5 Jenis Ikan Air Tawar Yang Cocok untuk Anda Budidayakan!

Ikan adalah hewan bertulang belakang atau disebut dengan vertebrata, ikan berada di air sebab ikan mempunyai insang yang membantunya untuk mengambil oksigen terlarut dari air dan juga memiliki sirip untuk berenang. Ikan sering ditemui di semua peraian yang ada di dunia dengan bentuk dan ciri yang berbeda-beda.

Di Indonesia, banyak sekali orang yang sering mengonsumsi ikan. Indonesia adalah negara yang mempunyai kekayaan alam yang melimpah, maka jangalah heran kalau tidak sulit menemukan ikan air tawar maupun ikan air laut.Ikan air tawar ataupun ikan air laut keduanya dapat diolah menjadi bermacam-macam masakan yang lezat. Umumnya bila ikan dibakar atau digoreng maka akan dihidangkan dengan lalapan dan juga sambal pedas sehingga rasanya lebih nikmat. 

Banyak yang melakukan budidaya ikan karena tingkat konsumsinya besar, salah satunya adalah ikan air tawar. Ikan air tawar adalah ikan yang hidup di air tawar seperti kolam, sungai dan danau dengan kadar garam air 0,05%. Permintaan ikan yang sangat tinggi saat ini pasti membutuhkan lebih banyak pembudidaya ikan tawar, sehingga negara tidak perlu mengimpor ikan dari luar negeri. Berikut 5 jenis ikan air tawar yang cocok untuk anda budidayakan!

Baca Juga:

1. Ikan lele 

Ikan lele merupakan ikan nokturnal(tidur di siang hari) yang hidup di air tawar. Ikan lele memiliki tubuh panjang, bwerwarna hitam atau abu-abu, tidak mempunyai sisik. Ikan lele berasal dari benua Afrika dan dibawa ke Indonesia pada tahun 1984. Ikan lele mempunyai sirip di kanan kirinya atau biasa disebut patil tajam yang digunakan untuk melindungi dirinya dari serangan ikan lain. Selanjutnya, ikan lele mempunyai alat pernapasan tambahan yang memudahkan ikan lele bernafas di air yang kadar oksigennya rendah, hal ini akan mempermudah budidaya sebab tidak perlu untuk menambahkan kincir di atas kolam.

2. Ikan Nila

Nama ikan nila berasal dari sungai nil. Ikan nila merupakan ikan air tawar yang mempunyai ciri-ciri bentuk tubuh pipih memanjang dan juga bersisik kasar.Ikan nila tumbuh sampai 30 cm mempunyai sisik dengan warna yang berbeda di setiap jenisnya. Di Indonesia, ikan nila mempunyai banyak jenis.

di tubuh ikan nila ada garis atau pita gelap vertikal belang yang pasti akan memudar karena umur ikan nila yang bertambah. Ikan nila mempunyai sirip pada beberapa bagian di tubuhnya seperti sirip punggung, sirip perut, sirip dada, sirip dubur, dan sirip ekor.

3.Ikan Mas

Ikan mas berasal dari daratan Asia dan dikonsumsi oleh orang Tiongkok sejak ribuah tahun lalu. ikan mas mempunyai banyak jenisnya, ikan mas bisa dijadikan dikonsumsi atau juga bisa dijadikan ikan hias. Ikan mas di Indonesia adalah jenis ikan mas yang berasal dari Cina, Eropa, Taiwan, dan juga Jepang. Ikan mas populer sebagai ikan yang memiliki nafsu makan yang tinggi, oleh sebab itu pertumbuhannya lebih cepat.

4. Ikan Gurame

Ikan gurame merupakan ikan asli Indonesia. Ikan gurame populer sebagai ikan yang suka makan tumbuhan. Ikan gurame dikenal memiliki sifat pemalas karena hanya bisa bergerak cepat jika melihat mangsanya.  Punggung ikan nila berwarna merah dan perut berwarna kuning atau perak. daging ikan gurame sangat lezat, tetapi ternyata pertumbuhan ikan gurame lebih lambat dibanding ikan air tawar yang lainnya.

5.Ikan Mujair

Ikan Mujair merupakan ikan tawar yang berasal dari benua Afrika. Dinamakan ikan mujair sebab orang yang pertama kali menemukannya di muara Sungai Serang pantai selatan Blitar, Jawa Timur bernama Pakde Mujair.

Ikan mujair merupakan ikan yang memiliki ukuran sedang dengan panjang maksimum 40 cm. Ikan mujair bisa hidup di semua perairan tawar serta daerah pesisir laut.



Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama