Tips Jitu Budidaya Jamur Tiram Dirumah Bagi Para Pemula


Membudidayakan Jamur Tiram di rumah sendiri sangatlah gampang dan sangat menjanjikan untuk pemula. Apabila Anda sukses untuk melaksanakan budidaya jamur ini maka dipastikan keuntungan yang diperoleh akan sangat melimpah.

Jamur yaitu salah satu tanaman sehat yang sekarang ini cukup populer untuk dijadikan budidaya. Tanaman ini yaitu salah satu tanaman yang bisa tumbuh dengan media selain tanah. Cara budidaya jamur tiram dan perawatan dari jamur juga tak terlalu sulit jadi cukup cocok untuk dijadikan budidaya. Salah satu jenis jamur yang baik dan gampang untuk dijadikan budidaya yaitu jamur tiram. Jamur ini mempunyai karakteristik jamur yang lebar seperti tiram. Jamur tiram juga mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi jadi baik juga untuk kesehatan. Kemudian bagaimana cara untuk melaksanakan budidaya jamur tiram ini, berikut ini cara membudidayakannya :

1. Pemilihan Bibit


Cara menanam jamur tiram yang wajib diperhatikan yang pertama yaitu pemilihan bibit jamur. Anda wajib memperhatikan kualitas bibit supaya hasil panen yang dihasilkan benar-benar melimpah dan tak mengecewakan. Beberapa petani gagal dalam penanaman jamur tiram karena salah dalam memilih bibit penyebab dari salah bibit ini sendiri bisa berupa gagal panen, jamur tak tumbuh, sampai kualitas dari jamur kurang baik. Untuk membuat bibit yang baik, Anda bisa melaksanakan pembibitan sendiri dengan membibitkan jamur f1. Tak hanya itu, Anda juga mencari bibit dengan kualitas yang terbaik langsung pada petani yang memang sudah sukses atau juga toko bibit yang memang sudah terpercaya.

2. Membuat Media Tanam

Untuk membuat 100kg media tanam untuk jamur Anda pakai 80kg serbuk kayu atau serbu gergaji yang halus, selanjutnya bekatulnya yaitu 15kg dan 15kg untuk kapurnya. Selanjutnya aduk dan campurkan bahan itu sampai semua bahan tercampur secara merata. Sesudah itu, masukkan air sekitar 60% dari jumlah bahan dalam media tanam. Cara menanam jamur tiram yaitu dengan mengetes media tanam apabila sudah bercampur dengan baik. Laksanakan proses pengetesan dengan cara menggenggam media tanam apabila sudah tak ada airnya dan apabila dijatuhkan media tanam tak pecah maka media tanam tersebut sudah siap untuk ditanami jamur. Selanjutnya media tanam difermentasi selama 5-10 hari dalam suhu ruangan sekitar 70%.

Baca Juga :

3. Sterilisasi Media Tanam dan Inokulasi

Sesudah media tanam di fermentasi, jamur tiram dimasukkan ke media tanam dalam plastik polipropilen. Sesudah media dipadatkan sampai membentuk botol atau yang sering disebut baglog. Pada ujung plastik dipasang dengan ring dan kemudian ditutup dengan kapas. Selanjutnya yaitu membungkus baglog untuk sterilisasi dengan memakai drum. Pakailah api dengan panas sekitar 95-110 derajat celcius dalam waktu 10 jam. Sesudah dikukus supaya steril Anda bisa mendinginkan kembali baglog untuk tanaman ini dengan cara didiamkan saja.

4. Inokulasi, Inkubasi, dan Pertumbuhan Jamur Tiram

Sesudah difermentasi baglog harus dipindahkan ke tempat inokulasi. Diamkan baglog selama 24 jam supaya dingin pastikan pula ruangan inokulasi ini dingin. Sesudah itu, masukkan bibit pada baglog caranya yaitu mengambil botol bibit. Selanjutnya ujung botol disemprot alkohol dan dibakar dengan spiritus sampai menyala kemudian matikan kembali. Aduk bibit dengan kawat dan masukkan bibit pada leher baglog sampai penuh dan tutup dengan kapas. Selanjutnya bibit di inkubasi untuk memperoleh miselium. Proses terakhir yaitu memindahkan baglog yang tumbuh miselium pada kumbung. Cara menanam jamur tiram terakhir yaitu dengan memberikan lubang pada baglog untuk tumbuhnya jamur.

Itulah sedikit cara membudidayakan jamur. Mudah bukan untuk membudidayakan jamur ini dengan membudidayakan jamur Anda bisa menghasilkan keuntungan yang cukup banyak.


Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Paranet untuk peneduh tanaman atau untuk pelindung tanaman dari hama atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minimal order 5 roll
– harga netto (non PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama