah produksi sel darah merah.

2. Penangkal radikal bebas

Hal ini karena buah mete memiliki vitamin C dan fungsi anti oksidan yang baik untuk dicerna tubuh sebagai pelindung dari radikal bebas.

3. Obat rematik

Rematik merupakan penyakit yang dihasilkan dari meradangnya bagian tubuh. Khasiat jambu monyet untuk penyakit rematik adalah sebagai obat yang meredakannya.

4. Obat radang tenggorokan

Radang tenggorokan dapat mengganggu anda saat makan dan berbicara secara terus terusan apabila tidak segera anda obati. Untuk mengobatinya, anda bisa membuat jus dari buah jambu monyet kemudian dikonsumsi setiap hari dengan teratur.

5. Melindungi tubuh dari kanker

Kandungan nutrisi seperti vitamin, serat, serta mineral yang terkandung dalam kacang mede telah dipercaya mampu mempromosikan kesehatan tubuh manusia yang pada akhirnya akan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit berbahaya seperti kanker.

6. Mengatasi sembelit

Sembelit merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan anda. Akibatnya yaitu Anda sering kesulitan BAB. Manfaat jambu monyet untuk pencernaan anda yaitu dapat melancarkan BAB, sehingga anda tidak perlu mengidap penyakit sembelit lagi.

7. Mencegah penyakit jantung

Jantung yang sehat perlu dijaga sejak dini, tidak perlu menunggu sampai Anda menua dan mengidap penyakit jantung yang kronis. Anda hanya perlu mengonsumsi buah jambu monyet untuk menyehatkan organ jantung dalam tubuh.

8. Mengobati Kutil

kutil merupakan suatu masalah kesehatan pada kulit yang disebabkan oleh virus. Dan salah satu alternatif untuk mengobatinya yaitu dengan menggunakan minyak atau ekstrak kulit buah jambu mete.

9. Menurunkan Kadar Kolesterol
Hal ini dikarenakan pada jambu mete ini mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik bagi kesehatan, terutama dalam mencegah kolesterol tinggi.

10. Mengatasi Sariawan
Jambu mete dapat mengatasi sariawan, karena kandungan vitamin C-nya. Seperti yang telah diketahui bahwa sariawan terjadi akibat kesehatan mulut yang kurang terjaga dan kurangnya asupan vitamin C.
  • Syarat tumbuh jambu mete.
Iklim

    - Tempatkan tanaman jambu mete di area yang terkena sinar matahari, karna tanaman jambu mete suka terhadap sinar matahari. Semasa tanaman jambu mete kekurangan sinar matahari, maka produktivitasnya akan menurun atau tidak akan berbuah bila dinaungi tanaman lain.
    - Suhu harian di sentra penghasil jambu mete minimun antara 15-25°C & maksimun antara 25-35°C. Tanaman ini akan tumbuh baik & produktif bila ditanam pada suhu harian rata-rata 27°C.
    - Jambu mete paling cocok dibudidayakan di daerah-daerah dgn kelembaban nisbi antara 70-80%. Akan tetapi tanaman jambu mete masih dpt bertoleransi pada tingkat kelembaban 60-70%.
    - Dalam penyerbukan putik pada bunga jambu mete angin tidaklah berperan yang berperan adalah serangga karena serbuk sari jambu mete pekat & berbau sangat harum.
    - Daerah yg paling sesuai untuk budi daya jambu mete ialah di daerah yg mempunyai jumlah curah hujan antara 1.000-2.000 mm/tahun dgn 4-6 bulan kering (<60 mm).


Media Tanam

    - Jenis tanah paling cocok untuk pertanaman jambu mete adalah tanah berpasir, tanah lempung berpasir, & tanah ringan berpasir.
    - Jambu mete sangat cocok ditanam dengan tanah ber pH antara 6,3 - 7,3, namun juga cocok apabila dengan tanah ber pH antara 5,5 - 6,3.

Ketinggian Tempat


Tanaman jambu mete dapat tumbuh di Indonesia dengan ketinggian tempat 1-1.200 m dpl. Batas optimum ketinggian tempat hanya sampai 700 m dpl, kecuali untuk tujuan rehabilitasi tanah kritis

CV. LIM CORPORATION menyediakan paranet nilon murah berkualitas, untuk info harga paranet klik DISINI pemesanan hubungi kami di SMS/Call/WA : 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277.

Demikian artikel tentang " Manfaat & Syarat Tumbuh Budidaya Jambu Mete " Terima kasih sudah berkunjung di blog kami semoga artikel ini bermanfaat :)...






Tidak ada komentar:

Posting Komentar