Ingin Tahu Cara Jitu Melindungi Tanaman dari Hama? Gunakan Paranet Saja

Jaring Pelindung Tanaman (Paranet)

Halo para pembaca setia paranet123.com, selamat pagi dan salam kebaikan bagi kita semua kembali lagi bersama saya sang penulis yang akan membahas seputar dunia pertanian, perkebunan, dan juga perternakan. Beberapa praktisi tanaman pasti mengenali yang namanya green house. Green house atau rumah kaca ialah satu bangunan yang menyengaja dibikin s ebagai ‘rumah' tanaman untuk membuat situasi maksimal yang diperlukan oleh tanaman untuk tumbuh.

Akan tetapi, karena biaya yang cukup mahal untuk membangun sebuah rumah kaca, maka diperlukan alternatif lain untuk menggantikan peranan dari rumah kaca tersebut. Alternatif yang bisa digunakan adalah dengan membangun rumah plastik seperti halnya shading house.

Bagi yang hobi bertani dan berkebun tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya shading house. Shading house adalah rumah naungan buatan yang tidak memiliki dinding dan atap khusus. Bahan untuk bikin shading house ini biasanya memakai net atau jaring.

Net sendiri mempunyai banyak nama dagang, beberapa salah satunya ialah seperti paranet, agronet, multinet, polinet dan sebagainya. Paranet ialah nama dagang net yang sangat terkenal.

Untuk macamnya, paranet dapat dibeda-bedakan menurut ukuran presentasenya. Ada paranet dengan tingakatan persentase 60%, 65%, 75%, sampai 85%. Mengenai tingkatan persentase itu tentukan kerapatan paranet. Contoh yang ukuran 60%, tujuannya ialah sinar/cahaya matahari yang diserap dan dirintangi oleh paranet ialah 60%, jadi sinar yang masuk cuma 40%.

Lebih detilnya, tingkatan persentase dalam paranet adalah kekuatan paranet dalam mengatur serta batasi intensif sinar matahari yang masuk. Dari sini selanjutnya bisa dipastikan tipe paranet yang akan diambil sesuai sinar matahari yang akan diserap/diperlukan oleh tumbuhan.

Beberapa macam tanaman spesifik seperti mawar, anggrek, anyelir, tomat, lettuce, strawberry, serta sawi tidak menyenangi sinar matahari dengan intensif yang tinggi. Oleh karena itu, pemakaian paranet untuk naungan bisa mengatur jumlah intensif sinar matahari yang diperlukan oleh tanaman-tanaman itu.

Paranet (jaring peneduh) ini sering dipakai membuat perlindungan tanaman terutamanya waktu pembibitan atau pembenihan tanaman. Paranet ini bisa membuat perlindungan dari paparan langsung sinar matahari serta curah hujan yang bisa menghancurkan tanaman. Disamping itu, paranet ini dapat berperanan untuk pelindung dari masuknya hama tanaman.

Jaring paranet sendiri dibikin dari satu bahan yang memiliki kandungan polietilen yang memiliki bentuk seperti anyaman jaring. Bahan itu berasal berbahan nylon atau plastik. Tetapi, ada juga jaring paranet yang dibikin berbahan tambang dan kawat.

BACA JUGA:
Yuk Gunakan Waring Sayur Agar Kualitas Tetap Terjaga
Musim Panen, Yuk Gunakan Karung Plastik Agar Kualitas Tetap Terjaga
Budidaya Cabe Rawit? Sistem Mulsa Plastik Saja Dijamin Hasil Melimpah

Namun, jaring paranet berbahan itu umumnya kurang demikian disukai oleh fans atau penghobi tanaman, karena jaring tambang memiliki jarak antar lubang yang cukup lebar, sedang untuk pemakaian jaring kawat dicemaskan akan mudah berkarat.

Bukan hanya dipakai dalam bagian pertanian dan perkebunan saja, sekarang beberapa orang yang memakai paranet untuk dibuat untuk atap peneduh alternatif kanopi, ada pula yang menggunakan paranet untuk dibuat alternatif krey di dalam rumah mereka, serta ada juga yang menggunakan paranet untuk dibuat alternatif terpal buat menepis panasnya sinar matahari yang masuk.


Kecuali paranet, ada pula net dengan nama dagang agronet. Agronet ini mempunyai ketahanan yang semakin lama serta lebih kuat (tidak gampang putus) bila dibanding dengan paranet. Agronet dibikin dari benang monofilament anti UV, tidak menghisap air hingga tidak berubah berat waktu terserang air hujan serta tidak gampang luntur bila terserang terik cahaya matahari dan hujan.

Dari beberapa nama dagang itu, silahkan Anda bisa tentukan pilihan Anda sendiri sesuai keperluan yang Anda butuhkan. Mudah-mudahan pilihan Anda pas serta selamat coba.

Itu tadi ulasan singkat artikel tentang cara jutu melindungi tanaman dari hama dengan media jaring paranet plastik/nylon .Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Jangan lupa selalu kunjungi website ini untuk update berita terbaru ya. Jangan lupa share agar semua mendapat informasi yang bermanfaat ini ya. See you later!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama