6 Manfaaat Buah Apel Merah

 


Apel merah dipercaya bisa membantu mengatasi gejala asma. Seperti yang kita ketahui, apel merah ialah jenis apel dengan kandungan antioksidan yang paling tinggi. Kulitnya yang merah dan juga gelap mengandung lebih banyak antioksidan ataupun zat yang melindungi sel dari kerusakan.

1. Menyeimbangkan kadar gula darah

Apel memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah gula sehingga penyerapan gula di dalam darah biasanya akan melambat. Bahkan, makan lebih dari satu buah apel per hari sudah terbukti bahwa bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 28 persen dibandingkan dengan orang-orang yang jarang makan apel.

2. Menurunkan kolesterol

Kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan yang lebih serius, contohnya penyakit jantung. Apel banyak memiliki kandungan antioksidan dan serat yang dapat mengikat kolesterol pada saluran pencernaan dan mengeluarkannya dari tubuh sehingga kadar kolesterol akan berkurang.

3. Meningkatkan mikrobioma tubuh

Tubuh memiliki mikrobioma yang hidup di dalam usus dan kulit. Apel juga memiliki kandungan quercetin dan pektin yang dapat mencegah mikrobioma jahat untuk berkembang dan mendukung perkembangan mikrobioma tubuh.

Baca juga:

4. Menurunkan risiko kanker

Antioksidan pada buah apel bisa melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker, seperti kanker paru, payudara, dan saluran cerna. Pasalnya, senyawa polifenol yang merupakan antioksidan alami pada apel bisa mencegah sel kanker untuk berkembang.

5. Menyehatkan pencernaan

Makan buah apel secara rutin sudah terbukti dapat menurunkan risiko refluks asam. Bahkan, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa makan apel setiap hari bisa menyehatkan pencernaan sehingga makanan bisa dicerna dengan lebih baik dan mencegah sembelit.

6. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi bisa merusak pembuluh darah sehingga risiko stroke dan serangan jantung bisa meningkat. Banyak ahli yang setuju bahwa kulit apel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang bisa mendukung kelancaran aliran darah di dalam tubuh sehingga tekanan darah tinggi akan berkurang.



Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama