5 Manfaat Paranet untuk Tanaman

 


Paranet merupakan bahan untuk pelindung tanaman.  Berbagai macam jenis tanaman tertentu yang tidak menyukai intensitas sinar matahari terlalu tinggi contohnya seperti anggrek, strawberry, sawi, tomat dll.  Paranet ini terbuat dari bahan kandungan polietilen yang berbentuk anyaman seperti jaring plastik. Bahan polietilen ini biasanya berasal dari nylon atau disebut dengan senar maupun plastik.


Baca Juga :


1. Mengatur Sirkulasi Udara



Fungsi pertama yaitu bisa mengontrol udara atau banyaknya angin yang masuk ke dalam teras dan taman, Salah satu fungsi paranet yang penting untuk tanaman yaitu, sebagai pengontrol udara atau banyaknya angin yang masuk kearea teras dan taman, meskipun masi ada angin yang bisa masuk ke sela-sela jaring.


2. Memperkecil Ruang Sinar Matahari



Saat sinar matahari sedang terik-teriknya, tentu hal akan membuat area teras dan halaman rumah sangat panas dan akan mengganggu, kemudian pun tanaman yang ada dalam rumah pun akan menangkap banyak sinar matahari secara berelebihan. Karena bahaya nya sinar matahari yang berlebihan ini bisa kamu perbaiki dengan penggunaan paranet. Meskipun pada area teras tertutupi jaring namun akan sedikit matahari yang masuk, dan kamu tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan manfaat dari cahaya matahari.


3. Menahan Air Hujan



Curah hujan yang sangat deras tentunya akan membuat tumbuhan dan tanah di teras, terkena hantaman air yang keras dan akan merusak daun pada tanaman hias dan membuat teras kotor sebab terkena hantaman air hujan. Nah untuk mencegahnya cukup gunakan jaring paranet hal tersebut akan meminimalisir curah hujan yang sangat deras ataupun tidak terkendali.




4. Menahan Angin kencang



Beberapa daerah di Indonesia, angin sering datang dan menyebabkan tanaman hilang kedali dan tertabur kemana-mana dan bahkan bisa meruntuhkan tumbuhan. Untuk menyelamatkan yaitu dengan memasang jaring paranet, fungsinya dapat menyaring terpaan angin yang sangat kencang agar terpantul dan meredam.


5. Menjaga Tanaman dari Serangan Burung dan Hama



Fungsi paranet tidak hanya untuk menahan angin dan menahan air tetapi juga dapat menjaga tanaman dari serangan hama dan burung.

Sebab paranet mempunyai lubang yang kecil sehingga hama tidak mampu memasuki area halaman rumah dan tentunya tidak akan merusak tumbuan.


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama