Rahasia Dari Manfaat Beras Hitam Bagi Kesehatan


      Beras hitam mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Dalam sejarah, beras hitam diduga sebagai makanan para raja dan kalangan atas. Di Cina pernah disebut sebagai beras terlarang (forbiden rice), karena pada masa itu hanya keluarga kerajaan yang boleh mengkonsumsinya. Jenis beras ada tiga, diantaranya beras putih (Oryza sativa), beras merah (Oryza glaberrima) dan beras hitam (Oryza sativa L. indica). Dari ketiga tipe hal yang demikian, beras putihlah yang paling banyak dikonsumsi dan disusul dengan beras merah.

       Masyarakat Indonesia lebih mengenal ketan hitam ketimbang beras hitam, walaupun warnanya sama-sama hitam, beras hitam berbeda dari ketan hitam. Sesudah pula dengan kandungan nutrisi di dalamnya, sifat dan teksturnya mirip dengan beras pada umumnya dibanding ketan. Dari segi rasa, beras hitam sedikit pera tidak begitu “pulen” seperti beras putih. Memasaknya juga diperlukan air yang lebih banyak dan waktu yang lebih lama. Sedangkan matang, beras ini mempunyai wewangian kuat yang menggugah selera makan.

Manfaat Beras Hitam

       Beras hitam adalah bahan pangan, bukan obat. Bisa saja berguna sebagai obat pada kondisi tertentu. Khasiatnya lebih terhadap pencegahan penyakit dari pada mengobati. Manfaat Utama Beras Hitam Diantaranya :

1. Mencegah kanker

       Semakin mencegah kanker karena kandungan antosianin di dalam beras hitam benar-benar tinggi. Bersumber pada banyaknya riset, antosianin termasuk salah satu antioksidan yang benar-benar kuat. Sebagaimana dikenal secara luas, zat antioksidan berperan aktif untuk mencegah penyakit kanker.

2. Mencegah Diabetes

       Tiap kalori beras hitam lebih rendah dibanding dengan tipe beras lainnya, adalah sekitar 362 kcal per 100 gram. Kandungan kalori ini berhubungan erat dengan indeks glikemik, indeks glikemik adalah angka yang menujukkan seberapa besar suatu makanan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah setelah dikonsumsi. Terkait tinggi indeks glikemik, makanan hal yang demikian akan memicu kenaikan gula darah kian tinggi juga. Sehingga beras ini digolongkan sebagai pangan sehat dan disarankan bagi penderita diabetes.

3. Mencegah Penyakit Jantung

       Beras hitam mempunyai kandungan serat yang tinggi. Jenis makanan yang mengandung kadar serat tinggi pasti akan berperan aktif untuk memelihara kesehatan jantung.

Baca Juga : 
   Tips Dan Trik Dalam Budidaya Tanaman Cengkeh
   Teknik Sederhana Dalam Budidaya Daun Kucai
   Metode Sederhana Dalam Budidaya Jeruk Siam 
   Tips Dan Trik Budidaya Durian Tabulampot 
   Terbongkar !! Inilah Penyebab Utama Daun Tanaman Menguning  

 

4. Obat Anemia

       Kandungan zat besi dalam beras hitam mencapai 15,52 ppm. Zat besi adalah salah satu faktor penting dalam penyusunan darah (hemoglobin). Oleh karena itu, makanan yang banyak mengandung zat besi benar-benar disarankan bagi penderita anemia.

5. Anti Aging (Anti Penuaan)

       Jenis dengan kandungan antioksidan yang berfungsi membetuli sel-sel tubuh yang rusak. Sehingga seandainya sel-sel tubuh dapat beregenerasi dengan cepat, maka seseorang akan terlihat lebih bugar dan awet muda.

Karakteristik Beras Hitam

       Tipe beras hitam di Indonesia bersumber dari kultivar yang pelbagai tipe, beberapa petani mendapatkannya dari warisan turun-menurun, beberapa ada yang memurnikannya dari beras hitam yang beredar di pasar. Berikut ini karakteristik beras hitam :
  • Bulir Beras Berwarna Hitam
       Warna hitam pada beras hitam diberi pengaruh oleh aleuron dan komposisi pati dalam endospermia. Aleuron dan endospermia memproduksi antosianin yang menyebabkan warna ungu, karena tingginya kadar antosianin ini warna ungu menjadi menonjol hitam. Antosianin adalah zat antioksidan yang diperlukan sebagai anti kanker.
  • Warna Gabah Melainkan
       Kulit gabah beras hitam konsisten sama coklat seperti padi lazimnya, hanya saja pada saat pengisian bulir padi warna gabah akan menghitam, tetapi akan berubah kembali menjadi coklat seandainya sudah masak, lain dengan ketan hitam yang mempunyai kulit gabah hitam.
  • Tanamannya Berumur Panjang
       Secara lazim kendala pengembangan beras hitam adalah pada umur panen yang panjang bisa mencapai 200 hari. Postur ada juga sejumlah varietas yang sudah genjah/berumur pendek dan bisa dipanen dalam waktu 4 bulan. Tetapi sayang, benih yang seperti begitu masih susah ditemukan dan kalaupun ada, belum tentu stabil.
  •  Tanaman Tinggi
       Tanaman beras hitam lokal nusantara berpostur tegap, tingginya bisa mencapai sampai 2 meter. Postur beberapa persilangan saat ini didapat tanaman yang lebih pendek.


Kami CV. Lim Corporation menyediakan paranet berkualitas. 
Untuk info harga Paranet ter update kami, silahkan klik DISINI
Info selengkapnya hubungi : 
085233925564 – 081232584950 – 087702821277 (SMS/CALL/WA). 


@ULM





Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama