Fakta Unik Tentang Buah Naga Beserta Manfaatnya

Buah naga (Inggris: Pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari genus Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan.

Hylocereus hanya mekar pada malam hari.Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Prancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. 

arna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Kebiasaan inilah yang membuat buah tersebut di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai Thang Loy (Buah Naga). Istilah Thang Loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai Dragon Fruit (Buah Naga).

Menurut dr. M. Alfi Auliya, M.K.M,buah naga putih dan merah mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Seperti antioksidan serat protein vitamin C kalium magnesium dan juga zat besi dan buah ini juga bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah naga merah dan putih untuk kesehatan, yang perlu kamu ketahui:

Baca juga :

1. Mencegah katarak

Manfaat buah naga merah selanjutnya adalah menurunkan risiko terjadinya katarak. Manfaat ini diperoleh dari kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga merah. Vitamin C diketahui dapat membantu menghentikan oksidasi lensa mata, yaitu salah satu penyebab mata katarak.

2.Mencegah depresi

Selain kaya akan antioksidan dan serat, buah naga merah juga kaya akan magnesium. Mineral ini berperan dalam mengatur suasana hati. Kadar magnesium yang rendah sering kali dikaitkan dengan risiko terjadinya depresi.Untuk mencegah depresi, kamu dapat memetik manfaat buat naga merah yang kaya akan magnesium. Selain mencegah depresi, konsumsi cukup magnesium juga bisa menurunkan gejala kecemasan.

3.Mencegah preeklamsia

Preeklamsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi atau kadar protein tinggi dalam urine. Untuk menurunkan risiko terjadinya preeklamsia, ibu hamil disarankan untuk mencukupi asupan vitamin B2. Salah satu buah yang mengandung vitamin B2 atau riboflavin adalah buah naga merah.

4.Mencegah penyakit kronis

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel, yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah naga.Melansir dari British Journal of Pharmacology, terpenuhinya kebutuhan antioksidan dalam tubuh mampu menurunkan risiko penyakit kronis. Contohnya seperti kanker, diabetes, radang sendi hingga gangguan jantung.Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. 

5.Meningkatkan kesehatan usus

Usus adalah rumah bagi sekitar 100 triliun mikroorganisme yang beragam, termasuk lebih dari 400 spesies bakteri. Keseimbangan dalam usus itu sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh keseluruhan. Melansir dari jurnal Food Chemistry buah naga mengandung prebiotik. Buah ini berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus.

Prebiotik adalah jenis serat khusus yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat (probiotik) di usus. Singkatnya, prebiotik ada makanan probiotik. Secara khusus, buah naga mendorong pertumbuhan dua keluarga bakteri sehat, yaitu bakteri asam laktat dan bifidobacteria. Ini bisa mengurangi risiko infeksi pada saluran pencernaan dan diare. 

6.Buah naga bisa mengatasi sembelit

Manfaat buah naga lainnya untuk mengatasi sembelit. Kandungan serat dalam buah naga membantumu untuk mengatasi sembelit atau konstipasi yang dialami. Jadi, pastikan kamu mengonsumsi buah naga sebagai camilan sehat sehari-hari.
Selain makan buah naga, simak juga cara lainnya untuk mengatasi sembelit.

Buah naga merah sebagai salah satu buah yang mempunyai banyak manfaat untuk membantu mengatasi dan membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari batang buah naga, daging buah naga, sampai dengan kulit buah naga juga memiliki banyak kandungan vitamin dan zat yang sangat bermanfaat. Dokter juga sangat merekomendasikan buah naga merah, sebagai buah konsumsi yang bisa digunakan untuk terapi dalam penyembuhan suatu penyakit.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama