Minggu, 28 Mei 2017

Budidaya Tanaman Indigofera Yang Kaya Akan Manfaat!

     Halo Sobat tani, Salam sejahtera. Pada artikel kali ini kita akan memberikan tips dalam budidaya tanaman Indigofera. Adapun ciri-ciri tanaman Indigofera.

Ciri- Ciri Tanaman Indigofera Sp:
  • Tanaman Indigofera sp tergolong leguminosa adalah tanaman dari kelompok kacangan dengan genus Indigofera yang mempunyai bentuk pohon dengan ukuransedang.
  • Tumbuh tegak, jumlah cabang banyak, akar bisa menembus tanah cukup dalam.
  • Ciri khas tanaman ini adalah warna daun hijau terang pada bagian permukaan dan umur 12 bulan sudah berbunga dengan bunga berwarna ungu.
  • Pada umur 12 bulan tinggi tanaman bisa mencapai 2 meter dengan diameter batang 18-20 cm.
  • Bisa tumbuh dengan baik pada daerah sampai ketinggian 1200 m dari permukaan laut, pada tanah yang kurang subur dan tahan terhadap musim kemarau yang panjang.
Tanaman Indigofera sering dimanfaatkan sebagai pakan ternak karena kandungan nutrisi yang kaya akan protein, kalsium, & fosfor. Udah gak sabar ingin tau cara budidayanya? Yuk di simak


Jangan Lupa Baca Juga :  Budidaya Tanaman Garut Dengan Baik & Menguntungkan!

  Langkah Penanaman Indigofera

    Menyiapkan Media Persemaian. Siapkan polybag ukuran minimal diameter 8-10 cm di isi tanah subur bagian atas atau tanah biasa diberi pupuk kandang. Pada saat pembibitan, polybag harus disiram setiap hari tetapi tidak boleh sampai digenangi air karena kalau terlalu lama tergenang bias menyebabkan busuk.
    Seleksi Biji Indigofera dengan Perendaman. Sebelum disemaikan rendam dulu biji indigofera 12 jam dalam air dingin kemudian buang yang mengambang setelah itu tabur 4-5 butir benih indigofera di dalam polibag dan sirami setiap pagi dan sore, tidak perlu menggunakan pupuk kimia tetapi cukup dengan tanah subur  dengan pupuk kandang atau organik karena akar indigofera bisa mengambil nitrogen dari udara.
    Pemindahan Indigofera dari Polybag ke Loksi Tanam. Setelah usia 2-3 bulan di polybag, indigofera bisa ditanam di lokasi, usahakan dibuat guludan saat tanam awal sehingga bila musim hujan deras tidak terkena genangan yang bisa menyebabkan akar busuk.
    Pemupukan. Untuk pemupukan bisa menggunakan kombinasi pupuk kandang dan TSP dan NPK.


Baca Juga :  100% Berhasil!! Tips & Trik Agar Anak Mau Makan Sayur

Masa Panen Indigofera
Tanaman indigofera bisa dipanen 60-90 hari sekali. Sisakan dari tanah batang utama dengan ketinggian 80 cm.

LIM CORPORATION
PABRIK PARANET/SHADINGNET
Paranet biasanya digunakan untuk atap pada green house, misalnya pada budidaya tanaman sayur, tanaman hias, dan bunga. Bisa juga dipakai untuk peneduh kolam ikan, dll. 
Ready stock paranet daya serap 50% dan 65% ukuran 3x100 meter bahan plastik.
Hub. 08123.258.4950 - 0877.0282.1277 - 0852.3392.5564. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar