Resep Meningkatkan Kesehatan Jantung dengan Buah Pepaya!


 Pepaya (Carica papaya) atau betik ialah tumbuhan yang berasal dari genus Carica yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara Amerika Selatan, namun kini sudah tersebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya.

tanaman pepaya mempunyai percabangan yang sedikit bahkan tidak ada, tumbuhan ini dapat tumbuh dengan ketinggian 5 hingga 10 meter, daun pepaya menyirip lima dengan bagian tangkai yang panjang dengan bagian tengah berlubang, bentuknya bisa mempunyai cangap atau tidak tetapi biasanya pepaya kultivar mempunyai cangap di bagian dalam. bentuk buah dari tumbuhan pepaya bulat atau memanjang dengan ujung biasanya meruncing, 

warna buahnya berwarna hijau tua ketika muda dan berwarna hijau muda hingga kuning. karena tumbuhan Pepaya adalah monodioecious‘ (berumah tunggal sekaligus berumah dua) dengan tiga kelamin: tumbuhan jantan, betina, dan banci (hermafrodit) bentuk buahnya akan membulat bila dihasilkan oleh pepaya betina dan oval atau memanjang dihasilkan oleh pepaya banci. daging buahnya berwarna kuning hingga merah tergantung pada spesiesnya, daging tersebut terbentuk dari karpela yang menebal. Pada bagian tengah buah berongga dengan biji berwarna hitam yang berlapis lendir(pulp) untuk mencegah kekeringan.

Kandungan pada buah pepaya antara lain folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat,fiber3, vitamin B, alfa dan beta karoten, lutein, zeaxanthan, vitamin E, kalsium, kalium, vitamin K,serta lycopene (antioksidan yang paling sering dikaitkan dengan manfaat tomat)

Berbagai Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat pepaya untuk kesehatan tubuh yang mungkin masih jarang kamu ketahui, antara lain:

Baca juga:

1.Melancarkan pencernaan

Manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh amat beragam, salah satunya bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Manfaat pepaya untuk pencernaan berasal dari enzim yang terkandung dalam buah ini.Enzim tersebut antara lain papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase. Kadar enzim paling tinggi ketika buah pepaya dalam kondisi matang. Enzim tersebut mampu mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh.Menurut penelitian dalam Neuro Endocrinology Letters, kelompok yang mengonsumsi formula dengan bahan dasar pepaya, bisa menurunkan risiko sembelit dan perut kembung selama 40 hari.

2. Mengoptimalkan sistem imun tubuh

Manfaat pepaya lainnya adalah berkaitan dengan sistem imun tubuh. Buah yang satu ini kaya akan vitamin A, C, dan E. Vitamian C menjadi salah satu jenis vitamin yang cukup tinggi kandungannya. Melansir dari jurnal Nutrients dengan judul Vitamin C and Immune Function, vitamin C menjadi jenis vitamin yang sangat penting untuk mengoptimalkan imun tubuh.Ingat, berbagai vitamin tersebut penting bagi sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem imun makin prima, maka risiko terserang penyakit infeksi semakin berkurang.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Pepaya adalah salah satu buah yang mempunyai manfaat bagi kesehatan jantung. Buah ini banyak mengandung vitamin C dan likopen, zat yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Pepaya juga mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh. 

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Pepaya juga mempunyai manfaat bagi kulit. Buah ini bisa menjaga kulit agar tetap sehat dan terlihat muda. Enzim papain yang terkandung di dalam pepaya bisa melembutkan dan merevitalisasi kulit. Sementara itu, vitamin A dan C yang ada di dalamnya bisa mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam.Selain itu, dalam penelitian pada Photochemical and Photobiological Sciences, mengatakan bahwa kandungan likopen dalam pepaya juga berfungsi untuk mengoptimalkan kesehatan kulit.Kelompok wanita yang mengonsumsi likopen selama 10-12 minggu secara rutin mampu menurunkan risiko kemerahan pada kulit akibat paparan sinar matahari. Hal ini bisa mencegah iritasi atau sunburn pada kulit yang mungkin terjadi.

5. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat pepaya juga berkaitan dengan kesehatan rambut. Buah ini mengandung vitamin A, nutrisi yang penting untuk produksi sebum, yang menjaga kelembapan rambut. Vitamin A juga baik untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Pastikan perawatan yang kamu lakukan sesuai dengan kebutuhan rambut. 

6. Menyembuhkan luka pada lapisan perut

Manfaat pepaya lainnya yang berhubungan dengan sistem pencernaan adalah dapat menyembuhkan luka, yang terjadi pada lapisan perut dan sistem pencernaan lainnya.Kandungannya dapat membantu tubuh untuk melindungi dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

7. Mencegah kanker prostat

Manfaat pepaya lainnya bisa membantu kamu untuk mencegah kanker prostat. Hal ini karena buahnya mengandung likopen yang memberikan warna cerah alami pada buahnya. Likopen mampu menurunkan risiko kanker. Meski begitu, masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

Carica papaya ialah pohon buah transgenik pertama yang genomnya diurutkan.Menanggapi wabah papaya ringspot virus di Hawaii, pada tahun 1998, pepaya yang diubah secara genetik disetujui dan dibawa ke pasar (termasuk varietas 'SunUp' dan 'Rainbow'.) Varietas yang resisten terhadap PRV mempunyai beberapa DNA dari virus ini yang dimasukkan ke dalam DNA tanaman. Pada 2010, 80% tanaman pepaya Hawaii telah dimodifikasi secara genetik. Modifikasi tersebut dibuat oleh ilmuwan Universitas Hawaii, yang membuat benih yang dimodifikasi tersedia bagi petani tanpa biaya

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama