6 Manfaat Luar Biasa Okra, Si Ijo Kecil yang Kaya Vitamin


Okra merupakan buah polong-polongan berbentuk kapsul yang dihasilkan dari tanaman berbunga bernama Abelmoschus esculentus. Okra dilapisi bulu karena sebetulnya masih termasuk ke dalam keluarga perdu atau kapas-kapasan (Malvaceae). Tanaman induk okra masih bersaudara dengan pohon kapuk randu, pohon cokelat (kakao), tembakau, serta bunga kembang sepatu.

Habitat asli okra juga masih diperdebatkan sampai saat ini. Banyak sejarawan dan ahli tanaman yang berpendapat bahwa tanaman A. esculentus pertama kali ditemukan di sekitar pantai Laut Mediterania, Arab Saudi, dan Mesir pada tahun 1216. Seiring waktu, buah polong berbulu ini dibudidayakan sampai ke Afrika Barat, Asia Selatan, Kepulauan Karibia, dan Amerika Utara.

Kandungan Nutrisi dalam Okra:

Baca juga:

  • Kalori: 33.
  • Karbohidrat: 7 gram.
  • Protein: 2 gram.
  • Magnesium: 14 persen kebutuhan harian.
  • Folat: 15 persen kebutuhan harian.
  • Vitamin A: 14 persen kebutuhan harian.
  • Vitamin C: 26 persen kebutuhan harian.
  • Serat: 3 gram.
  • Vitamin K: 26 persen kebutuhan harian.
  • Vitamin B6: 14 persen kebutuhan harian.
  • Apa manfaat okra bagi kesehatan?

1. Okra dapat menurunkan kadar gula darah

Salah satu manfaat dari makanan sehat ini adalah menurunkan kadar gula darah. Terdapat sebuah penelitian pada hewan di jurnal Molecular Nutrition and Food Research, berjudul Okra polysaccharide improves metabolic disorders in high-fat diet-induced obese C57BL/6 mice.

Hasilnya, manfaat okra terbukti mampu menurunkan kadar gula darah pada hewan yang mengonsumsinya. Terlepas dari itu, pengidap diabetes yang mengonsumsi sayuran ini sebaiknya waspada.Sebab, penelitian ini masih memerlukan studi lanjutan pada manusia. Selain itu, sayuran ini memengaruhi efektivitas obat diabetes, metformin.Sebaiknya pastikan terlebih dahulu dengan dokter umum mengenai pola makan yang akan kamu jalani. Tujuannya agar tidak memengaruhi pengobatan yang berjalan.

2. Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian pada hewan menyebutkan bahwa ekstraknya, terbukti bisa membantu turunkan kadar kolesterol. Namun, untuk memastikan efektivitasnya pada manusia, masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi.

3. Okra bisa mencegah osteoporosis

Ladyfinger mengandung vitamin K, yang tidak hanya berperan dalam proses pembekuan darah, tetapi juga pada pembentukan tulang. Itulah sebabnya, mengonsumsi cukup vitamin K akan membuat tulang menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah.

4. Kaya antioksidan dalam okra

Antioksidan yang terkandung dalam sayuran ini, membuatnya mampu mencegah tubuh terpapar radikal bebas secara berlebih.Antioksidan juga baik untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya, mencegah peradangan, serta memelihara kesehatan otak.

5. Manfaat okra dapat mencegah penyakit kanker

Lady finger memiliki kandungan lektin, yaitu sejenis protein yang telah cukup populer untuk diteliti perannya dalam pencegahan maupun perawatan kanker.Dalam jurnal Biotechnology Letters berjudul Lectin of Abelmoschus esculentus (okra) promotes selective antitumor effects in human breast cancer cells, terdapat sebuah penelitian terhadap sel kanker payudara. Hasilnya, kandungan lektin dalam sayuran ini mampu mencegah pertumbuhan sel kanker sebanyak 63 persen. Namun, masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan manfaat sayuran hijau yang satu ini.

6. Manfaat okra baik untuk ibu hamil

Manfaat okra yang satu ini berasal dari kandungan folat. Kandungan ini merupakan salah satu nutrisi penting untuk ibu hamil, guna mencegah munculnya berbagai gangguan pada janin. Kurangnya kadar folat akan meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil dan cacat lahir pada bayi.

Berbagai manfaat okra hijau untuk kesehatan tubuh didapatkan berkat nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalamnya. Namun, jika Anda sedang mengonsumsi metformin, hindari konsumsi okra hijau. Hal ini karena okra hijau dapat menghambat penyerapan obat tersebut.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama