Suka Makan Tomat? Inilah Beberapa Fakta Unik Tentang Tomat

 

Tomat adalah tumbuhan siklus hidup singkat, yang dapat tumbuh setinggi 1 hingga 3 meter. Tumbuhan ini mempunyai bermacam macam - macam warna yaitu hijau, kuning, dan merah, warna merah ialah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan ibu rumah tangga atau bisa juga dimakan secara langsung. Tomat mempunyai batang dan daun yang tidak boleh dikonsumsi, karena masih sekeluarga dengan kentang dan terong yang terdapat beberapa kandungan alkaloid.

Salah satu hasil produk olahan tomat yang disukai, yaitu saus tomat. Hampir di seluruh dunia negara membuat saus tomat. Saus tomat memiliki banyak manfaat untuk bumbu tambahan dalam mengolah beragam masakan. Saus tomat juga dapat disajikan bersama burger, sandwich, dll. Selain untuk tambahan untuk mengolah makanan, tomat juga bisa diolah menjadi minuman yaitu jus tomat. Tomat dapat mengandung antioksidan berupa likopen yang bisa membantu untuk membasmi efek radikal bebas akibat penyebab penyakit kanker.

Tomat juga  ternyata buah tomat yang bisa dapat merendahkan kalori dan lemak, tetapi juga kaya akan karotenoid, lutein, gula, vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium. Sekarang tomat tak hanya sebagai pelengkap untuk makanan namun bisa juga untuk kecantikan. Manfaatnya yaitu untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit akan kelihatan fresh, karena tomat kaya dengan kandungan vitamin C

Mau tau fakta unik tentang tomat? Yuk simak bersama - sama

Baca juga :


1. Tomat Bukan Hanya Enak, tetapi Bisa Juga untuk Kesehatan

Tomat mempunyai banyak nutrisi. Sekitar 128 gram tomat mentah mempunyai lebih dari 2 gram serat. Tomat juga memiliki sumber vitamin C, vitamin K, kalium, dan likopen. Antioksidan di dalamnya membuat sebagian besar tomat ini menjadi berwarna merah. Antioksidan ini bersangkutan dengan manfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.


2. Termasuk Golongan Buah dan Sayur 

Ternyata tomat ini termasuk ke dalam golongan buah dan sayur. Dalam informasi botani, tomat termasuk golongan buah. Memerhatikan pengertiannya, buah adalah jenis produk berbiji yang tumbuh dari tumbuhan berbunga. Artinya, tomat termasuk golongan buah karena mengandung beberapa biji - bijian dan tumbuh dari tanaman tomat. Sementara itu, tomat dalam informasi kuliner termasuk golongan sayuran. Karena hal ini dapat juga mendasari pengertian sayuran secara kuliner, di mana tomat sering digunakan dalam hidangan yang gurih. 


3. Dapat Menimbulkan Alergi

Mungkin tidak ada banyak yang tahu kalau tomat dapat menimbulkan alergi kepada sebeberapa orang yang sensitif. Sebabnya, sayuran ini mengandung saponin, solanine, histamin, dan rasanya yang asam. Mereka yang beralergi akan merasakan gatal-gatal, serangan asma, sakit kepala, dan diare.



4. Bermanfaat untuk Ibu Hamil

Tomat bisa bermanfaat untuk ibu hamil karena dapat menjaga daya tahan tubuh, karena ibu hamil itu sering sekali terkena penyakit, ditambah ibu hamil tak boleh mengkonsumsi obat sembarangan karena bisa dapat berbahaya bagi janin. Untuk itu, sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi tomat. Agar menjaga ibu dan bayi tersebut tidak kekurangan cairan maupun dehidrasi. Dapat juga

menjaga calon bayi agar tetap sehat dan tidak kekurangan oksigen saat berada didalam kandungan ibu. Dan bisa mencegah janin terlahir prematur maupun cacat. Dapat membantu proses pertumbuhan tulang pada bayi yang sedang dikandung oleh ibu.


5. Bermanfaat untuk Rambut

Tomat juga bisa dapat digunakan sebagai penyubur rambut. selain itu, tomat dapat juga menghias rambut kamu supaya menjadi lebih terlihat indah dan halus. Selain itu juga, menjaga kekokohan rambut agar rambur tidak mudah bercabang dan rontok ataupun patah-patah. Tomat mampu merawat rambut dari ujung kulit kepala sampai ujung rambut.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama