Minggu, 29 April 2018

Khasiat Tersembunyi Daun Saga Rambat


Daun saga rambat
adalah salah satu tumbuhan liar yang dapat kita temukan di pinggiran jalan atau di pekarangan rumah. Daun saga rambat memiliki nama ilmiah (Abrus Precatoruis), karena naman yang sama terkadang orang masih rancu antara daun saga rambat dan pohon saga (Adenanthera Pavonina). Hal ini sebenarnya disebebkan karena orang-orang pada umumnya menyebut kedua tumbuhan tersebut dengan nama saga saja, disisi lain tidak banyak orang yang tahu persis mengenai manfaat daun saga rambat. Entah karena mereka tidak tahu atau memang dianggap menggangu, daun saga rambat ini sering dibabat habis atau bahkan dibakar. Saga rambat termasuk jenis tanaman gulma dan tumbuh secara liar. Daun saga rambat dianggagap mengganggu tanaman yang sengaja ditanam maupun karena merusak keindahan. Khasiat daun saga rambat diantaranya adalah untuk mengobati sariawan dan penyakit lainnya. Namun alangkah lebih baik jika sebelum menghilangkan atau menganggap sesuatu tidak berharga, kita cari tahu terlebih dahulu kegunaan dari sesuatu tersebut. Seperti halnya daun saga ini, ternyata daun saga memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan manusia.

1. Mengobati Sariawan
Sariawan memang tidak tergolong penyakit yang berbahaya, tapi jelas sariawan adalah penyakit yang cukup menyebalkan. Sariawan atau yang dalam dunia kedokteran disebut stomatitis adalah radang pada selaput mulut bagian dalam yang menyebabkan bercak luka cekung berwarna putih yang rasanya luar biasa perih. Rasa perih inilah yang menyebalkan karena membuat penderitanya biasanya susah bicara atau mengunyah makanan. Daun saga terkenal ampuh meredakan sariawan jika dikonsumsi dengan benar dan teratur. Caranya, ambil beberapa helai daun saga lalu jemur hingga layu. Kunyah langsung daun saga tanpa ditelan. Jangan khawatir daun saga aman dikonsumsi dan rasanya pun manis. Selain itu ada cara kedua yaitu membuat obat kumur alami dengan air rebusan daun saga. Rebus 10 gram daun saga dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Saring dan gunakan air rebusannya untuk berkumur 2-3 kali sehari.

2. Meredakan Radang Amandel
Radang amandel adalah pembengkakan amandel/tonsil yang berada di kerongkongan karena kuman atau virus. Biasanya penyakit ini menyerang anak-anak, namun bisa juga dialami oleh orang dewasa. Gejalanya diawali dengan demam, panas tinggi, batuk & flu, sakit tenggorokan serta pembengkakan pada amandel. Untuk meredakannya, kali ini kita bisa memanfaatkan akar daun saga. Caranya, ambil dan cuci akar saga secukupnya. Kemudian rebus dengan 5 gelas air bersama satu potong kayu manis dan gula batu secukupnya sampai mendidih. Ketika air sudah berkurang setengahnya saring dan minum air rebusan tersebut 2 kali sehari pagi dan sore.

3. Mengatasi Peradangan Mata
Radang mata biasanya ditandai dengan rasa gatal, pedih dan pegal di area mata kemudian disusul dengan pembengkakan. Daun saga juga dikenal efektif untuk mengatasi peradangan mata. Caranya sangat sederhana: ambil beberapa helai daun saga secukupnya dan giling hingga halus. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan beruap. Kumpulkan uapnya dan gunakan sebagai obat tetes mata.

4. Meredakan Panas Dalam
Salah satu tanda panas dalam adalah sariawan, tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah. Berhubung di atas tadi sudah dijelaskan bahwa daun saga dipercaya ampuh meredakan sariawan, sekarang kita akan mempraktekkan cara meredakan panas dalam dengan rebusan daun saga. Ambil kira-kira 10-15 tangkai daun saga, lalu cuci sampai bersih. Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan air hanya tersisa setengahnya. Tunggu hingga mendingin lalu saring dan minum secara teratur 1 kali sehari untuk meredakan panas dalam.

5. Mengobati Batuk Kering
Batuk kering atau batuk tidak berdahak juga penyakit yang bisa jadi cukup mengganggu. Memang banyak obat batuk khusus untuk batuk kering, tapi kebanyakan dari obat-obat itu bisa menimbulkan kantuk dan tentunya akan semakin menghalangi rutinitas. Tak ada salahnya mencoba resep alami obat batuk kering dengan tiga bahan yaitu: daun saga, daun asam dan kayu manis. Caranya, ambil beberapa helai daun saga dan daun asam secukupnya kemudian cuci sampai bersih. Rebus kedua bahan tersebut dengan sepotong kayu manis sampai mendidih. Minum air rebusan ketiga bahan tersebut sebanyak 2 kali sehari dengan takaran 1/2 gelas sekali minum untuk mengobati batuk kering.

6. Mengobati Tekanan Darah Tinggi/Hipertensi
Daun Saga juga diketahui sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi seseorang. Siapkan bahan-bahannya yaitu: 10 helai daun saga rambat, daun selamagi, daun kejibeling, daun pegagan dan buah waluh putih. Potong-potong buah waluh putih menjadi ukuran yang lebih kecil, masukkan empat gelas air dan rebus semua bahan yang telah disiapkan hingga air hanya tersisa sekitar 2 gelas saja. Minum dan ulangi jika perlu hingga tekanan darah anda benar-benar menurun.


Baca Juga :
Tips Dan Trik Dalam Budidaya Buah Nangka
Inilah Khasiat Yang terkandung Dalam Teh Oolong
Tips Dan Trik Dalam Menanam Bunga Mawar
Inilah Cara Mudah Budidaya Tanaman Oregano Greek
Tips Budidaya Labu Siam Sederhana Untuk Pemula
7. Menjaga Kesehatan Jantung
Sering mengalami jantung berdebar disertai keringat dingin yang mengucur deras? Anda mungkin bisa mencoba terapi kesehatan jantung dengan daun saga. Gejala-gejala gangguan jantung yang anda alami tersebut akan berangsur-angsur hilang. Resepnya adalah: 8 gram daun saga, 10 gram daun sembung dan 5 gram kencur. Rebus ketiga bahan dengan 400 ml air menggunakan api sedang sampai mendidih. Dinginkan dan saring airnya, kemudian minumlah secara rutin untuk jantung yang lebih sehat.

8. Mengobati Penyakit Bronchitis
Penyakit bronchitis biasanya disebabkan oleh asap polusi, debu dan asap rokok. Penderitanya akan sering mengalami batuk-batuk disertai dahak berwarna kemerahan serta sesak nafas terutama setelah melakukan aktivitas berat. Rebusan daun saga segar adalah obat alami untuk menyembuhkan sakit bronchitis. Caranya adalah dengan merebus 15 helai daun saga segar yang baru dipetik dari pohon dengan 500 ml air. Rebus hingga airnya hanya tersisa sekitar 250 ml saja. Cukup minum air rebusan ini 1 kali sehari.

9. Menyuburkan Rambut
Siapa yang tidak ingin punya rambut sehat? Rambut yang sehat serta subur adalah penyempurna penampilan cantik anda. Salah satu khasiat daun saga adalah membantu menyehatkan rambut dan mencegah kebotakan dini. Caranya adalah dengan membuat pasta rambut untuk dioleskan secara rutin pada rambut dan kulit kepala anda. Pertama, siapkan daun saga dan biji saga secukupnya lalu tumbuk hingga halus. Awas jangan sampai tertelan karena bijinya mengandung racun. Seduh dengan air panas sedikit-sedikit hingga mengental dan menjadi bubur. Oleskan ke seluruh rambut, diamkan selama sekitar 10-15 menit dan bilas hingga bersih. Jika digunakan secara rutin rambut anda juga akan menjadi lurus dan berkilau.

10. Mengobati Sakit Kuning
Penyakit ini memiliki ciri fisik yang paling kentara yaitu tubuh penderitanya (terutama kulit dan mata) akan menguning. Hal ini disebabkan kegagalan fungsi hati dalam memproses sel darah merah. Akibatnya terjadi penumpukan zat bilirubin di dalam darah, zat memiliki warna kekuningan. Inilah yang membuat penderita sakit kuning mengalami perubahan warna kulit menjadi kekuningan. Ada obat alami yang ampuh untuk meredakan penyakit kuning ini, yaitu olahan daun saga rebus. Siapkan beberapa helai daun saga, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa hanya 1 gelas. Setelah itu saring air hasil rebusan tersebut dan minum di pagi dan sore hari. Kandungan glukosa dalam daun saga akan memberikan nutrisi tambahan untuk menormalkan kembali fungsi hati.

Demikian artikel tentang daun saga rambat, semoga bermanfaat bagi kita semua :D 

Nantikan artikel selanjutnya Di Sini :D



Paranet merupakan jala plastik yang biasa digunakan untuk memberi naungan bagi tanaman. Paranet dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima tanaman dan juga untuk mengurangi suhu udara disekitar tanaman. Lim Corporation menyediakan paranet dengan daya serap sinar matahari sebanyak 60%, 65%, 75% dan 85%. Segera Pesan Sekarang Sebelum Kehabisan!!!
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya tentang prodak bisa anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat langsung dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#ShadingNet #PeneduhTanaman #PeneduhKolam #ProdusenParanet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar