Cara Menanam Buah Strawberry Dirumah


Buah strawberry mempunyai warna cerah dan asam segar mempunyai akan nutrisi. Strawberry mempunyai sumber vitamin C yang mengandung folat (vitamin B9) dan potasium. Kandungan yang berada pada buah strawberry ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.  


Baca Juga :


1. Menyiapkan Bibit Strawberry

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum menanam buah strawberry ini ialah menyiapkan bibit. Untuk mendapatkannya kamu bisa mencari ditoko pertanian terdekat dan untuk memperoleh yaitu dengan melakukan dua cara ialah penyemaian biji dan transplantasi. Untuk melakukan penyemaian yaitu  menaburkan biji strawberry pada wadah plastik yang sudah diberi tisu, lalu dibasahi dengan air mineral. Pastikan biji strawberry dengan yang lain tidak menempel. Biji strawberry memerlukan waktu 2 minggu untuk berkecambah.


2. Menyiapkan Pot / Polybag

Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan pot atau polybag yang sudah diberi tanah. Tanahnya yang bisa digunakan ialah tanah liat yang sudah digemburkan, kemudian dicampur dengan pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 2 banding 1 banding 1. Pastikan polybag atau pot yang akan kamu pakai mempunyai lubang di bagian bawah


3. Menanam Bibit Strawberry

Setelah selesai dengan bibit dan polybag, maka kamu bisa memindahkan bibit strawberry pada pot atau polybag. Dan pastikan tempat bertemunya batang dan akar berada diatas permukaan tanah. Buatlah tumpukan tanah liat tadi dan sekam yang mempunyai fungsi untuk menyebarkan akar. Lalu, tutup akar dan jangan sampai menutupi mahkota tanaman. Proses penanaman yang baik yaitu pada watu pagi hari agar tanaman tidak mudah layu.


4. Letakkan Tanaman Pada Tempat Yang Sesuai

Tahap berikutnya yaitu meletakan pot / polybag di lokasi yang terkena sinar matahari dengan waktu sekitar 8 sampai 12 jam. Selain menerima sinar matahari yang cukup, strawberry juga harus terlindung dari berbagai macam hama. Jadi, kamu bisa menggunakan jaring atau pagar.


Untuk melindungi strawberry klik gambar di bawah!



5. Menyiram Tanaman Secara Rutin

Waktu yang tepat untuk menyiram buah strawberry ini aialah ketika tanah terasa kering sekitar 2,5 cm di bawah permukaan atau bisa sekitar 2 kali dalam seminggu. Pastikan kamu mentiram tanaman strawberry ini secara rutin yya.


6. Berikan Pupuk

Memberikan pupuk cair seimbang pada tanaman strawberry cukup 3 sampai 4 minggu. Waktu yang tepat untuk memberikan pupuk seimbang yaitu saat tanaman ini mulai membentuk tunas yang berada dalam mahkota yang akan berubah bunga dan buah.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama