Zaman Semakin Canggih, Ini 7 Aplikasi Pintar Untuk Membantu Petani di Indonesia

7 Aplikasi Pintar Untuk Membantu Petani di Indonesai
Selamat pagi! Semoga para pembaca selalu diberikan kesehatan. Oke, hari ini kita akan membahas artikel soal 7 aplikasi pintar untuk membantu petani di indonesia. Seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, sekarang mulai muncul hal-hal penunjang pertanian yang berbasis teknologi.

Misalnya saja seperti aplikasi pertanian. Di masa handphone seperti saat ini, rasa-rasanya kurang prima jika dunia pertanian tidak ikut dibantu adanya aplikasi pertanian berbasiskan android.

Nah, sudah mengetahui apa aplikasi pertanian yang dapat kamu ambil di handphone? Baca terus ya, siapa tahu ada yang paling cocok buat kamu.

Berikut 7 aplikasi android yang cocok untuk para petani:

BACA JUGA:
Suka Berkebun? Yuk Coba 7 Profesi Menarik di Bidang Pertanian Ini!
Cara Terbaru Saat Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tanah, Petani Ikan Wajib Tahu
6 Cara Lengkap Budidaya Padi, Mulai dari Bibit Hingga Panen dengan Karung Plastik

Mata Daun

Mata Daun merupakan aplikasi untuk petani android yang telah diciptakan oleh anak negeri. Aplikasi android untuk petani ini memiliki arah supaya beberapa petani bisa hitung jumlah pupuk yang diperlukan tanaman seperti padi serta kedelai cukup dengan memotret daunnya maka nampak hasilnya di Monitor hp. Wah cukup hebat ya aplikasi android untuk petani ini.

Aplikasi android untuk petani ini cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan kamera gadget. Yakni aplikasi untuk petani android mendeteksi warna-warna daun dan mengukur kadar klorofil dan nitrogen dalam daun tersebut. Aplikasi android untuk petani ini sangat membantu para petani.


Petani

Aplikasi android untuk petani kali ini diberi nama “Petani”. Aplikasi untuk petani android ini dikembangkan oleh 8Villages untuk memudahkan pertukaran informasi antara pakar pertanian dan petani ketika mengalami kesulitan dalam budidaya tanaman. Melalui aplikasi android untuk petani ini bisa mengirimkan foto kondisi tanaman dan detailnya, kemudian pakar akan menjawab permasalahan tersebut.

Aplikasi untuk petani android ini juga seperti forum online untuk komunikasi antara petani lainnya dalam berbagai pengalaman dan sharing informasi. Selain itu aplikasi android untuk petani ini dapat digunakan pengguna untuk memberikan informasi hasil panen beserta harga dan menjual ke pembeli tanpa perantara. Wah cukup mudah menjual hasil panen ya.


Tani Hub

Aplikasi TaniHub merupakan aplikasi android untuk petani yang juga direkomendasikan untuk memudahkan para petani dalam menjual hasil panen. Aplikasi untuk petani android yang berbasis Android ini muncul saat ajang Startup Weekend pada tahun 2015.

Aplikasi android untuk petani bertujuan memberikan keadilan bagi petani agar bebas dari perantara atau tengkulak yang bermain harga dan menekan mereka. Untuk itulah aplikasi untuk petani android ini dibuat agar pengguna bisa mendapatkan hasil dari petani secara langsung dengan produk segar, harga adil, dapat dipesan dengan cepat dan mudah.

Rice Doctor

Selanjutnya aplikasi android untuk petani yang juga sangat baik untuk digunakan adalah Rice Doctor. Aplikasi android untuk petani ini telah dikembangkan oleh Internasional Rice Research Institute (IRRI) yang berpusat di Los, Filipina. aplikasi untuk petani android ini dapat diakses online menggunakan jaringan internet melalui knowledgebank.irri.org ataupun mengunduhnya di Playstore untuk penggunaan offline.

Aplikasi android untuk petani ini juga dilengkapi dengan pengertian, penyebab, waktu terjadi, dan solusi permasalahan yang terjadi. Sekarang ini aplikasi Rice Doctor cuma ada dalam versus bahasa inggris tetapi ke depan aplikasi ini diinginkan bisa berubah dengan beberapa bahasa hingga mempermudah petani dalam memakai aplikasi ini.

Aplikasi untuk petani android ini berisi hampir 100 permasalahan pada tanaman padi yang umumnya terjadi di lapangan, seperti efisiensi/kekurangan unsur hara makro dan mikro, serangan hama dan penyakit, keracunan unsur Al dan Fe, faktor lingkungan, faktor genetik, dan permasalahan-permasalahan lainnya.

Lima Kilo

Berikutnya aplikasi android untuk petani kali ini bernama Lima Kilo. Aplikasi android untuk petani ini hadir saat kompetisi yang diadakan oleh Code4Nation bertajuk Hackathon Merdeka yang kemudian mendapatkan gelar juara pertama. Dengan aplikasi untuk petani android ini, petani bisa langsung terhubung dengan konsumen yang ingin membeli hasil panen mereka.

Aplikasi android untuk petani ini menghubungkan petani secara langsung dengan konsumen baik pembelian besar maupun kecil. Skema transaksi juga terbuka hingga bisa memberikan keuntungan kedua pihak sampai memperoleh harga yang maksimal dibanding memakai jalan distribusi yang panjang.

Aplikasi untuk petani android ini tawarkan feature toko online komoditas pangan pada harga dari petani yang konstan. Pemakai bisa lakukan pre-order dari hasil petani, dapat juga lakukan bidding alias penawaran. Wah benar-benar gampang sekali bila mnggunakan aplikasi android untuk petani ini.

Nurbaya Initiative

Nurbaya-Initiative juga merupakan aplikasi android untuk petani yang sangat direkomendasikan untuk para petani. Aplikasi untuk petani android ini untuk membantu petani atau UKM dalam menjual produk melalui platform yang disediakan. Basis itu ialah toko online yang dibuatkan team Nurbaya Initiatives, dibantu promosinya.


Dalam aplikasi android untuk petani ini jika ada pesanan yang masuk, petani hanya menyiapkan produk dan kirimkan melalui partner logistik-nya Nurbaya Initiatives. Setelah pesanan sampai ke pembeli, maka petani akan mendapatkan uang pembayaran. Sangat mudah bukan?


Pantau Harga

Aplikasi Pantau Harga juga merupakan salah satu aplikasi untuk petani android yang bisa dicoba. Sama halnya dengan Aplikasi LimaKilo, aplikasi Pantau Harga juga lahir dari event Hackathon Merdeka sebagai juara ketiga. Wah cukup keren hasil teknologi sekarang ya sahabat.


Aplikasi untuk petani android memiliki fitur pengguna dapat mengetahui informasi berupa harga resmi pangan di pasar. Sehingga pengguna dapat melakukan transaksi dengan petani secara langsung dan transparan karena disediakan informasi petani melalui aplikasi android untuk petani ini. Fitur utama aplikasi android untuk petani ini adalah Cek Harga, Kirim Harga dan Jual Komoditas.

Nah itu dia  7 aplikasih pintar untuk mambantu petani di indonesia, Anda jadi tak perlu khawatir harus sering membuang cabai karena cepat busuk. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama