Lindungi Tanaman Anda dari 7 Hama Tanaman dan Berikut Cara Membasminya!

7 Hama Tanaman dan Cara Membasminya

Hai, kembali lagi bersama penulis yang akan membahas seputar dunia pertanian, perkebunan, pertanian dan juga perternakan. Buat peminat tanaman hias atau tanaman rumah di pekarangan, hama tanaman dapat jadi figur mencekam yang harus diberantas. 

Kedatangan hama tanaman ini bukanlah saja dapat menghancurkan tanaman yang dijaga, tapi dapat juga mempengaruhi kesehatan anggota rumah bila tidak usai diselesaikan. Bila didiamkan, tanaman dapat mati serta jadi tanaman pembawa apes di dalam rumah.

Supaya kamu dapat memperhitungkan gempuran beberapa tipe hama tanaman, ketahui selanjutnya tentang tujuh tipe hama tanaman berikut dan langkah membasminya tertentu.

1. Ulat hama

Salah satunya hama tanaman yang umum, terdapat beberapa tipe ulat hama yang perlu ditemui penggemar tanaman. Untuk kelompok tanaman hias, kalian harus siaga pada dua tipe ulat hama yakni Spodoptera sp. yang menyerbu daun serta Noctuidae yang menyerbu sisi tangkai.

Tanda-tanda tanamanmu sudah terserang hama tanaman ini nampak pada daun yang beralih warna serta pecah-pecah atau tangkai sebagai rawan serta gampang patah.

Langkah paling baik untuk menangani ulat hama dengan ambil hama tanaman ini dari tanaman yang terserang. Tetapi efektifnya, dianjurkan untuk memakai pestisida, baik yang alami seperti bawang putih atau insektisida skemaik minimum satu minggu sekali untuk perlindungan optimal.

2. Tungau Laba-laba

Hama tanaman ini cukup beresiko sebab menyerbu sisi daun dengan menghisap cairan serta faktor hara tanaman. Gempuran tungau laba-laba atau spider mite umumnya intensif serta berjalan cepat dalam jumlah besar. Tidak salah, tanaman dapat mati dalam periode waktu sesaat.

Bertambah kebal pada insektisida, dianjurkan untuk memberantas hama tanaman ini memakai akarisida, yakni bahan senyawa kimia beracun yang baik membunuh rumpun keluarga tungau, caplak serta laba-laba

3. Kutu tanaman

Beberapa macam kutu tanaman yang ditakuti oleh tanaman diantaranya ialah kutu putih serta kutu perisai. Kutu putih ialah hama tanaman yang seringkali menyerbu tanaman hias pada daratan rendah.

Sesuai dengan namanya, hama tanaman berbentuk kutu putih memiliki warna putih serta dapat nampak berdompol di tangkai atau daun tanaman. Disamping itu, untuk kutu perisai biasanya cuman menyerbu sisi daun, khususnya dibagian tulang daun.

Ke-2 tipe hama tanaman ini susah dibasmi sebab punyai skema perlindungan tertentu. Kutu putih mempunyai susunan lilin, sedang kutu perisai mempunyai bentuk perisai pada punggungnya.

Untuk memberantas hama tanaman ini, pakai kombinasi deterjen cair dengan air untuk hilangkan susunan lilin pada kutu putih. Lanjuti dengan insektisida skemaik serta bahan aktif acephate untuk memberantas selesai.

4. Belalang

Panorama umum belalang jangan dipandang remeh sebab dia menjadi hama tanaman yang menghancurkan tanaman kecintaan di taman rumah. Belalang ialah pemakan daun, sama dengan ulat bulu.

Memberantas belalang dapat dilaksanakan dengan tangkap atau menyemprot dengan air memakai penyiram tanaman agar hama tanaman ini susah terbang serta dapat dienyahkan. Disamping itu, pakai saja pestisida organik atau alami racikan sebab biasanya cukup untuk mengusirnya.

BACA JUGA:

Cara Lengkap Budidaya Wortel Agar Cepat Berbuah dan Lebat

Cara Lengkap Budidaya Bawang Putih Berkualitas Sampai Sukses

7 Tanaman Hias Yang Sedang Populer Di Tahun 2020, Yuk Miliki Segera!

5. Tungau

Tungau ialah semacam kutu kecil yang sering menyerbu rumah, termasuk juga tanaman hias daun kalian. Seringkali mengganggu serta mengakibatkan bintik-bintik di daun tanaman, tungau susah diketahui sebab hampir tidak kasat mata. Bila daun mendadak memiliki warna kuning serta luruh tanpa ada alasan, dapat jadi hama tanaman tungau sudah menyerbu tanaman kecintaan.

Untuk menangani gempuran hama tanaman ini, selekasnya potong sisi yang terkena tungau lantas bakar kelompok daun itu. Lanjuti dengan insektisida untuk memberantas sampai betul-betul hilang.

6. Cacing liang

Cacing liang ialah hama tanaman yang menggelinjang dibagian dalam tanah serta menyerbu sisi akar tanaman. Automatis tanaman bisa menjadi kerdil dengan perkembangan lamban atau serta mempunyai potensi mati sebelum mekar atau berbuah.

Untuk hama tanaman yang ini, kalian bisa coba pestisida alami atau organik sebelum coba senyawa kimia. Ada juga tipe nematisida atau cairan spesial pembunuh cacing serta hama tanaman yang lain.

7. Tikus

Hama tanaman yang ini harus dijauhi sebab dapat menyerbu tanaman dengan cara langsung, sekalian tanda-tanda jelek jika rumah sehat tidak berhasil terjadikan. Tikus suka mengonsumsi tangkai tanaman yang muda serta biji-biji tanaman.

Untuk menangani tikus untuk hama tanaman, coba perangkap tikus atau budidayakan tanaman tabulampot yang baik untuk salah satunya langkah menyingkirkan tikus. Pakai rodentisida atau penghilang tikus dan mencari sumber persembunyian tikus.

Beberapa tipe hama tanaman bisa menyerbu taman di rumah atau halaman belakang rumah. Di mana tanaman ada, tekankan jika kamu telah mengusahakan membuat perlindungan tanaman kecintaan dari gempuran hama tanaman yang mematikan, ya!

Nah, itu tadi penjabarannya. Kurang lebihnya mohon maaf, see you next di artikel berikutnya. Terima kasih.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama