Inilah Rahasia Tanaman Dalam GreenHouse Tidak Mudah Mati



Greenhouse bila diartikan pada buku KBBI artinya yaitu rumah hijau atau rumah tanaman. Sama dengan namanya, greenhouse merupakan suatu tempat yang berbentuk seperti rumah yang ruangannya digunakan khusus untuk menanam tanaman. Tanaman jenis apapun bisa ditanam di dalam greenhouse, tetapi biasanya dikhususkan untuk tanaman yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi seperti sayuran dan tanaman hias.

Greenhouse pada awalnya dikembangkan pada daerah subtropis atau daerah yang memiliki empat musim dan terjadi selama setahunnya. Greenhouse dibuat bertujuan untuk melindungi tanaman dari suhu dingin pada saat musim dingin. Tanaman tak dapat tumbuh dengan baik jika ditanam dengan suhu yang relatif rendah.

Greenhouse pada umumnya dibuat dari bahan kaca atau plastik yang tahan akan cuaca yang dapat tembus oleh sinar matahari. Sinar matahari yang masuk ke greenhouse dapat menaikkan suhu di dalamnya karena panas tak akan mudah keluar dari greenhouse karena adanya kaca tersebut, sehingga meskipun pada musim dingin, tanaman di daerah subtropis tetap dapat tumbuh dengan baik. Seluruh permukaan greenhouse biasanya terbuat dari bahan kaca/plastik yang sama agar mendapatkan suhu panas yang maksimal.

Tetapi bagaimana dengan dareah tropis seperti di Indonesia yang tak memiliki musim dingin, bahkan sinar matahari dapat tersedia sepanjang tahun, apakah greenhouse tepat jika dibuat semuanya dari bahan kaca? Jawabannya sama sekali tidak tepat. Greenhouse dengan seluruh permukaannya terbuat dari kaca jika digunakan di daerah kita malah akan menyebabkan panas berlebih bagi tanaman, dan akhirnya membuat tanaman mati. Greenhouse yang harusnya dibangun adalah yang memiliki sirkulasi udara yang baik, yakni caranya dengan mengganti sebagian bahan kaca dengan bahan tembus udara, salah satunya dengan memakai paranet atau shading net.

Paranet merupakan sebuah jaring yang terbuat dari bahan plastik, nilon, kawat, atau tambang. Paranet pada awalnya difungsikan dalam bidang pertanian untuk mengurangi penyinaran matahari ke tanaman. Namun selain itu, sebetulnya celah dari lubang di jarring paranet ini juga sangat bermanfaat untuk mensirkulasikan udara untuk tanaman.

Baca Juga :

Apabila paranet digabungkan dengan kaca/plastik transparan pada greenhouse akan menjadi gabungan dan bermanfaat yang tepat untuk tanaman, terutama untuk tanaman sayuran. Tanaman sayuran hijau biasanya membutuhkan asupan sinar matahari yang cukup banyak untuk pertumbuhannya dan ini bisa disediakan dengan pemakaian kaca/plastik transparan. Namun, agar suhu di dalam greenhouse tidak terlalu panas, maka dibutuhkan sirkulasi udara yang baik untuk menurunkan suhu greenhouse, dan ini dapat disediakan oleh penggunaan paranet.



Cara tepat menggunakan gabungan antara paranet dengan kaca atau plastik transparan di greenhouse antara lain :

1. Tempatkan pemasangan plastik atau kaca transparan untuk bahan bagian atap greenhouse. Ini dimaksudkan agar sinar matahari bisa maksimal masuk ke dalam greenhouse dan dapat digunakan tanaman untuk berfotosintesis. Sinar matahari yang maksimal akan bermanfaat supaya pertumbuhan bisa optimal.

2. Tempatkan pemasangan paranet untuk bagian dinding greenhouse. Pasangkan paranet pada sekiling greenhouse. Paranet di posisi ini bukan digunakan untuk menahan sebagian sinar matahari, namun untuk memperlancar sirkulasi udara ke dalam greenhouse. Sehingga suhu di dalam greenhouse tidak terlalu panas dan tanaman akan tumbuh dengan baik. Selain itu, paranet bila dipasang sebagai dinding, juga akan menahan serangan hama tanaman seperti belalang, walang sangit, lalat buah, wereng dan hama lainnya.

Nah begitulah cara menggabungkan pemakaian paranet yang tepat untuk greenhouse. Jika Anda ingin tanaman sayuran Anda tumbuh dengan baik, maka Anda harus memanjakan tanaman sayuran Anda, jangan biarkan tanaman Anda terlalu kepanasan, namun jangan biarkan pula tanaman Anda tidak dapat penyinaran, intinya yaitu buat tanaman Anda nyaman. Tanaman sayuran Anda nyaman, keuntungan pun aman. Dan solusi tepatnya adalah gunakan paranet dengan tepat mulai dari sekarang.

Jika Anda membutuhkan Paranet untuk greenhouse dengan harga murah dan terjangkau Anda bisa hubungi kami melalui sms/call pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minimal order 5 roll
– harga netto (non PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama