Ingin Budidaya Paprika & Dapat Keuntungan, Ini Dia Cara Praktisnya!!!


Parprika yaitu suatu jenis tanaman yang terlihat seperti perpaduan antara bentuk tomat dan kulit cabe. Paprika mempunyai nama latin yaitu Capsicum Annuum L dan tergolong jenis buah-buahan. Apabila dilihat dari spesiesnya, paprika adalah keluarga dari terong-terongan.

Untuk bisa menanam paprika ada beberapa syarat tumbuh yang harus dipenuhi. Syarat tumbuh tersebut, antara lain :

Lahan tanam berada pada daerah dataran tinggi, minimal ketinggian tanah yaitu 800mdpl.
Suhu lingkungan tak terik, dengan kisaran suhu diantara 15oC-25oC.
Kadar keasaman tanah tempat paprika ditanam haruslah berada pada pH yang netral, sekitar 6 atau 7.
Daerah penanaman haruslah mempunyai curah hujan yang tinggi.

Paprika sendiri yaitu bahan masakan yang rasanya sangat nikmat dan lezat. Kebanyakan masakan oriental memakai paprika sebagai pengganti cabe. Harga jual paprika tergolong lumayan mahal bila dibandingkan dengan tumbuhan lain di keluarga terong-terongan. Warnanya juga sangat menarik, mulai dari warna hijau, merah, sampai warna kuning. Fungsi paprika sangatlah diperlukan ketika memasak, sehingga meskipun harganya mahal, permintaan masyarakat pada paprika masih tinggi.

Ada Beberapa Trik Untuk Anda Yang Ingin Budidaya Paprika, Antara Lain :

Persiapkan Media Tanam

Persiapan media tanam yang berupa tanah dilaksanakan dengan beberapa proses. Proses pertama, pastikan tanah sudah memenuhi persyaratan tumbuh paprika. Apabila kadar keasaman sudah terpenuhi, maka laksanakanlah pemeriksaan kandungan hara pada tanah. Kandungan hara yaitu nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Oleh sebab itu untuk mencukupinya, tanah bisa diberi tambahan pupuk kandang. Gemburkanlah tanah dan beri campuran pupuk, untuk memperoleh tanah yang baik ditanami paprika. Penggemburan tanah bisa dikerjakan dengan pencangkulan apabila lahan tak terlalu luas. Tetapi apabila lahan cukup luas, pembajakan bisa dikerjakan dengan memakai bantuan sapi ataupun alat traktor.

Baca Juga :

Menyemai Bibit Paprika

Bibit paprika harus melalui proses persemaian terlebih dulu sebelum ditanam. Hal ini untuk mengurangi resiko bibit mati ketika diawal pertumbuhan. Persemaian dikerjakan dengan merendam bibit paprika di dalam air hangat selama 24 jam. Sesudah itu semaikanlah bibit pada wadah persemaian. Wadah persemaian yaitu campuran dari tanah dan sekam. Bibit yang sudah direndam sebelumnya, ditanam dalam wadah semai sedalam 1cm. Berikan pengairan dengan cukup dan tunggu sampai daun sempurna muncul, baru pindahkan pada lahan tanam. Waktu yang diperlukan dalam menyemai bibit paprika kurang lebih yaitu sekitar 3 minggu lamanya.

Penanaman Bibit Paprika


Penanaman dilaksanakan dengan memindahkan bibit hasil persemaian ke lahan tanam yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Pilihlah waktu pada sore hari atau pagi hari untuk melaksanakan pemindahan. Hindari pemindahan yang dilaksanakan pada siang hari, karena akan membuat tanaman stress karena harus melaksanakan adaptasi di saat suhu sangat terik. Karena paprika tak menyukai sinar matahari sesudah ditanam, buatkan naungan pada tanaman untuk melindunginya dari sinar matahari secara langsung.

Perawatan Dari Penyakit

Ada beberapa bentuk perawatan yang bisa dikerjakan pada tanaman paprika. Yang pertama yaitu pengairan. Berikan pengairan yang rutin dan teratur pada tanaman paprika 1 kali dalam 1 hari. Pengairan secara rutin dan teratur akan membantu tanaman paprika untuk tumbuh dengan baik serta memunculkan bunga. Perawatan yang kedua yaitu pemangkasan. Laksanakan pemangkasan pada bunga paprika yang jumlahnya terlalu banyak. Karena bunga yang terlalu banyak akan menyerap nutrisi lebih banyak juga, dan menghambat pertumbuhan buah paprikanya. Perawatan lainnya yaitu dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman paprika dengan pemberian pupuk.

Pemanenan

Pemanenan dan cara panen yang tepat dan sesuai bisa menentukan keberhasilan upaya budidaya paprika. Laksanakan pemanenan pada usia 3 bulan sesudah awal penanaman. Ambillah buah paprika dari pohonnya dengan cara menggunting. Sesudah panen yang pertama, buah paprika bisa dipanen lagi selama masa produktif. Masa produktif tanaman paprika maksimal sampai 9 bulan usia penanaman. Dan selama masa produktif tersebut pohon akan terus menghasilkan buah yang bisa anda panen.


Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Paranet untuk peneduh tanaman atau untuk pelindung tanaman dari hama atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan:
– Minimal order 5 roll
– harga netto (non PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama