6 Tips Budidaya Bunga Mawar agar Lebih Cepat Tumbuh

Bunga Mawar adalah jenis tanaman hias yang memiliki duri pada batangnya. Mawar adalah simbol atau lambang kehidupan religi dalam kehidupan manusia. Mawar adalah bunga yang indah dan memiliki bau yang harum. Bunga mawar sering kali digunakan dalam momen yang spesial, contohnya seperti tanda ungkapan cinta, untuk wisuda, hadiah valentine, anniversary dan yang lainnya. Sebelum terkenal, bunga mawar dulunya adalah tanaman semak-semak yang tumbuh liar di hutan dengan mempunyai ciri khas duri pada bagian batangnya.  Aroma harum bunga mawar banyak dijadikan ekstrak pewangi untuk segala jenis kebutuhan. Berikut adalah 6 cara yang baik untuk budidaya mawar.

Baca Juga:

1. Mendapat Cahaya Matahari yang Tepat

Peletakkan lokasi untuk bunga mawar juga penting, agar bunga mawar dapat tumbuh dengan baik, bunga mawar baik diberi cahaya  matahari pagi yang teduh. Jika pada saat siang hari, lebih baik bunga mawar ditempatkan ke lokasi yang lebih teduh. Jika bisa berikan jaring atau paranet agar tanaman bunga mawar tidak terkena sinar matahari secara langsung.

2. Siram Secukupnya

Siramlah bunga mawar pada saat pagi dan sore hari agar bunga mawar dapat tumbuh dengan baik. Jumlah air bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bunga mawar. Pastikan tanah lembab namun tidak terlalu basah. Jika saat musim hujan, tanah pasti akan cukup lembab karena air hujan, jadi tidak perlu disiram lagi. Pada saat menyiram, pastikan siram bagian batang dekat akarnya, usahakan untuk tidak menyiram daunnya agar bunga mawar tidak  mudah layu. Gunakanlah alat penyiram tanaman supaya air datang secara perlahan.

3. Berikan pupuk agar mendapat nutrisi Tambahan

Tanaman bunga mawar perlu membutuhkan pupuk untuk nutrisi tambahan. Pupuk yang bisa diberikan untuk tanaman adalah pupuk NPK. Kandungan nitrogen pada pupuk berfungsi untuk mencegah daun berwarna kekuningan dan tidak tumbuh banyak. Tambahan nutrisi fosfor pada pupuk juga berfungsi untuk menguatkan akar, sedangkan kalium akan menolong bunga mawar untuk sembuh dari stres yang diakibatkan oleh serangan hama dan juga cuaca ekstrim.

4. Lakukan Pemotongan Batang atau Daun yang Tidak Sehat

Bila terlihat ada daun yang menguning atau memiliki bercak, segeralah memotongnya. Lakukan pemotongan juga pada tangkai yang berwarna cokelat, karena batang yang sehat adalah berwarna hijau. Pemotongan dilakukan agar tidak menimbulkan penyebaran penyakit pada tanaman bunga mawar lainnya. 

5. Melakukan Pemangkasan Rutin 

Daun yang terlalu banyak juga akan membuat pertumbuhan bunga mawar terhalang sebab nutrisi yang harus dimiliki bunga mawar akan terbagi pada daun. Melakukan pemangkasan rutin dapat membuat bunga mawar cepat berbunga. Pemangkasan bisa dilakukan sebanyak 2 minggu sekali.

6. Memperhatikan Hama dan Gulma

Pada saat menyiram, perhatikanlah setiap bagian-bagian dari tanaman mawar. Singkirkan hama ketika menemukannya pada tumbuhan mawar, sebab hal itu dapat menghambat pertumbuhan bunga mawar.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama