Bunga Dahlia, Tak Hanya Cantik Namun Berkhasiat & Kaya Akan Manfaat


Bunga dahlia merupakan tanaman yang tak hanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Tanaman ini mempunyai umbi yang bermanfaat yang baik untuk kesehatan. Umbi bunga dahlia mengandung inulin yang merupakan polimer dari unit fruktosa.

Inulin merupakan suatu komponen bahan pangan yang mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi. Senyawa ini mempunyai sifat larut dalam air dan tak dapat dicerna oleh enzim pencernaan. Inulin berfungsi sebagai probiotik, yaitu komponen yang berfungsi sebagai substrat mikroflora dan menguntungkan di dalam usus.

Di dalam bidang farmasi, inulin biasanya dipakai untuk melaksanakan uji fungsi pada ginjal. Pada bidang pangan, inulin merupakan pengganti lemak dan gula pada produk makanan yang rendah kalori. Inulin dapat mencapai usus besar tanpa mengalami perubahan struktur karena mempunyai sifat yang tak dapat dicerna oleh enzim pencernaan.

Meski begitu, ternyata inulin bisa mengalami fermentasi akibat aktivitas mikroflora yang ada pada usus besar serta berimplikasi positif pada kesehatan manusia. Peningkatan kekebalan tubuh akan meningkat berkat inulin yang difermentasi di dalam usus besar menjadi asam lemak.

Asam laktat yang dihasilkan dari proses fermentasi inulin juga berguna untuk mencegah terjadinya konstipasi serta bisa meningkatkan penyerapan kalsium untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis. Karena perannya sebagai pencegah osteoporosis ini, inulin kerap dipakai dalam produk susu formula.

Baca Juga :

Pemakaian inulin ini telah dilaksanakan dalam bidang industri pangan yang usahanya memproduksi makanan ringan untuk anak-anak serta remaja. Hal tersebut dianggap sangat menguntungkan karena segmen pasar tersebut mempunyai kecenderungan pola makan yang tinggi kalori dan rendah serat pangan.

Tanaman dahlia yang mengandung inulin bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan untuk Anda yang sudah merasa bosan dengan konsumsi obat yang banyak mengandung bahan kimia. Konsumsi inulin dalam jangka panjang tak akan berdampak buruk, malah sebaliknya akan memberikan dampak yang positif bagi tubuh.

Terdapat setidaknya 12 jenis bunga dahlia dan sejauh ini telah banyak dikembangkan menjadi ratusan macam untuk tanaman pot serta bunga potong. Umbi bunga ini dapat dipanen ketika usia tumbuhannya minimal sudah menginjak 7 bulan. Pertanyaannya, apakah semua umbi bunga dahlia ini mengandung inulin?

Intinya, setiap umbi bunga ini mengandung inulin walaupun tak sama dalam kadar serta sifatnya. Kadar air umbi segar yaitu sekitar 79%—88% dengan kandungan inulinnya sekitar 5,9%—16,3%. Biasanya inulin yang terekstrak hanya sekitar 4,3%.

Jika Anda membutuhkan Paranet untuk peneduh budidaya tanaman anda ataupun untuk yang lainnya dengan haraga yang murah dan lebih terjamin keamanannya, silakan Anda hubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877.0282.1277 / 0812.3258.4950 / 0852.3392.5564

Catatan:
– Minimal order 5 roll
– harga netto (non PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama