Minggu, 25 Maret 2018

Manfaat Ampuh Beras Hitam Buat Kesehatan

Beras hitam memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan sudah tidak bisa di ragukan lagi. Di negara lain seperti cina, Beras hitam sering di gunak sebagai sajian para raja. Hal ini membuat para daerah khususnya cina, beras ini di anggap terlarang (forbiden rice). Karena hanya keleuarga raja yang dapat mengkonsumsi beras hitam tersebut.

Seperti yang kita ketahui ada tiga macam beras :

a). Beras putih (Oryza sativa)
b). Beras merah (Oryza glaberrima)
c). Beras merah (Oryza sativa L. indica)


Umumnya masyarakat Indonesia lebih banyak mengenal ketan hitam dari pada beras merah.walaupun warnanya sama – sama hitam,oleh karna itu ketan hitam berbeda dengan beras hitam, dan kandungannya pun berbeda.bisa di bilang beras dan ketan sifanya dan teksturnya sama mirip.

Rasa beras hitam agak hambar tidak seenak dengan beras putih. Tehnik memasaknya pun harus memerlukan waktu agak lama dan airnya juga harus lebih banyak , setalah matang beras ini aromanya keluar.

Harus kalian tahu sejumlah literatur yang ada di dunia maya,beras hitam ini selalu di obrolkan sebagai obat segala macam yang bisa menyembuhkan.

Beras hitam merupakan sebagai bahan pangan manusia & beras hitam bukan obat. Biarpun beras hitam dapat di jadikan obat pada kondisi tertentu. Khasiat dan manfaat dari beras hitam lebih banyak mencegah dari pada mengobati.

Manfaat utama beras hitam

1). Mencegah kanker

Beras hitam bermanfaat untuk mencegah penyakit,beras hitam juga memiliki kandungan antosianin yang tinggi.
Antosianin salah satu antioksidan yang kuat,yang kita ketahui secara luas,antioksidan ini berfungsi untuk mencegah kanker.

2). Mencegah diabetes

Kalori beras hitam bisa di bilang paling rendah di bandingkan jenis beras lainnya, kalori beras hitam yaitu 363 kcal per 100 gram.kalori ini berkaitan dengan indeks glikemik.

Indeks glikemik merupakan angka yang besar dan setelah dikonsumsi kadar gula meningkat di dalam darah.semakin tinggi indeks glikemik,makanan tersebut akan semakin naik gula darahnya.

3). Mencegah penyakit jantung


Beras merah mempunyai kandungan serat yang tinggi. Rasa dari beras merah agak hambar, tidak seenak beras putih. Makanan yang kandunan seratnya tinggi akan aktif memelihara jantung anda.


 *Baca Juga : Cara Membudidaya Timun Suri dengan Polybag


4). Obat anemia

Beras hitam mempunyai kandungan zat besi yang tinggi hingga 15,52 ppm. Zat besi salah satu unsur penting pembentukan darah (hemoglobin).
Oleh sebab itu makanan yang banyak mengandung zat besi dianjurkan untuk penderita anemia.

5). Anti aging (anti penuaan)


Antioksidan pada beras hitam masih terkait dalam hal ini,antioksidan berperan memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang rusak. Apabila sel-sel tubuh cepat memperbaiki diri ,maka orang tersebut akan lebih terlihat bugar dan awet muda.

Jenis dan karakteristik beras hitam

Macam-macam beras hitam di negara kita asalnya dari kultivar yang bervariasi. Kebanyakan petani mendapatkannya dari warisan turun-menurun. Sebagian ada yang memurnikannya dari beras hitam yang beredar di pasar.

Bibit beras hitam yang dijual di pasaran sebagian diantaranya adalah Cempo Ireng (Kulon Progo, Sleman), Melik (Lereng Gunung Merbabu, Jawa Tengah), Cibeusi (Subang), Toraja (Sulawesi).

Ada macam-macam beras hitam yang ada di negara kita yaitu asalnya dari kultivar yang bervariasi. Banyak petani yang didapatkan dari warisan turun-menurun.benih beras hitam ada yang beredar di pasaran diantaranya adalah Cempo Ireng (Kulon Progo, Sleman), Melik (Lereng Gunung Merbabu, Jawa Tengah), Cibeusi (Subang), Toraja (Sulawesi).

Jenis beras hitam dan karakter secara umum
1). Bulir beras berwarna hitam
Warna pada beras hitam diatur secara genetik oleh warna aleuron dan komposisi pati dalam endospermia. Pada beras hitam aleuron dan endospermia menghasilkan antosianin yang mengakibatkan corak ungu. Sebab itu corak bisa ungu bisa tampak corak hitam di sebabkan tingginya kadar antiosianin.antiosianin sebagai zat antioksida yang dibutuh untuk anti kanker.

2). Warna gabah cokelat


Meskipun berasnya hitam, kulit gabahnya tetap saja warna coklat sama kayak padi biasanya cuma pada waktu pingisiian butir padi warna gabahnya akan berubah menghitam. Namun jika sudah masak akan berubah kembali menjadi coklat. Berbeda dengan ketan hitam yang berkulit gabah hitam.

3). Tanamannya berumur panjang


Pertumbuhan beras hitam secara umum adalah usia yang panjang hingga 200 hari. Namun ada beberapa varietas yang genjeh (berumur panen pendek) langsung bisa di panen dengan jangka 4 bulan. Benih tersebut masih susah ditemukan dan jika ada juga belum tentu bagus. Beras hitam lokal nusantara teksturnya tegap dan tinggnya dapat mencapai 2 meter.

Dinas pertanian jawa barat mencatat usaha pemuliaan beras hitam pada tahun 2009. Tiga varian beras hitam biasa dibudidayakan oleh para petani wilayah cibeusi dan ciater,kabupaten subang dan warnanya kuning cerah ,kusam dan kehitaman. Beras wilayah subang populer dengan nama cibeusi ,beras daerah cibeusi punya usia genjah sampai 200 hari dengan produktivitas lebih dari 5 ton per hektar.

Tersedia berbagai ukuran karung, antara lain: 5 kg, 10 kg, 20 kg dan 25 kg , Merk sudah tersedia. Minimal order 5 ball ( 5000 lembar ). Selain itu Lim Corporation Menyediakan Karung Bagor Roll. Karung Beras berbentuk lembaran tidak dijahit, Karung Bagor Rol ini cocok untuk packaging. Jasa angkutan barang atau expedisi biasanya menggunakan Karung Bagor ini untuk mengamankan barang yang hendak dikirim. Berikut adalah spesifikasi ukuran karung bagor yang kami jual :
1,2 x 50m
1,2 x 70m
1,2 x 90m
Minimal order 20 roll = 1 ball
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya tentang prodak bisa anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat langsung dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#KarungBeras #KarungBagorRol #UkuranKarungBagor #JualKarungBeras

Tidak ada komentar:

Posting Komentar