Bagi Yang Belum Tahu Apa Itu Paranet? Yuk Mengenal Paranet Beserta Fungsinya

Halo semua, kembali lagi bersama penulis. Kali ini kita akan membahas artikel berikut cara memilih paranet yang sesuai kebutuhan tanaman anda. Paranet ialah jala plastik yang biasanya dipakai untuk memberikan naungan buat tumbuhan budidaya. Paranet dapat untuk kurangi intensif sinar yang diterima tumbuhan dan untuk kurangi temperatur udara disekitar tumbuhan. Tumbuhan yang di letakkan di bawah paranet biasanya adalah tumbuhan yang baru alami depresi atau dengan cara budidaya memerlukan intensif sinar yang paling rendah.Paranet dapat dibuat shading house untuk alternatif rumah kaca.

Shading house atau rumah naungan benar-benar gampang dibikin, tidak memiliki atap spesial, tidak memerlukan dinding dan yang tentu tidak membutuhkan ongkos tinggi sekali. Bahan untuk bikin shading house ini biasanya dengan menggunakan net atau jaring paranet. Net ini mempunyai beberapa nama lain misalnya paranet, agronet, multinet, polynet dan lain-lain, tetapi paranet adalah nama dagang net yang paling terkenal.

Fungsi Paranet

Paranet bagi pembudidaya tumbuhan mempunyai sangat banyak manfaat antara lain:

Menaungi serta juga menahan sinar matahari supaya tidak melukai tumbuhan

Dengan menggunakan paranet, sinar matahari yang menyinari lahan atau tumbuhan dapat di atur sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenis tumbuhan tidak menyukai sinar matahari yang sangat berlebihan. Karena dapat melukai tumbuhan tersebut. Contohnya yaitu tumbuhan anggrek, anggrek umumnya hanya memerlukan sinar matahari dalam jumlah sedikit, yaitu antara sekitar 20% sampai 30% saja, jika lebih maka bunga tumbuhan anggrek akan kering dan kusam.

Paranet juga dapat mengontrol serta mengurangi sinar matahari ke lahan atau tumbuhan.

Dengan kerapatan yang sangat beragam, paranet juga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Kerapatan jaring paranet menunjukan dari berapa persen sinar matahari yang dapat dihalau oleh jaring paranet. Contohnya jaring paranet dengan kerapatan sekitar 75%, artinya sebanyak sekitar 75% sinar matahari juga dapat dihalau supaya tidak sampai ke tumbuhan maka hanya sekitar 25% sinar matahari yang sampai ke tumbuhan.

BACA JUGA:

Cegah Banyaknya Tingkat Kematian Ikan Lele dengan 9 Tips Ini

Legenda Obat Herbal, Ini 7 Manfaat Daun Afrika yang Menyehatkan Tubuh Anda

Yuk Rawat 7 Tanaman Ini di Kamar Tidur Agar Bermanfaat Untuk Kesehartan

Membantu menahan air hujan serta terpaan angin

Dengan beragam kerapatannya, paranet dapat memecah butiran hujan serta membagi terpaan angin yang sedang berhembus. Butiran hujan yang jatuh dari langit mempunyai tekanan yang tinggi, jika hujan ini langsung mengenai tumbuhan atau tanah, maka tanah akan terkikis serta juga dapat merusak daun tumbuhan. Dengan memakai jaring paranet, hujan yang turun akan terpecah menjadi butiran kecil serta menurunkan tekanannya, sehingga sangat aman bagi tumbuhan maupun lahan. Hal serupa juga terjadi pada angin.

Mengontrol ventilasi udara serta temperatur

Meskipun udara dihalangi dengan jaring paranet, namun udara tersebut tetap dapat melewati paranet namun dengan tekanan yang sangat rendah. Itu berarti bahwa jaring paranet tetap mempertahankan sirkulasi udara ke tumbuhan serta lahan dengan sangat baik. Sehingga suhu serta udara tetap terjaga supaya tidak terlalu tinggi atau panas.

Melindungi tumbuhan dari serangan burung atau hama pengganggu

Paranet juga dapat membuat perlindungan tumbuhan anda dari beberapa jenis gempuran hama dan burung. Hama misalnya burung belalang dan lain-lain pasti kesusahan menggempur tumbuhan anda. Ini karena paranet yang memiliki lubang benar-benar kecil, hingga hama itu akan kesusahan masuk dan tidak bisa menggempur tumbuhan anda.

Oke sekian yang bisa penulis sampaikan, jika ada pertanyaan silahkan beri komentar saja dibawah. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama