Inilah 7 Manfaat Buah Strawberry yang Baik Untuk Kesehatan

Stroberi merupakan jenis buah beri yang biasanya berwarna merah atau merah muda, dengan biji-biji kecil di permukaannya. Buah ini mempunyai rasa manis dan segar, sering ada dalam berbagai hidangan, seperti kue, selai, es krim, dan salad. Bisa dibilang, strawberry adalah buah yang serbaguna. strawberry juga mempunyai banyak manfaat. apa saja sih manfaat strawbery? yuk simak artikel ini ya.

Baca juga :

Berbagai manfaat strawberry untuk kesehatan tubuh

Berikut ini adalah manfaat buah strawberry yang perlu Anda ketahui.

1. Menjaga kesehatan mata dan rambut

Buah strawberry diperkaya oleh kandungan vitamin C dan antioksidan seperti flavonoid, phenolic, phytochemicals, dan ellagic acid. Keduanya bisa membantu melawan radikal bebas agar mata terhindar dari masalah seperti mata kering, degenerasi makula, dan katarak. Antioksidan pada strawberry juga dapat membantu membersihkan dan melindungi kondisi rambut. Bahkan, keramas menggunakan shampo berbahan dasar strawberry bisa jadi solusi untuk menambah volume rambut yang rata atau tipis dan melembutkannya supaya rambut tampak lebih halus dan indah.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa rutin meminum jus strawberry bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan buah strawberry kaya akan vitamin C.  Kekebalan tubuh yang baik akan mencegah Anda dari berbagai penyakit akibat infeksi virus dan bakteri. Dengan begitu, kamu dapat hidup lebih sehat. Selain itu, vitamin C dalam buah strawberry juga berperan sebagai antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh. 

3. Mencegah kanker

Vitamin C, asam folat, anthocyanins, quercetin, dan kaempferol adalah beberapa jenis flavonoid yang terkandung dalam strawberry yang memiliki efek antikarsinogenik. Kandungan antikarsinogenik ini dapat melawan pertumbuhan tumor penyebab kanker, serta mencegah metastasis (penyebaran) sel kanker di dalam tubuh. Minumlah jus strawberry secara rutin agar terhindar dari bahaya kanker.

4. Mencegah tekanan darah tinggi

Salah satu penelitian yang dipublikasikan pada American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya akan anthocyanin seperti strawberry dapat mencegah tekanan darah tinggi. Selain memberikan efek warna, anthocyanin pada buah strawberry juga dapat membantu membuka aliran darah. Efek ini sangat berpengaruh pada mereka yang berusia 60 tahun ke bawah. Namun, bukan berarti Anda lantas mengabaikan pengobatan dari dokter, Anda tetap harus berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

5. Mengurangi risiko serangan jantung

Fungsi anthocyanin pada buah strawberry lainnya adalah mencegah serangan jantung. Meski belum diketahui pasti, sejumlah penelitian telah menjelaskan mengenai hal tersebut. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Eric Rimm yang menunjukkan bahwa mereka yang sering mengonsumsi strawberry dan buah beri lainnya memiliki risiko serangan jantung yang lebih rendah.

6. Mencegah risiko stroke

Manfaat strawberry yang penting selanjutnya adalah mencegah serangan stroke. Hal ini dikarenakan zat anthocyanin pada strawberry yang bisa mencegah hipertensi. Hipertensi adalah salah satu faktor risiko stroke. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi strawberry secara rutin, tekanan darah dapat terkontrol sehingga mengurangi risiko stroke.

7. Menjaga kesehatan pencernaan

Selain untuk menurunkan berat badan, serat yang terkandung pada buah strawberry juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat berfungsi untuk mengikat lemak dan kotoran di usus sehingga mencegah Anda dari berbagai penyakit seperti sembelit dan wasir. Serat juga dapat membantu flora usus agar mencerna makanan lebih baik.

Cara mengonsumsi strawberry :

Strawberry merupakan buah yang kaya akan manfaat. Akan tetapi, perlu kamu perhatikan cara penyajian yang benar agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga. Untuk memperoleh manfaat buah strawberry sebaiknya Anda tidak memasaknya pada suhu tinggi. Hal ini agar kandungan vitamin, mineral, dan sejumlah zat gizi lain yang terkandung dalam buah tersebut tidak hilang. Anda sebaiknya mengonsumsi strawberry dalam keadaan yang masih segar, misalnya dengan memakan langsung atau sebagai salad. Selain itu, Anda juga dapat mengolahnya menjadi smoothies atau jus strawberry dengan menggunakan air dingin atau es batu.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama