Berikut 10 Tips Jitu Menanam Semangka Baik & Benar!Simak Artikel Ini!!


Jual Paranet Murah & Berkualitas - Lim Corporation

Tentunya kita sudah tidak heran lagi dengan buah semangka. Buah yang memiliki bentuk alamiah bulat atau lonjong ini sangat digemari oleh masyarakat, karena buah ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga jika kita mengkonsumsinya bisa menghilangkan dahaga.

Tetapi tahukah Anda kalau sesungguhnya buah semangka itu memiliki prospek yang bagus untuk dibudidayakan, keunggulan yang diperoleh bisa lebih dari 100% dari jumlah total produksi kita. Oleh sebab itu tidak ada salahnya kita budidaya semangka.
 BACA JUGA:
Langkah-langkah Budidaya Semangka
Berikut ini macam-macam cara menanam semangka yang praktis dan bisa menghasil panen melimpah:

1. Syarat Tumbuh Tanaman Semangka
Tanaman semangka sangat cocok untuk daerah yang bercurah hujan berkisaran  40 sampai 50 mm perbulannya. Buah ini cocok untuk ditanam di daerah atau tempat dengan suhu kurang lebih 25 derajat celcius pada siang hari. Jadi, jika kita ingin budidaya semangka kita tidak perlu takut dengan kondisi lahan kita karena memang tanaman ini bisa tumbuh di daratan dataran tinggi ataupun dataran rendah. Untuk kelembaban udara tanaman semangka cocok untuk daerah yang kering dan cenderung miskin akan uap air. sebab memang habitat aslinya dari tanaman semangka ialah di afrika, jadi bagi Anda yang ingin budidaya semangka, kondisi lahannya bener-bener diperhatikan.

Tanaman semangka cocok untuk lahan yang memiliki lahan yang tidak ada naungannya atau cocok untuk daerah yang terkena sinar matahari secara langsung. Berkurangnya cahaya matahari dapat mengganggu proses perkembangnya tanaman semangka, dan kemungkinan besar proses pemanenan akan mundur. Sedangkan kondisi tanah atau lahan tanaman semangka cocok untuk daerah yang gembur memiliki unsur hara yang tinggi. pH tanah tanaman semangka ialah pada sekitaran 6 sampai 6,7.  Jika kondisi tanah belum memenuhi kriteria tersebut sebaiknya dilakukan proses pengapuran sampai pH tanah sesuai.



2. Persiapan Benih
Jenis benih yang paling bagus untuk kita budidayakan yaitu jenis benih semangka hibrida impor. Jenis benih ini memiliki dua macam yaitu triploid dan haploid. Jika benih triploid sebaiknya hal pertama yang perlu anda lakukan ialah menyayat bijinya dan direnggangkan karena cangkang biji semangka ini cukup keras. Sedangkan untuk biji semangka haploid cukup mudah untuk disemaikan karena cangkang biji nya tidak sekeras triploid.

Selanjutnya adalah proses perendaman biji semangka. setelah direnggangkan biji semangka tersebut direndam didalam air dengan campuran air hangat, hormon tumbuh, fungisida dan bakterisida. Lamanya perendaman sekitar 30 menit, lalu biji semangka diangkat dan ditiriskan sampai biji tersebut kering. Lalu bibit semangka siap untuk dikecambahkan dan siap untuk ditanam.

3. Pengolahan Lahan
Yang perlu dilakukan saat pengolahan lahan persiapan sebelum tanam yaitu pembersihan media tanam. Usahakan jangan sampai ada gulma pengganggu di lahan. Setelah tanah sudah bersih dari gulma atau pun batu-batuan pengganggu, kemudian membuat bedengan supaya air yang ada di dalam tanah bisa mudah untuk di alirkan. Perlu Anda ingat bahwa tanaman semangka tidak menyukai lahan yang basah. Usahakan jangan sampai ada lahan yang tergenang air.

4. Pemupukan Awal
Kami menganjurkan untuk digunakan penambahan unsur hara seperti pupuk organik dan pupuk kandang sebelum dilakukan proses penanaman. Jika dirasa hara dalam tanah sudah cukup maka Anda bisa langsung melakukan proses penanaman.


5. Membuat Lubang Tanam
Buatlah lubang tanam pada lahan semangka dengan kedalaman sekitar 8 sampai dengan 10 cm. Lubang tanam ini hendaknya dibuat seminggu sebelum proses penanaman

6. Proses Penanaman
Sebelum benih semangka ditanam di lahan sebaiknya area lubang tanam disiram dengan gembor supaya lahan siap untuk menerima bibit dengan baik. Bibit semangka juga memerlukan rendaman terlebih dahulu dengan larutan tertentu ataupun biasa disebut larutan perangsang tumbuh. Larutan ini sangat berguna untuk imunisasi benih semangka agar tak mudah terserang penyakit ataupun hama. Lama proses perendaman yaitu sekitar 5 -10 menit. Langkah selanjutnya yaitu memisahkan bibit semangka dari kantong tanam. Berhati hatilah dalam memisahkan benih semangka supaya akarnya tidak rusak.

7. Proses Pemeliharaan
Pada bagian ini yang perlu anda lakukan yaitu proses penjarangan dan penyulaman. Langkah penjarangan dilakukan jika tanaman tersebut terlalu lebat, caranya yaitu dengan cara memotong dan memangkas daun atau batang yang sudah tidak dibutuhkan lagi. sedangkan untuk langkah penyulaman bisa dilakukan dengan cara mengganti bibit yang telah mati dengan bibit baru yang lebih sehat.

Selain itu juga dilakukan proses penyiangan. Caranya yaitu dengan membuang ranting yang dianggap sudah tidak berguna. Pada ujung ranting sekunder cukup diberi 2 helai daun saja.

8. Pemupukan
Budidaya semangka sebaiknya menggunakan pupuk organik. Guna mendukung perkembangan buah semangka serta menyehatkan daun, gunakan Topsil D. Sedangkan untuk pematangan buah semangka menggunakan pupuk Topsil B untuk hasil buah yang bagus.

9. Pengairan
Secara umumnya petani semangka menggunakan sistem Farrow Irrigation, yang mana air dilairkan menggunakan saluran diantara bedengan. Adapun frekuensi pemberian air di musim kemarau yaitu 4-6 hari. Pastikan juga volume penyiraman air tidak berlebihan.

10. Pemanenan
Semangka bisa dipanen mulai umur 70 sampai 100 kali. buah semangka siap dipanen jika telah terjadi perubahan warna buah. Batangnyanya sendiri akan terlihat mengecil dan kemudian semakin mengering. Itulah ciri-ciri buah semangka sudah siap untuk dipanen. Usahakan waktu pemanenan18:13:10 pada saat cuaca cerah dan tidak hujan supaya hasil panen dalam keadaan kering

Demikianlah Cara Praktis Budidaya Semangka Untuk Hasil Panen Melimpah. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat. Terima kasih dan selamat menanam buah semangka.
Jual Paranet Murah
* Ingin info lengkap mengenai harga Paranet silakan klik tautan berikut ini http://bit.ly/hargaparanet

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Paranet untuk peneduh tanaman atau untuk pelindung tanaman dari hama atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service :
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

Catatan :
– Minimal order 5 roll
– harga netto (non PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama