Bahas Tuntas Cara Merawat Janda Bolong, Cukup Lakukan Ini!


Monstera adansonii (disebut juga janda bolong, monstera Adanson, tanaman keju Swiss, atau tanaman bolong lima) merupakan spesies tumbuhan berbunga dari keluarga Araceae yang banyak tumbuh di Amerika Selatan serta Amerika Tengah. Selain di Amerika Selatan, ia juga dapat ditemukan di Hindia Barat, seperti Antigua, Grenada, Saba, Saint Kitts, Guadeloupe, Marie-Galante, Dominika, Martinik, Saint Lucia, Saint Vincent, Tobago, serta Trinidad. Spesies ini sering ditemui di dekat lembah sungai pada ketinggian rendah. Tanaman ini mempunyai daun yang khas, yakni terdapat bolong-bolong di tengah daunnya.

Baca juga :

Tanaman janda bolong tengah menjadi perbincangan. Di media sosial, banyak yang membagikan soal tanaman janda bolong ini. Bahkan, ada yang memperjualbelikannya dengan harga tinggi hingga Rp 100 juta. Apa itu tanaman hias janda bolong? Mari mengenalnya lebih jauh.

Melansir United States Department of Agriculture Natural Resources Conservation Service, klasifikasi ilmiah tanaman ini adalah sebagai berikut:

  • Kerajaan: Plantae 
  • Sub kingdom: Tracheobionta 
  • Divisi: Magnoliophyta 
  • Class: Lilliopsida 
  • Family: Araceae 
  • Genus Monstera Adans 

Sementara itu, menurut Gardens By The Bay, Monstera adansonii mempunyai daun dengan lubang berbentuk oval yang tidak beraturan serta daun hias yang bertepi penuh. 

Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Monstera adansonii merupakan tanaman merambat serta cocok dijadikan tanaman teralis. Jika ditopang pada tiang, maka janda bolong akan tumbuh tinggi dengan daun semakin besar. Jika dijadikan tanaman hias, tanaman ini biasanya tingginya sekitar 1 meter. Akan tetapi, jika di alam, tinggi janda bolong dapat mencapai 2-4 meter.

Rahasia Perawatan Monstera Adansonii (Janda Bolong) dan Perbanyakannya

Monstera Adansonii tumbuh paling baik dalam campuran media tanam Aroid yang porous menggunakan kulit kayu, perlit, peat moss, serta arang. Kamu juga bisa menggunakan campuran lokal sekam bakar, cocopeat, kompos, dan pasir Malang. Jaga tanaman Kamu dalam cahaya tidak langsung yang terang serta kelembaban di atas 60%. Saat menyiram, pastikan campuran media tanam janda bolong Kamu tetap sedikit lembab dan siram seminggu sekali. Kisaran suhu terbaik ialah antara 18 sampai 27 °C. Mari kita kupas tuntas panduan perawatan tanaman hias Monstera Adansonii alias janda bolong di artikel ini.

Rahasia Perawatan Monstera Adansonii (Janda Bolong)

  • Tanah

Banyak orang menanam Monstera Adansonii dalam campuran media tanam Aroid yang terdiri atas kulit kayu anggrek, perlite, peat moss, serta arang. Alternatif lainnya ialah sekam bakar, cocopeat, kompos, dan pasir Malang, boleh ditambah cacahan pakis. Karena Monstera Adansonii adalah epifit, tanaman ini membutuhkan tanah yang mudah mengering dengan sangat baik atau bila tidak akan mengembangkan busuk akar karena genangan air.

PH ideal untuk tanaman janda bolong Kamu adalah sekitar 5,5 hingga 7,0 pH untuk tingkat pertumbuhan yang sehat. Salah satu aspek terpenting ialah drainase. Tanaman jenis ini tumbuh subur di dalam pot yang mempunyai lubang drainase besar yang terletak di bagian bawah.

  • Pencahayaan

Mengingat habitat alami Monstera adansonii, mereka tumbuh di hutan yang jarang terang di Amerika Selatan dan Tengah. Mempertimbangkan hal ini, tanaman ini lebih suka berada di dekat sinar matahari, tetapi tidak langsung di dalamnya. Cahaya tidak langsung yang cerah merupakan yang terbaik untuk Monstera Adansonii yang sedang tumbuh dengan baik. Untuk memberi spesies tanaman Kamu pencahayaan yang ideal, letakkan sekitar satu meter dari jendela yang cukup terang. Kamu juga bisa meletakkannya di teras yang tidak terkena sinar matahari langsung.

  • Penyiraman

Merawat Monstera adansonii cukup mudah, kecuali dalam hal kebutuhan air. Mereka bisa agak pilih-pilih di area ini. Upayakan untuk menyirami tanaman Kamu secara teratur, pastikan tanahnya lembab, namun tidak menggenang. Umumnya siram sekitar sekali seminggu dalam kondisi tanaman hias indoor. Pastikan tanah tidak pernah benar-benar kering dan jaga agar sedikit lembab.

Saat Kamu menyiram, sirami air secara menyeluruh untuk meniru kondisi di hutan. Penyiraman yang menyeluruh juga akan menghilangkan garam sisa pupuk yang menumpuk. Kelebihan air bisa menjadi masalah umum, jadi pastikan untuk menyediakan drainase yang tepat melalui lubang di dasar pot Kamu.

  • Suhu

Menjaga lingkungan tanaman ini pada suhu yang tepat bukanlah aspek terpenting untuk dipertimbangkan. Mereka cenderung lebih menyukai ruangan yang berada pada suhu antara 18 hingga 27 °C. Suhu yang kurang dari 18 °C akan sangat memperlambat pertumbuhan tanaman. Di bawah suhu ini, Adansonii Kamu berisiko layu serta sekarat karena kedinginan.

Janda bolong bisa menahan suhu dingin dalam waktu singkat, tetapi eksposur yang lebih lama tidak hanya akan menyebabkan layu tapi juga kematian tanaman.

  • Kelembaban

Kebutuhan kelembapan Monstera adansonii Kamu akan sedikit lebih tinggi daripada tanaman hias lain yang biasa digunakan di rumah. Mereka ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan, di mana kelembapan selalu berlimpah.

Jaga ruangan di antara kelembapan rata-rata atau tinggi agar tanaman ini tumbuh subur. Kamu selalu bisa menyemprot daun untuk memastikan bahwa kebutuhan ini terpenuhi. Secara umum, janda bolong menyukai kelembapan dan menghasilkan daun serta pertumbuhan yang lebih besar dan lebih kuat.

Tingkat kelembapan di atas 90% biasanya adalah yang paling cocok. Ini hanya bisa dicapai di rumah kaca atau terarium. Peningkatan kelembapan menggunakan humidifier, menyemprot tanaman secara teratur, atau menaruh pot di bawah kerikil atau batu dalam nampan berisi air juga bisa meningkatkan kelembapan.

Ini memang tidak perlu untuk menjaga tanaman Monstera Adansonii Kamu tetap hidup, tetapi ini bisa meningkatkan kesehatan serta pertumbuhannya.

  • Pupuk

Mereka yang memilih menanam tanaman ini di dalam ruangan harus menggunakan pupuk yang cukup. Pupuk yang seimbang dengan kekuatan setengah menggunakan rasio NPK 20-20-20 adalah yang terbaik. Pupuk cair atau pupuk slow release juga bisa digunakan. Ini penting karena fakta bahwa Monstera adansonii tumbuh dengan cepat serta tidak bisa menghasilkan klorofil dalam jumlah yang cukup tanpa pupuk.

Tanpa penambahan pupuk, daun cenderung menguning. Daun kuning bisa menjadi pertanda bahwa tanaman Kamu kekurangan nutrisi.

  • Perbanyakan

Memproduksi individu baru dari janda bolong Kamu yang ada cukup sederhana. Ini biasanya dilakukan dengan memotong sebagian batang. Perbanyakan Monstera adansonii juga bisa dilakukan melalui propagasi air sebelum dipindahkan ke pot.

Monstera Adansonii juga bisa diperbanyak dengan menggunakan Spaghnum Moss atau dengan menaruhnya langsung ke dalam tanah. Yang Kamu butuhkan ialah sepotong batang serta setidaknya satu node.

Node atau buku merupakan bagian yang agak menonjol berwarna coklat atau putih tepat di bawah tempat munculnya daun serta bercabang di batang. Propogasi Adansonii tidaklah sulit, tetapi Kamu mungkin ingin mencoba berbagai metode yang dijelaskan di bawah ini dan menggunakan metode propagasi yang paling sesuai untuk Kamu.

  • Pertumbuhan

Setelah baru diperbanyak, tanaman ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 minggu untuk tumbuh sebelum bisa ditempatkan dalam potnya sendiri. Kamu sebenarnya bisa membedakan pertumbuhan baru dan lama melalui tampilan fisik daun. Daun yang lebih baru akan mempunyai lebih sedikit lubang dibandingkan daun yang lebih berkembang.

Tanaman muda seringkali tidak memiliki lubang pada daunnya. Daunnya akan muncul saat janda bolong Kamu dewasa. Saat daun baru muncul, mereka akan segar serta berwarna hijau terang dan akan gelap menjadi hijau tua saat dewasa.

Janda bolong merupakan tanaman merambat yang berarti memanjat. Di habitat aslinya, mereka memanjat batang serta cabang tumbuhan lain. Sebagai epifit, tumbuhan ini mampu tumbuh pada tumbuhan lain.

  • Repotting

Spesies tanaman ini tumbuh paling baik jika direpotting setiap dua tahun sekali, paling banyak. Untuk memastikannya tetap sehat, ahli botani menyarankan Kamu menempatkan Monstera adansonii Kamu dalam pot yang lebih besar setiap tahun.

Tetapi pastikan bahwa rasio pot dengan tanaman atau tanah dengan tanaman seimbang karena penyiraman akan menjadi sangat sulit bila tidak seimbang. Kami juga menyarankan menggunakan pot dengan lubang drainase cukup karena tanaman ini tidak suka berada di tanah yang basah terlalu lama. Pot tanah liat atau pot lainnya bisa digunakan dengan baik.

Kesimpulan

Monstera Adansonii atau janda bolong merupakan tanaman favorit jutaan orang. Daunnya unik dan menarik, perawatannya mudah, serta gampang diperbanyak. Hal terpenting yang harus dilakukan dengan benar ialah memilih campuran media tanam yang tepat. Campuran media tanam rumahan umum sebaiknya dihindari karena berpotensi menyebabkan tanaman ini busuk akar.

Jika Kamu menggunakan campuran khusus Aroid serta mempelajari tata caranya, hampir tidak mungkin Kamu akan menyirami tanaman ini secara berlebihan serta busuk akar tidak akan menjadi masalah.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama