Jumat, 18 September 2015

Cara Membuat Rumah Teduh (Shade House)

Berikut adalah Cara Membuat  Rumah Teduh (Shade House)
Pertama-tama siapkan bahan utama untuk membuat rumah teduh, bahan utamanya adalah lembaran paranet yang berfungsi sebagai pelindung untuk menaungi permukaan lahan yang hendak di teduh kan. Umumnya, tingkat kerapatan paranet yang digunakan untuk tanaman biasanya adalah 65%-70%.

Ukuran lebar paranet dengan tingkat kerapatan 65% – 70%  adalah 3 meter dan ukuran panjang sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika lebar bidang permukaan lahan yang hendak dinaungi > 3 meter, anda terpaksa harus menyambungnya, dalam hal ini sedikit pengetahuan mengenai simpul tali-temali akan terasa manfaatnya. Gulung sedikit bagian yang terurai akibat dipotong saat membeli, kemudian diikat supaya tidak semakin terurai saat pemasangan atau saat terkena angin kencang.

Bahan yang dibutuhkan berikutnya adalah beberapa batang besi yang nanti nya akan dijadikan rangka untuk rumah teduh. Pertama-tama, anda harus mendirikan 4 tiang sebagai rangka penahan yang saling terhubung satu dengan lainnya sehingga membentuk bidang kubus atau segiempat jika dilihat dari atas. Atau dapat juga disesuaikan dengan area yang hendak dinaungi oleh paranet saja.

Jangan sampai lupa untuk memasang batang besi yang menghubungkan ujung bagian atas dari ke-4 tiang. Tanpa keberadaan batang besi yang menyambungkan empat titik bagian atas setiap tiang tersebut, konstruksi ke-empat tiang menjadi rapuh saat menahan tekanan yang dihasilkan dari paranet. Kondisi seperti itu akan bereksiko salah satu atau keempat tiang menjadi bengkok / patah saat paranet dihempas angin kencang.

Standart luas bidang segi empat untuk rangka bagian atas adalah (idealnya)  9 m² (3 x 3) dan / atau maksimal 16 m² (4 x 4). Jika ukuran panjang dan / atau lebar lebih dari 3 – 4 meter, usahakan untuk membaginya.

Misalkan : bidang segiempat yang hendak ditutup berukuran 3 x 5, maka di bagian tengah dari panjang 5 meter dipasangi satu tambahan rangka / batang besi. Sehingga bidang segiempat terbagi menjadi 3 x 2,5 + 3 x 2,5. Pada bagian yang terbagi ini, sebaiknya dipasangi tiang sebagai penyangga

Setelah rangka penahan terpasang, buat pengait berbahan kawat ikat ukuran 14 yang diletakkan pada keempat sudut rangka bagian atas. Kaitkan setiap sudut paranet pada masing-masing kawat pengait diikuti dengan jala di bagian bawahnya. Jika posisi bagian tengah paranet dan jala agak turun, cukup mengencangkan bagian sisi jala (bukan sudut) dengan mengikatnya pada rangka besi bidang segiempat bagian atas hingga posisi paranet terlihat agak rata.


Hindari cara mengikatnya langsung pada besi siku berlubang, karena akan membuat ikatan lebih mudah putus karena gesekan berulang-ulang antara tambang plastik dengan besi siku yang terjadi setiap kali paranet menahan terpaan angin dan hujan.

Kami menyediakan paranet berbagai pilihan sesuai kebutuhan Anda, antara lain :
- paranet 50% ukuran 3x100 meter, barang import
- paranet 65% merk Peacock ukuran 3x100 meter
- paranet 75% bahan nylon (senar) ukuran 1,8x50 meter
Minimal order 5 roll per jenis.

Info Update Harga Paranet Cek Disini

Untuk informasi harga paranet silahkan hubungi kami :
- SMS/Call: 0877 0282 1277 | 0852 3392 5564 | 0812 3258 4950
- Phone: 031-8830487
- Email: limcorporation2009@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar